Nostalgia dengan 6 Aplikasi Game Zaman Dulu, Ada yang Masih Main?

Senin, 27 Desember 2021 | 10:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Nostalgia Dengan 6 Aplikasi Game Zaman Dulu, Ada Yang Masih Main?

Ilustrasi perempuan bermain game. (Special)

Ladiestory.id - Apa yang Kamu lakukan ketika sedang gabut? Kebanyakan orang akan nge-game untuk mengusir rasa bosan mereka, entah dari PC ataupun dari HP. 

Dulu warnet atau warung internet sangat mudah dijumpai di Indonesia, masih ingat gak? Warnet menjadi tempat yang ramai didatangi oleh orang-orang tidak memiliki komputer atau laptop. Di tempat ini, sebagian dari mereka mencari keseruan dengan bermain bersama teman dengan duduk bersebelahan.

Nostalgia dengan 6 Games Zaman Dulu

Sebenarnya ada banyak game yang sempat populer zaman dulu. Bahkan tak jarang masih dimainkan hingga saat ini. Ladiestory.id telah merangkum beberapa games jadul yang populer dimainkan pada masanya.

1. Iggle Pop

Ilustrasi game Iggle Pop. (Special)

Masih ingat dengan permainan Iggle Pop? Game yang dikembangkan oleh Sprout Games ini sering disebut sebagai next generation dari PacMan. Hal ini dikarenakan konsep permainnan keduanya yang mirip. Di game ini, Kamu harus membebaskan para Iggle yang terkurung dalam sebuah gelembung. Setelah berhasil dibebaskan, Iggle akan berjalan mengekor di belakang Kamu.

Tak seru jika tanpa tantangan, di game ini Kamu bisa bertemu dengan monster yang jahat, yang akan membuat para Iggle kembali terperangkap dalam gelembung. Untuk itu, Kamu harus menghindar jika berpapasan dengan monster tersebut. Agar para Iggle aman, Kamu harus menempatkan mereka dalam rumah sesuai dengan warnanya masing-masing. 

2. Bounce Blitz Out

Ilustrasi game Bounce Blitz Out. (Special)

Konon, game jadul satu ini jadi andalan para kaum hawa era 90an, sebab berisi kumpulan bola warna-warni yang cenderung girly. Permainan ini mengharuskan Kamu menukar posisi bola agar sejajar dengan warna yang sama.

Motifnya yang beragam membuat pemain kesulitan untuk menyelesaikan. Belum lagi, ada bom yang siap meledak jika tidak bisa menyelesaikan tepat waktu. Sensasi diburu waktu bisa membuat pemain histeris sekaligus penasaran untuk menaklukkannya.

3. Subway Surfers

Ilustrasi game Subway Surfers. (Special)

Subway Surfers menjadi game zaman dulu yang bisa dikatakan masih populer dimainkan hingga sekarang. Game yang dirilis pada 21 september 2012 ini memiliki konsep permainan yang kompleks. Subway Surfers disebut menjadi game di android yang cukup sempurna dan dikemas tanpa kekurangan.

Permainan ini bisa membuat candu untuk bertarung menciptakan skor tertinggi dan mengalahkan pemain lainnya di scoreboard. Meskipun mengusung gaya endless runner, aplikasi game ini punya banyak peminat hingga disebut sebagai game yang paling banyak diunduh dekade ini.

4. Diner Dash

Ilustrasi game Diner Dash. (Special)

Selain Bounce Blitz Out, Diner Dash menjadi game jadul yang sering dimainkan kaum hawa era 90an. Game jadul ini hadir pada 3 Desember 2004 untuk versi laptop. Walau jadul, permainan ini masih tetap direkomendasikan dimainkan zaman sekarang.

Ketika bermain game ini, Kamu akan berperan sebagai Flo, pemilik restoran yang merangkap jadi pelayan. Flo diharuskan untuk bekerja keras demi memberikan pelayanan langsung di restorannya.

5. Chrono Trigger

Ilustrasi game Chrono Trigger. (Special)

Chrono Trigger dirilis pertama kali pada 11 Maret 1995 untuk Super Nintendo Entertainment System (SNES). Menyusul platform lain, seperti PlayStation, Nintendo DS, iOS, dan Android karena semakin banyak orang yang suka dengan game ini.

Chrono Trigger dikerjakan oleh orang-orang yang namanya sedang naik daun saat itu dan disebut sebagai Dream Team. Anggota Dream Team tersebut antara lain adalah Hironobu Sakaguchi (kreator dari seri Final Fantasy), Yuji Horii (kreator seri Dragon Quest), Akira Toriyama (mangaka dari Dragon Ball).

6. Fish Feeding Frenzy 

Ilustrasi game Fish Feeding Frenzy. (Special)

Feeding Frenzy pertama dirilis pada 11 Februari 2004. Melalui game jadul ini, Kamu berkesempatan jadi raja lautan lo. Feeding Frenzy membutuhkan kelincahan dan kewaspadaan, sebab di dalam laut bertebaran ranjau yang bisa membunuh Kamu.  Ada pula predator berukuran besar, ikan yang terpapar radiasi atau ubur-ubur penyengat yang perlu Kamu hindari.