Panduan Waktu Tidur Anak Berdasar Usia

Jumat, 20 Agustus 2021 | 00:02:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Panduan Waktu Tidur Anak Berdasar Usia

Foto: Ladiestory.id

Pada umumnya, tidur merupakan suatu tindakan fisiologis yang dilakukan oleh semua makhluk hidup, baik pada semua spesies hewan dan manusia.

Tidur adalah proses istirahat bagi semua makhluk hidup, dimana sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh manusia. Ketika manusia tidur, daya tanggap pasti akan berkurang karena beberapa organ ada yang beristirahat.

Bahkan terdapat suatu fakta yakni manusia hampir menghabiskan sepertiga hidupnya untuk tidur dan beristirahat.

Terutama bagi anak-anak atau bayi yang memerlukan tidur sebagai salah satu kunci untuk proses tumbuh kembang. Tidur merupakan suatu hal yang penting bahkan bisa disamakan dengan pentingnya makan dan minum.

Panduan Waktu Tidur Anak Berdasar Usia

Foto: Ladiestory.id

 

Taukah Anda manfaat tidur anak? Ketika seorang anak tidur maka terjadi regenerasi sel tubuh dan tumbuh kembang otak berlangsung pada puncaknya.

Bahkan sebuah penelitian menuliskan jika anak-anak memiliki waktu tidur teratur, maka dia akan lebih berprestasi dibanding anak-anak yang tidak memiliki waktu tidur teratur.

Seorang dokter tidur di Rumah Sakit Anak Lucile Packard, yakni Dr Sumit Bhargava juga menyampaikan bahwa jumlah tidur sangat memengaruhi kesehatan fisik, suasana hati, kesehatan mental, hingga perkembangan kognitif, dengan cara yang positif.

Bisa dibayangkan jika anak tidak memiliki waktu tidur teratur, maka akan berpengaruh ke proses tumbuh kembang dan prestasinya. Oleh sebab itu, Anda perlu mendisiplinkan waktu tidur anak-anak. Apakah Anda sudah tahu mengenai panduan waktu tidur anak?

Waktu tidur ideal untuk anak memiliki jumlah yang berbeda tergantung usia mereka. Berikut panduan waktu tidur anak berdasarkan usianya.

1. Usia 0-3 bulan

Jika anak masih dalam kondisi bayi “merah” biasanya belum memiliki jam biologis. Bayi yang baru lahir dapat tidur 15-18 jam sehari sampai usia mereka menginjak 3 bulan.

Seorang bayi memilliki durasi tidur yang tidak pasti, mulai dari beberapa menit hingga beberapa jam. Biasanya saat usia memasuki 6 minggu, bayi akan mulai mengenal jam biolgis dan sebagian besar mereka tidak bingung antara siang dan malam.

2. Usia 4-11 bulan

Bayi usia 4 hingga 11 bulan memiliki waktu tidur ideal 15 jam sehari. Oleh sebab itu, para orang tua harus mulai membentu pola tidur teratur. Sebelumnya usia 4 bulan, bayi akan tidur siang lebih intens yakni 3 kali sehari.

Namun sejak usia 6 bulan, tidur siang mereka berubah menjadi 2 kali sehari. Secara fisik, pada rentang usia ini mereka sudah mampu tidur sepanjang malam.

3. Usia 1-2 tahun

Pada usia ini, waktu tidur anak-anak adalah 11 jam hingga 14 jam. Durasi tidur siang mereka juga berkurang yakni hanya sekali dalam sehari dengan durasi 1 hingga 3 jam. Biasanya malam waktu tidur anak seusia ini antara jam 7 dan 9 malam, kemudian bangun antara pukul 6 pagi dan 8 pagi.

Selain itu, sebagai orang tua sebaiknya menghindari tidur singkat yang terlalu dekat dengan waktu tidur malam sang anak. Sebab hal ini dapat mengakitbatkan waktu tidur anak bergeser pada malam hari.

4. Usia 3-5 tahun

Pada usia ini, waktu tidur ideal untuk anak adalah 10 hingga 13 jam. Memang pada usia 3 tahun, sang anak masih melakukan tidur siang.

Namun jika sudah menginjak usia 5 tahun, kebanyakan dari anak tidak memiliki waktu tidur siang. Bahkan, biasanya semakin usia bertambah menjadi lebih pendek juga jam tidur siang mereka.

Tidak perlu khawatir jika dalam rentang usia ini, anak-anak sering mengalami mimpi buruk. Hal ini wajar terjadi sebab daya imajinasi mereka semaking berkembang.

5. Usia 6-13 tahun

Pada usia ini, anak-anak sudah membagi waktu tidur dengan berbagai aktivitas seperti sekolah, bermain, aktivitas sosial, dan lalinnya. Namun para orang tua tetap harus memperhatikan jam tidur mereka, setidaknya membutuhkan 9 hingga 11 jam dalam sehari.

Pada usia inilah para orang tua harus lebih tegas dalam mengawasi waktu tidur anak-anak. Sebab mereka akan mulai tertarik dengan game ataupun tontonan televisi sehingga menunda-nunda waktu tidur mereka.

Sebab tidur merupakan hal yang penting pada usia ini setelah mereka melakukan kegiatan seharian.

6. Usia 14-18 tahun

Usia ini bisa dikatakan anak-anak sudah memiliki kedewasaan. Namun justru para orang tua tidak boleh lengah ketika sang anak melakukan negosiasi mengenai waktu tidur. Pada rentang usia ini waktu tidur ideal mereka adalah 8 hingga 10 jam setiap harinya.

Itulah panduan waktu tidur anak berdasarkan usia mereka. Para orang tua bisa membuat rutinitas tidur yang menenyangkan bagi sang anak. Seperi membacakan dongeng untuk anak usia prasekolah. Atau mematikan perangkat elektronik seperti handphone atau televisi sebelum mereka tidur.

Berita Terkait