Niat Puasa Senin, Lengkap Dengan Arti Dan Bacaan Doa Buka Puasa

Senin, 16 Agustus 2021 | 00:00:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Niat Puasa Senin, Lengkap Dengan Arti Dan Bacaan Doa Buka Puasa

Foto: Ladiestory.id

Selain menjalankan ibadah puasa Ramadan, umat muslim juga disunnahkan untuk menjalankan ibadah puasa sunnah yang lain. Salah satu amalan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW adalah puasa Senin.

Rasulullah SAW kerap berpuasa pada hari Senin dan juga hari Kamis. Ketika Rasulullah SAW ditanya tentang puasa hari Senin, beliau menjawab, “Itu adalah hari di mana aku dilahirkan, hari di mana aku diutus atau diturunkannya wahyu kepadaku," (HR. Muslim).

Niat Puasa Senin dan Bacaan Doa Buka Puasa

Dengan demikian, puasa Senin menjadi amalan sunnah yang dapat dilakukan oleh umat muslim.

Sama seperti ibadah puasa yang lain, saat melaksanakan puasa Senin, seorang muslim harus menahan lapar dan haus serta menjauhkan diri dari perbuatan yang dapat membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Sebelum menjalankan puasa Senin, hendaknya untuk mengucapkan bacaan niat puasa Senin.

Sebab, niat termasuk dalam rukun berpuasa. Selain itu, niat juga menjadi tujuan mengapa seseorang melakukan sesuatu.

Niat puasa Senin hendaknya dibaca pada malam hari, saat sahur, atau sebelum terbit fajar. Namun, niat puasa ini juga dapat dilakukan saat pagi hari selama belum mengkonsumsi apapun.

1. Niat Puasa Senin

Foto: Ladiestory.id

 

Seperti yang sudah diulas sebelumnya, bahwa niat merupakan salah satu rukun puasa. Maka dari itu, bagi seseorang yang hendak menjalankan puasa Senin penting untuk melakukan niat puasa.

Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi tana’ala

Artinya: Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.

2. Doa Buka Puasa Senin

Foto: Ladiestory.id

 

Jika niat puasa Senin dilakukan sebelum melakukan puasa, maka sebelum berbuka hendaknya mengucapkan doa berbuka puasa setelah waktu berbuka puasa tiba atau setelah azan magrib berkumandang.

Adapun bacaan doa berbuka puasa Senin sama seperti bacaan doa puasa yang lain. Berikut beberapa bacaan doa buka puasa, yang dapat dibaca salah satunya.

1. Allaahummalakasumtu wabika amantu wa’ala rizkika aftortu birohmatika yaa arhamar raahimiin’

Artinya : “Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa) dengan rahmat-Mu Ya Allah Tuhan Maha Pengasih”

Foto: Ladiestory.id

'2. Allahumma laka shumtu wa'ala rizqika afthortu dzahaba-dh-dhama'u wabtalatil 'uruqu wa tsabatal ujru insya-Allah ta'ala'

Artinya: "Ya Allah, untuk-Mu lah aku berpuasa, atas rezeki-Mu lah aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan (semoga) pahala telah ditetapkan, insya Allah,"

3. Doa berbuka puasa dari riwayat HR Abu Dawud

"Dzahabaz zhama'u wabtallatil 'uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah'

Artinya: "Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah."

Demikian ulasan tentang bacaan niat puasa Senin dan bacaan doa buka puasa. Semoga bermanfaat.