Pakai Bahan Alami, Ini Obat Batuk Kering dan Berdahak Ala Rumahan

Senin, 7 Februari 2022 | 14:00:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Pakai Bahan Alami, Ini Obat Batuk Kering Dan Berdahak Ala Rumahan

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Di musim yang tidak menentu ini, penyakit seperti batuk, pilek, sakit kepala, dan yang lainnya sering kali menyerang tubuh. Jika tubuh sedang dalam keadaan lelah atau imun tubuh sedang rendah, tidak perlu menunggu lama pasti penyakit akan menyerang kita. Salah satu penyakit yang sering menyerang saat imun tubuh menurun adalah batuk. 

Batuk dibedakan menjadi dua, yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Batuk yang tidak menghasilkan dahak atau lendir dari saluran pernapasan dinamakan dengan batuk kering. Batuk dengan jenis ini biasanya akan sembuh dalam waktu lama atau berminggu-minggu. 

Sementara, penyakit yang biasanya disebabkan oleh infeksi atau flu disebut batuk berdahak. Seperti halnya batuk kering, batuk berdahak juga biasanya akan bertahan lama.

Orang orang akan berburu obat di supermarket maupun apotek ketika sedang terserang penyakit seperti batuk ini. Padahal, Kamu bisa menggunakan bahan alami rumahan untuk dijadikan obat lho! Apa saja?

Untuk batuk kering, berikut bahan yang bisa Kamu pakai.

1. Menthol

Mint Menthol (Special)

Umumnya menthol dapat mendinginkan tenggorokan, mengobati tenggorokan yang iritasi, dan mengurangi reflek batuk.

2. Madu

Foto: Ladiestory.id

Madu sangat dianjurkan untuk kesehatan. Salah satu manfaat madu yaitu menyembuhkan batuk. Dengan adanya zat antibakteri dan antiperadangan yang terkandung dalam madu dapat menenangkan tenggorokan yang sedang terserang batuk.

3. Kunyit

Ilustrasi kunyit. (Special)

Bahan anti-peradangan, antivirus, dan antibakteri alami tersedia dalam kandungan kurkumin yang ada pada kunyit. Untuk meredakan batuk, kamu dapat memasukkan kunyit dan sedikit lada hitam dalam minuman yang hangat.

4. Jahe

Foto: Ladiestory.id

Zat antibakteri dan antiperadangan alami tak hanya ada pada kunyit, tapi jahe juga punya lho. Kamu dapat membuat minuman hangat dengan jahe sebagai bahan utamanya. Agar terasa kebih nikmat, kamu bisa menambahkan madu.

5. Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih (Special)

Bahan selanjutnya yang bisa untuk meredakan batuk kering adalah minyak kayu putih. Kamu bisa menggunakan minyak putih untuk meredakan batuk dengan cara mengoleskannya ke bagian tertentu.

Sedangkan untuk batuk berdahak, Kamu bisa meredakannya dengan bahan berikut ini.

1. Perasan Jeruk Segar

Ilustrasi buah jeruk. (Special)

Banyak minum, khususnya dengan perasan jeruk segar dapat menjadi obat untuk batuk berdahak lho. Guna mencegah hadirnya lendir, kamu harus banyak-banyak meminum air. Menambah asupan vitamin C yang baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh juga bisa didapatkan dengan kamu meminum air yang diberi perasan jeruk segar.

2. Makanan Pedas

Foto: Ladiestory.id

Makan makanan yang pedas disarankan untuk orang yang sedang terserang batuk berdahak. Cabai atau bumbu makanan pedas yang mengandung zat capsaicin berguna untuk membantu mengatasi batuk berdahak dan hidung tersumbat akibat alergi.

3. Sup Ayam

Foto: Ladiestory.id

Untuk mengatasi batuk dan pilek, kamu bisa mengonsumsi makanan berkuah seperti sup ayam. Perpaduan antara bumbu, air hangat, uap, dan yang lainnya ternyata bisa membantu kamu dalam mengobati batuk dan juga pilek.

4. Mandi Air Hangat

Ilustrasi mandi menggunakan air hangat. (Special)

Menghilangkan lendir penyebab batuk berdahak juga bisa dilakukan dengan cara mandi dengan air yang hangat, ladies. Cobalah mandi air hangat hingga uap mengelilingi kamar mandi ketika kamu akan membersihkan diri. Hiduplah uap air hangat tersebut selama lima menit untuk meredakan batuk.

5. Pelembap Udara

Humidifier (Special)

Mengutip Healthline, pelembap udara atau humidifier bisa membantu melembapkan tenggorokan kering karena batuk. Biasanya tenggorokan akan kering ketika hari sudah berganti malam. Di saat itulah batuk berdahak akan terus menyerang.