Pakai 5 Bahan Alami Ini untuk Atasi Ruam Popok pada Si Kecil

Rabu, 3 Mei 2023 | 19:33:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Pakai 5 Bahan Alami Ini Untuk Atasi Ruam Popok Pada Si Kecil

Ilustrasi Mengganti Popok Bayi. (Special)

Ladiestory.id - Ruam popok merupakan kondisi dimana muncul ruam kemerahan pada area pemakaian popok. Ruam ini dapat terjadi karena kondisi yang lembap di area tersebut. Ruam popok kerap membuat bayi menjadi lebih rewel karena merasa gatal dan tidak nyaman. 

Kondisi ini sebenarnya umum terjadi pada bayi yang menggunakan popok sepanjang hari. Namun, tentu saja sebagai orang tua tidak tega jika melihat Si Kecil rewel.

Nah, untuk mengatasi masalah ruam popok pada bayi bisa dengan menggunakan bahan alami lho. Selain ampuh untuk mengatasi ruam popok bahan alami ini juga aman untuk digunakan. Ladiestory.Id telah merangkum lima bahan alami untuk mengatasi ruam popok pada bayi. 

Minyak Kelapa

Ilustrasi Minyak Kelapa. (Special)

 

Bahan alami pertama yang bisa digunakan untuk mengatasi ruam popok adalah minyak kelapa. Dalam minyak kelapa terdapat kandungan minyak jenuh yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit bayi. Tak hanya itu, terdapat juga sifat anti bakteri dan anti jamur dalam minyak kelapa, sehingga bisa membunuh bakteri ataupun jamur penyebab ruam Si Kecil.

Cara memanfaatkan minyak kelapa sebagai bahan alami untuk mengatasi ruam popok juga sangat mudah. Pertama, bersihkan area ruam dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk lembut. Kemudian olesi bagian yang terkena ruam dengan minyak kelapa. Pastikan minyak telah kering atau meresap sebelum menutup popok Si Kecil. 

Cuka Apel

Cuka Apel. (Special)

 

Selain digunakan sebagai bahan masakan, cuka apel juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi ruam popok. Dalam cuka apel terdapat kandungan asam asetat yang berfungsi sebagai desinfektan alami sehingga dapat membantu meredakan ruam popok. 

Cara memanfaatkannya sangat mudah. Pertama, campurkan satu sendok teh cuka apel dengan air hangat. Aduk hingga rata dan gunakan larutan tersebut untuk membasuh area yang mengalami ruam popok. Basuh secara perlahan area yang kemerahan. Cuka apel ini aman untuk digunakan sebanyak dua kali sehari. Jika dalam waktu 3-4 hari ruam tak kunjung reda, maka sebaiknya bawa Si Kecil ke dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

ASI

 

Ilustrasi ibu menyusui. (Special)

 

Selain sebagai sumber nutrisi bagi Si Kecil, ASI juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi ruam popok. ASI yang telah diperah bisa dioleskan pada bagian yang mengalami ruam kemerahan. Oleskan secara merata dan biarkan hingga kering. Setelah kering tak perlu dibilas dengan air, tujuannya adalah agar ASI meresap kedalam pori-pori kulit sehingga ruam bisa segera sembuh. Cara ini dapat dilakukan setiap mengganti popok Si Kecil. 

Lidah Buaya

Lidah Buaya (Special)

 

Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang memiliki segudang manfaat, mulai dari menyuburkan rambut, melembapkan kulit, hingga meredakan ruam popok. Lidah buaya atau aloe vera memiliki kandungan anti inflamasi yang mampu menghilangkan radang akibat ruam popok. Tak hanya itu, sifat anti bakteri yang dimiliki oleh lidah buaya juga dapat membantu proses penyembuhan ruam popok. 

Bagian lidah buaya yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi ruam popok adalah bagian dalam atau gel. Gel lidah buaya diambil kemudian oleskan pada bagian yang kemerahan. Gel ini menimbulkan sensasi dingin sehingga membuat Si Kecil merasa nyaman. 

Yogurt

Ilustrasi Yogurt (Special)

 

Bahan alami terakhir yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi ruam popok adalah yogurt. Selain memiliki rasa yang lezat, yogurt juga terbukti ampuh untuk menyembuhkan ruam popok. Cara memanfaatkannya sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan yogurt pada area yang mengalami ruam kemerahan. Kandungan probiotik yang ada dalam yogurt akan bekerja untuk menyembuhkan ruam popok dan menghentikan peradangan.