Musim Hujan Tiba, Tetap Jaga Imunitas Tubuh dengan 6 Cara Ini

Rabu, 31 Agustus 2022 | 13:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Musim Hujan Tiba, Tetap Jaga Imunitas Tubuh Dengan 6 Cara Ini

Ilustrasi Musim Hujan (Pinterest)

Ladiestory.id - Memasuki musim hujan dengan curah hujan yang tinggi dapat membuat imun tubuh seseorang menjadi tidak stabil hingga dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Hal tersebut tentu bisa membawa berbagai macam penyakit seperti demam, batuk, dan flu.

Kondisi hujan dapat membuat seseorang rentan dan sensitif terhadap perubahan suhu dan cuaca, sehingga membuatnya menjadi kurang fit. Oleh karena itu, agar imunitas tubuh tetap terjaga kala memasuki musim hujan, kamu pun bisa melakukan 6 cara ini.

Jaga Pola Makan

Jaga Pola Makan (Pinterest)

Perubahan suhu dan musim dari panasnya kemarau hingga dinginnya hujan dapat membuat seseorang rentan terjangkit penyakit dan membuat kondisi seseorang menjadi lemah. Saat musim hujan, seseorang juga dapat terjangkit penyakit flu, demam, batuk, pusing, tubuh menggigil, bahkan penyakit kulit yang disebabkan oleh banjir.

Maka dari itu, salah satu cara yang bisa kamu terapkan kala memasuki musim hujan ialah dengan menjaga pola makan yang bersih dan sehat. Hal ini diupayakan agar kondisi tubuh tetap sehat dan bernutrisi menghadapi perubahan cuaca yang esktrim.

Konsumsi makanan sehat seperti sayuran, buahan-buahan, lauk pauk serta perbanyak mengonsumsi air putih agar tubuh tetap sehat dan terpenuhi akan asupan gizinya. Jangan lupa, konsumsi vitamin dan suplemen yang dapat menangkal bakteri, virus dan penyakit jahat yang bisa menyerang tubuh kapan saja.

Jaga Kebersihan Tempat Tinggal

Jaga Kebersihan Tempat Tinggal (Pinterest)

 

Saat memasuki musim hujan kondisi tempat tinggal akan mudah lembap, basah bahkan bisa saja berdampak akan banjir. Hal ini juga akan munculkan bakteri dan penyakit yang dapat menyerang dirimu bahkan anggota keluarga di rumah. Untuk itu, selalu jaga kebersihan tempat tinggal serta kebersihan diri untuk terhindar dari paparan penyakit.

Jangan lupa selalu terapkan gerakan 3M, yakni menguras, menutup bak air dan menimbun barang bekas yang dapat menyebabkan terjadinya genangan air.

Selain itu, jangan lupa untuk terus perhatikan kebersihan diri agar terhindar dari penyakit dengan mencuci tangan dengan air mengalir, mengganti pakaian kotor, serta rutin membersihkan kebersihan sekeliling ruangan atau tempat tinggal.

Istirahat Cukup

Istirahat Cukup (Pinterest)

Padatnya aktivitas membuat seseorang juga mudah sakit dan kelelahan. Terlebih, memasuki musim hujan, kualitas tubuh pun dapat menurun drastis. Maka dari itu, tetap perhatikan pola istirahat dan tidur yang cukup agar tubuhmu tetap segar dan waktu istirahatmu semakin berkualitas.

Gunakan Pakaian yang Hangat

Gunakan Pakaian Hangat (Pinterest)

Musim hujan akan membuat tubuh menjadi merasa dingin bahkan tubuh pun dapat terserang masuk angin. Maka dari itu, gunakanlah pakaian tebal dan hangat saat beraktivitas di dalam dan di luar ruangan agar tubuh tetap nyaman, seperti jaket, sweter, maupun syal.

Selalu bawa perlengkapan hujan dan persediaan obat seperti payung dan mantel atau jas hujan untuk mengahadapi hujan tiba serta membawa minyak angin dan suplemen yang dapat membantu menghangatkan dan menyehatkan tubuh.

Mengonsumsi Minuman Herbal

Mengonsumsi Minuman Herbal (Pinterest)

Saat musim hujan, selain mengonsumsi makanan sehat, kamu juga bisa menangkal penyakit dengan mengonsumi minuman herbal yang dapat menghangatkan tubuh. Selain menghangatkan, minuman herbal juga dapat menyehatkan tubuh, seperti air jahe hangat dan madu, lemon tea hangat, teh herbal maupun racikan minuman dari essential oil yang menghangatkan dan juga menenangkan.

Berolahraga

Berolahraga (Pinterest)

Saat musim hujan tiba, tidak ada salahnya untuk terus melakukan aktivitas berolahraga.Kamu pun bisa berolahraga di dalam rumah untuk tetap menjaga imunitas tubuh. Hal ini pun dapat memperlancar sirkulasi darah, otot dan juga membuat tubuh tetap fit.

Itulah 6 cara yang dapat kamu lakukan agar imunitas tubuh tetap terjaga dikala memasuki musim hujan tiba, semoga bermanfaat.