Olahraga Murah dan Mudah, 5 Tips Melakukan Jogging dengan Benar

Rabu, 20 Oktober 2021 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Olahraga Murah Dan Mudah, 5 Tips Melakukan Jogging Dengan Benar

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Jogging merupakan olahraga yang mudah, sederhana, dan murah. Jogging atau lari pagi cukup efektif dalam meningkatkan kebugaran tubuh sepanjang hari serta dapat membakar lemak tubuh dengan efektif pula.

Jogging di pagi hari mampu memberikan efek positif terhadap psikologis hingga fisiologis, bahkan menurunkan berat badan. Tak hanya itu, namun jogging juga menjadi cara efektif dalam meningkatkan metabolisme.

Persiapan Jogging yang Benar

Meskipun terbilang mudah, namun ada beberapa teknik yang jogging yang harus dilakukan dengan benar. Bahkan ada beberapa persiapan sebelum jogging yang harus kamu tahu.

1. Sepatu Lari yang Nyaman di Kaki

jogging yang benar
Foto: Ladiestory.id

Sebelum jogging, penting untuk memilih sepatu lari yang sesuai dengan ukuran kaki dan terasa nyaman di kaki saat dipijak. Selain faktor kenyamanan, pemilihan sepatu yang tepat juga bisa menurunkan risiko terjadinya cedera.

Jika kamu  sudah terbiasa jogging, penting untuk memerhatikan kondisi sepatu yang digunakan. Apabila sudah terasa tidak enak digunakan, kurang pas, atau koyak, maka sudah saatnya untuk mengganti sepatu lari yang baru.

2. Pilihlah Pakaian yang Nyaman

Pilihlah kaos yang longgar dan fleksibel sehingga memberikan gerakan yang nyaman. Pilih juga bentuk dan bahan yang mudah menyerap keringat sekaligus mudah mengering dengan baik, seperti spandex atau poliester.

Hal ini dilakukan agar tidak menimbulkan bintik merah atau masalah yang terjadi pada kulit.

3. Tentukan Lokasi dan Waktu Jogging

jogging yang benar
Foto: Ladiestory.id

Tentukan lokasi dan rute yang nyaman untuk jogging, seperti taman atau gelanggang olahraga. Pilih rute dengan jalan atau jogging track yang rata, tidak licin, dan aman untuk berlari. Kamu juga bisa mengganti rute agar tetap semangat dan tidak bosan.

4. Penuhi Asupan Nutrisi dan Energi

Jogging membutuhkan cukup banyak energi, terlebih jika kamu hendak melakukan olahraga ini dalam waktu lebih dari 60 menit. Oleh karena itu, konsumsilah makanan bernutrisi yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein setidaknya 3 jam sebelum jogging.

Hindari konsumsi makanan tinggi lemak dan serat sebelum jogging. Selain makan, pastikan juga kamu cukup minum air putih sebelum dan selama melakukan jogging agar tidak mengalami dehidrasi.

5. Pemanasan Sebelum Jogging

jogging yang benar
Foto: Ladiestory.id

Pemanasan sebelum jogging sangat penting dilakukan untuk mengurangi risiko cedera, keseleo, dan kram otot. Sebelum melakukan jogging, coba lakukan pemanasan selama 5-10 menit.

Dengan pemanasan juga akan meningkatkan denyut jantung. Hal ini akan menjadi sinyal yang baik bahwa tubuh sudah siap untuk melakukan olahraga jogging.

Cara Jogging dengan Benar

1. Biarkan lengan menghayun ke belakang depan dan pastikan juga siku membengkok 90 darjat. Biarkan ayunan mengikuti irama kaki serta ayunan sejajar dengan pinggang. Hal ini berfungsi untuk menyeimbangkan tubuh agar tidak jatuh

2. Pastikan kepala dan badan tegak manakala pinggul pula ke depan sedikit. Posisi kepala tidak boleh terlalu menunduk maupun mendongak.

Sebab posisi kepala yang terlalu menunduk akan menghambat masuknya udara melalui saluran pernapasan sehingga menyebabkan cepat lelah.

3. Rehatkan rahang dan bahu ketika berlari dan coba bernafas melalui hidung. Ambil nafas secara perlahan. Selain itu, kamu harus menarik otot perut ke dalam sebagai posisi perut yang benar saat joging.

Kamu perlu menahannya selama berlari. Hal ini akan membuat perut yang buncit secara perlahan akan terlihat lebih mudah ramping.

jogging yang benar
Foto: Ladiestory.id

 

4. Saat kaki menapak tanah, usahakan bagian depan kaki yang mendarat ke tanah terlebih dahulu, bukan di tegah kaki maupun tumit. Sebab posisi kaki yang menyentuh tanah sangat mempengaruhi kinerja dan efisiensi, agar kamu tidak cepat lelah saat jogging.

5. Pastikan berlari atas permukaan selesa, yang membolehkan kamu berbicara dengan rekan pada masa yang sama.

6. Untuk jogging yang baik, kamu memerlukan sekurang-kurangnya seorang rekan untuk berlatih bersama. Dalam arti kata lain, kita perlukan bantuan dari seorang yang boleh dipercayai untuk memberi semangat disamping melakukan latihan larian bersama.

7. Mulai jogging dengan sederhana atau sedikit perlahan. Ingat bahwa kamu perlu simpan stamina untuk berlari jauh dan agak lama. Ramai yang tewas dipertengahan karena gairah memecut di awal larian.

Inilah persiapan dan teknik jogging yang dilakukan dengan benar. Cukup mudah, 'kan? Yuk jaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dengan olahraga yang terbilang murah dan mudah ini.