Olahraga Kardio Ini Bisa Dilakukan Dengan Mudah

Friday, 16 Apr | 22:57:15

LS Health

Penulis : LS Health

Olahraga Kardio Ini Bisa Dilakukan Dengan Mudah

Sudah konsumsi makanan sehat, tapi berat badan tak kunjung turun? Mengombinasikan pola makan yang sehat dengan olahraga bisa menjadi solusi kamu. Banyak jenis olahraga yang bisa kamu pilih, salah satunya yang paling ampuh untuk membakar lemak adalah olahraga kardio. Selain efektif, aktivitas fisik ini mudah dilakukan di rumah maupun di gym dengan macam-macam variasi agar tidak membuat kamu cepat bosan.

Apa itu Olahraga Kardio?

Olahraga kardio adalah olahraga yang menaikkan detak jantung dan pernapasan. Jenis olahraga ini dikenal juga sebagai olahraga aerobik karena memerlukan banyak oksigen dan otot besar untuk melakukan aktivitas fisik tersebut. Umumnya orang mengira aktivitas seperti lari, bersepeda, dan hiking merupakan contoh jenis olahraga kardio. Namun, ada banyak pilihan lainnya yang efektif lho.

Apa Manfaat Olahraga Kardio?

Salah satu manfaat utama kardio adalah meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga kamu lebih banyak membakar kalori atau lemak. Alhasil, olahraga kardio bisa mengecilkan perut, paha, atau menurunkan berat badan secara keseluruhan.

Olahraga Kardio Yang Dapat Di Lakukan dengan Mudah

Jalan Kaki (termasuk jalan cepat)

Berjalan kaki mungkin termasuk salah satu olahraga kardio yang mudah dan murah. kamu bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja. Bahkan berjalan kaki selama 10 menit setiap hari saja sudah terhitung sebagai usaha untuk menyehatkan jantung dan paru-paru kamu. Meski begitu, kamu tetap disarankan untuk melakukannya selama 30 menit tanpa henti dan setiap hari supaya manfaatnya optimal.

Bersepeda

Masyarakat kini makin sadar pentingnya mengurangi polusi kendaraan demi lingkungan yang lebih baik. Tak heran jika gerakan bersepeda ke tempat kerja (bike to work) kini semakin banyak digemari. Jika bersepeda ke kantor tidak memungkinkan bagi kamu, silakan sisipkan kegiatan bersepeda dalam rutinitas kamu. Misalnya, kamu bisa bersepeda ke pasar, mini market, maupun mengantar anak ke sekolah.

Lompat Tali

Kapan terakhir kali kamu bermain lompat tali? Mungkin ketika masih duduk di bangku sekolah dasar. Kini saatnya kamu kembali mengambil tali dan melompat sebanyak-banyaknya untuk memenuhi target 150 menit per minggu dengan cara yang mudah dan murah.

Berenang

Jenis olahraga kardio ini merupakan cara yang baik untuk meningkatkan kinerja jantung tanpa membebani persendian kamu. Pasalnya, air akan membantu tubuh untuk mengambang sehingga tidak membebani persendian. Jika kamu tidak bisa berenang, gunakan papan kickboard dan gerakkan kaki kamu mengitari kolam renang. Cara ini bukan hanya melatih kekuatan otot kaki, namun juga baik untuk otot perut kamu.

Naik Tangga

Mungkin sudah saatnya kamu melupakan lift di kantor dan menggantinya dengan naik tangga. Kegiatan sederhana ini termasuk cara yang efektif untuk memompa jantung dan membuat kamu berkeringat. Apabila kantor kamu berada di lantai yang sangat tinggi (misalnya, di atas 20), kamu tidak perlu memaksakan diri untuk langsung naik tangga sampai ke kantor kamu. kamu bisa melatih diri secara bertahap, contohnya mulai naik tangga dari lantai 10 ke atas. Yang jelas, sesuaikan dengan kemampuan tubuh kamu.

Kunci dari olahraga kardio adalah melakukan apapun yang kamu sukai, asalkan hal ini menghasilkan keringat dan memacu jantung serta paru-paru untuk bekerja lebih keras. Selain daftar di atas, kamu juga bisa mencoba hal-hal baru. Mulai dari hiking atau trampolin maupun mengombinasikan latihan kardio sesuai kegemaran kamu.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com