Musim DBD, 7 Cara Ampuh Usir Nyamuk

Kamis, 10 Februari 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Musim Dbd, 7 Cara Ampuh Usir Nyamuk

Ilustrasi perempuan demam karena DBD. (Special)

Ladiestory.id - Februari menjadi salah satu yang termasuk musim hujan. Tentunya, di musim ini akan banyak nyamuk yang berdatangan terutama di malam hari. Hal ini akan dirasa sangat mengganggu jika kita hendak tidur.

Tak hanya mengganggu, namun nyamuk juga menjadi hewan yang menyebabkan berbagai penyakit. Apalagi nyamuk suka hidup di tempat yang lembab.

Bahkan Indonesia menjadi negara yang digemari oleh nyamuk. Sebab Indonesia memiliki iklim yang mendukung untuk mereka berkembang biak.

Oleh sebab itu, masyarakat Indonesia sering dilanda wabah demam berdarah ataupun malaria. Kedua penyakit menyumbang angka kematian yang ditinggi dan penyakit tersebut disebabkan karena nyamuk.

Lalu bagaimana agar terhindar dari gigitan nyamuk? Tentu saja menerapkan kebersihan. Namun jika nyamuk tetap ada di lingkungan kita, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar terhindar dari gigitan nyamuk.

1. Serai

Ilustrasi serai. (Special)

 

Di rumah pasti tidak susah untuk menemukan serai atau sereh. Sebab ini merupakan salah satu bahan yang ada di dapur. Rupanya serai juga ampuh untuk mengusir nyamuk.

Hal ini disebabkan serai memiliki aroma pekat yang ditakuti oleh nyamuk. Caranya bagaimana? Cukup patahkan beberapa batang serai dan taruh di tempat yang banyak nyamuk.

Ataupun Kamu bisa menggunakan minyak yang memilliki kandungan serai. Sebab selain ampuh mengusir nyamuk, serai juga bermanfaat untuk manusia.

Jika aroma pekat serai mampu mengusir nyamuk, justru aroma serai mampu menjadi penenang saat stress melanda.

2. Bawang Putih

Foto: https://hellosehat.com

 

Bahan dapur lainnya yang mampu mengusir nyamuk adalah bawang putih. Sama seperti serai, bawang putih memiliki aroma yang tidak disukai oleh nyamuk.

Dengan mengonsumsi bawang putih, secara otomatis nyamuk tidak akan berani mendekat. Kalau pun tidak suka bawang putih, Kamu bisa merebus bawang putih sampai mendidih. Lalu, air rebusan tersebut dimasukan dalam botol spray dan semprotkan pada area banyak nyamuk.

3. Alat Elektronik Pembasmi Nyamuk

Jika ingin menggunakan cara praktis, Kamu bisa menggunakan alat elektronik pembasmi nyamuk. Ada dua alat yang dapat digunakan untuk pembasmi nyamuk.

Yang pertama adalah raket listrik yang sangat mudah digunakan. Cara mengusir nyamuk menggunakan alat ini cukup menyalakannya dan kibaskan raket ke arah nyamuk.

Lalu yang kedua menggunakan lampu listrik. Alat elektronik yang satu ini lebih mudah digunakan sebab hanya menancapkan ke stop kontak. Ketika lampu menyala, maka nyamuk yang berada disekitarnya akan terkena sengatan listrik.

4. Menyalakan Kipas Angin

Selain meredakan hawa panas, kipas angin mampu membantu mengusir nyamuk di rumah. Namun lebih baik, hadapkan kipas angin ke arah teras, pekarangan, atau luar ruangan.

5. Kelambu

Jika ada bayi di rumah, sebaiknya gunakan kelambu untuk menghindari dari gigitan nyamuk. Bagi yang belum tahu, kelambu merupakan kain dengan lubang kecil yang rapat. Sehingga tidak ada nyamuk yang mampu masuk menembus kelambu.

6. Jangan Menggunakan Cat Warna Gelap

Rupanya cat tembok berwarna gelap mampu mengundang nyamuk. Oleh sebab itu penting mengubah cat tembok dan mengubah suasana ruangan menjadi lebih terang.

Bahkan ada beberapa warna yang dipercaya tidak disukai oleh nyamuk. Diantaranya warna kuning kecoklatan, putih, hingga hijau. Lebih baik hindari ketiga warna tersebut jika tidak ingin ruangan dipenuhi oleh nyamuk.

7. Obat Nyamuk

Ilustrasi obat nyamuk. (Special)

Di Indonesia telah tersedia berbagai merek obat nyamuk dengan berbagai macam bentuk. Seperti obat nyamuk bakar, elektrik, hingga spray.

Kamu bisa memilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Misalnya alergi dengan asap, sebaiknya jangan gunakan obat nyamuk bakar yang akan mengganggu pernapasan.

Namun jika menggunakan obat nyamuk elektrik, Kamu harus menancapkan ke stop kontak agar dapat digunakan. Kalau pun memilih obat nyamuk spray, Kamu harus menyemprotkan secara terus menerus hingga tidak ada nyamuk lagi.