Nestlé BOOST Optimum Ajak Lansia Jalankan Gerakan 4 Sehat 5 Bahagia

Jumat, 24 Juni 2022 | 18:23:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Nestlé Boost Optimum Ajak Lansia Jalankan Gerakan 4 Sehat 5 Bahagia

Nestlé BOOST Optimum Gerakan 4 Sehat 5 Bahagia. (Spesial)

Ladiestory.id - Dalam rangka memperingati Hari Lansia Nasional, Nestlé Health Science (NHS) melalui Nestlé BOOST Optimum mengadakan Konferensi Pers bertajuk “Gerakan 4 Sehat 5 Bahagia: Tetap Sehat, Aktif & Bahagia di Sepanjang Usia”. Turut dihadiri oleh seorang pakar gerontologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), acara ini bertujuan mengajak para lansia untuk menurunkan risiko malnutrisi dan meningkatkan kualitas hidup dengan menjalankan gaya hidup sehat, aktif dan bahagia. 

Melalui Gerakan 4 Sehat 5 Bahagia yang baru pertama kali diinisiasi tahun ini, Nestlé BOOST Optimum ingin menginspirasi para lansia di Indonesia untuk senantiasa memastikan pemenuhan kebutuhan gizi harian, berolahraga secara rutin, dan istirahat yang cukup. Tak kalah penting, memperhatikan kondisi mental dan sosial, karena rasa kesepian atau depresi yang tidak terlihat juga dapat menyebabkan malnutrisi. 

Nestlé BOOST Optimum Gerakan 4 Sehat 5 Bahagia. (Spesial)

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2021, jumlah lansia di Indonesia kini telah mencapai 29,3 juta jiwa atau 10,82 persen dari total penduduk Indonesia. Pada 2030, Indonesia bahkan diperkirakan akan mengalami lonjakan ageing population yang dapat berdampak pada kenaikan angka malnutrisi serta menurunkan kualitas hidup lansia (silver tsunami effect). 

Siti Setiati, selaku Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PB Pergemi), mengatakan, sehat adalah keseimbangan kondisi mental, fisik, dan sosial yang saling melengkapi. Di Indonesia sebanyak 34,71% lansia tinggal bersama keluarga tiga generasi, nilai ini menurun sebesar 6 persen dari tahun sebelumnya.

Padahal, berinteraksi dengan keluarga merupakan salah satu kunci penting dalam meningkatkan kualitas hidup lansia karena mereka memiliki kesempatan yang lebih besar untuk merasakan keterlibatan sosial yang dapat menghadirkan perasaan bahagia. Kondisi ini dapat menurunkan risiko lansia untuk merasa kesepian atau diabaikan.

Nestlé Health Science menghadirkan Nestlé BOOST Optimum untuk membantu para lansia di Indonesia dalam memenuhi kebutuhan gizi hariannya sehingga mereka dapat nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari termasuk dalam menggapai mimpi-mimpi yang sempat tertunda. Adapun Gerakan 4 Sehat 5 Bahagia yang direkomendasikan Nestlé BOOST Optimum untuk dijalankan oleh para lansia dalam kehidupan sehari-harinya adalah sebagai berikut: 

Nestlé BOOST Optimum Gerakan 4 Sehat 5 Bahagia. (Spesial)

Memenuhi kebutuhan gizi lansia, salah satunya asupan protein harian dengan mengonsumsi Nestlé BOOST Optimum

Produk susu bubuk dengan kandungan whey protein yang lebih tinggi dibanding produk sejenis lainnya, yaitu mencapai 50 persen, serta dilengkapi dengan probiotik dan prebiotik serta vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan lansia.

Mengajak olahraga para lansia agar tetap aktif

Penelitian membuktikan bahwa suplementasi gizi oral ditambah dengan latihan fisik dapat meningkatkan fungsi, status gizi dan kualitas hidup para lansia.

Memberikan kesempatan kepada para lansia meluangkan waktu untuk istirahat yang cukup dan berkualitas

Membantu para lansia dalam menjaga pola makan yang sehat

Seperti memastikan menu makanan yang dikonsumsi sehari-hari mengandung serat pangan, vitamin dan mineral yang tepat.

Memberikan dukungan agar para lansia tetap bahagia

Salah satunya dengan menyemangati mereka untuk menghidupkan kembali mimpi-mimpi yang tertunda, termasuk mencoba aktivitas baru atau menekuni hobi secara rutin.

Donna Harun, seorang aktris senior Tanah Air menyampaikan, jika di usianya saat ini, ia merasa bersyukur karena keluarga dan orang-orang terdekat selalu menyemangatinya untuk menghidupkan kembali mimpi-mimpi yang sebelumnya sempat tertunda. Salah satunya bergabung dengan wadah sosial yang bertujuan untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat luas.

"Menjalani minat dan hobi juga membuat saya merasa bahagia karena dapat berinteraksi dengan orang-orang di sekitar saya. Agar tubuh tetap sehat, selain istirahat yang cukup saya juga selalu meluangkan waktu untuk berolahraga secara rutin bersama anak dan cucu. Saya juga senantiasa memenuhi kebutuhan gizi salah satunya protein harian dengan mengonsumsi Nestlé BOOST Optimum,” ujar Donna Harun.