'Paranoia' Film Indonesia Terbaik, Angkat Fenomena Masyarakat Era Pandemik

Senin, 22 November 2021 | 00:01:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

'Paranoia' Film Indonesia Terbaik, Angkat Fenomena Masyarakat Era Pandemik

Foto: cnnIndonesia

Ladiestory.id - Telah tayang pada 11 November 2021 lalu, film Indonesia terbaik berjudul “Paranoia” berhasil memikat hati penonton. Film ini dibintangi oleh Nicholas Saputra, Nirina Zubir, Lukman Sardi, dan Caitlin North Lewis.

Fakta Menarik Film "Paranoia"

Nah untuk kamu yang penasaran, berikut beberapa fakta terkait film "Paranoia".

1. Syuting Hanya Dilakukan di Satu Tempat

Film Paranoia
Foto: Jawapos

Karena syuting dilakukan di tengah masa pandemi, maka sang sutradara Riri Riza memutar otak bagaimana menjalankan proses syuting dengan aman. Maka proses syuting hanya dilakukan di satu tempat saja.

Pengaturan kamera dilakukan sedemikian rupa. Kemudian, kebutuhan syuting yang begitu spesifik menjadikan radius lokasi syuting begitu penting. Mira Lesmana mengungkapkan radius area bekerja mereka itu sekitar 10-12 kilometer sehingga penonton tak merasakan adanya keterbatasan lokasi.

2. Peran Baru Nirina Zubir dalam Film Paranoia

Nirina Zubir
Foto: kontenPedia

Jika kamu terbiasa menyaksikan Nirina Zubir memerankan sosok yang ceria, dalam film Paranoia, kamu akan menyaksikan peran baru dari Nirina Zubir sebagai Dina, seseorang yang menanggung kekerasan dalam rumah tangga.

Penghayatan perannya sebagai Dina mengantarkannya pada nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik dalam FFI 2021. Nirina Zubir berpendapat bahwa karakter Dina dalam film Paranoia ini cukup menantang dan kompleks baginya. Penasaran kan dengan aktingnya Nirina Zubir dalam Paranoia?

3. Proses Syuting Paranoia Melibatkan Epidemiolog

Karena syutingnya yang dilakukan di masa pandemi Covid-19, pihak film Paranoia bahkan sampai berkonsultasi dengan epidemiolog. Demi menjaga kesehatan dan keamanan kru produksinya, Riri Riza pun berkonsultasi dengan epidemiolog Universitas Indonesia Dr. Pandu Riono, MPH.,Ph.D.

Dari konsultasi bersama Dr. Pandu Riono ini, Riri Riza mengungkapkan bahwa ia mendapatkan saran-saran mengenai protokol kesehatan, misalnya frekuensi tes yang harus diterapkan, kalau kenapa-napa harus bagaimana.

4. Paranoia Menggambarkan Upaya Manusia Menghadapi Pandemik

Nicolas Sputra
Foto: cnnindonesia

Lewat karya terbarunya, Paranoia, Mira Lesmana, Riri Riza ingin menceritakan usaha manusia dalam menghadapi pandemik. Harapan Riri Riza film ini bisa menjadi kenangan soal pandemi, tak hanya dari proses syutingnya tapi juga dari emosi dan kejadian apa saja yang terjadi selama pandemi.

Film Paranoia adalah sekaligus bentuk keresahan Mira Lesmana selama pandemi Covid-19. Film Paranoia menjadi curahan emosi yang dialami oleh Mira Lesmana.

5. Pertama Kalinya Mira Lesmana dan Riri Riza Memproduksi Film Genre Thriller

Mira Lesmana dan Risi Riza
Foto: Dewimagazine

Film Paranoia menjadi debut Riri Riza dan Mira Lesmana dalam memproduksi film genre thriller. Menurutnya ini adalah waktu yang tepat untuk menciptakan ketegangan sebagai bentuk respons terhadap kondisi saat ini.

6. Diputar Perdana di Ajang BIFAN 2021

Film Indonesia
Foto: Instagram/rizariri

Ternyata film Paranoia sudah ditayangkan secara perdana di ajang Bucheon International Fantastic Film Festival 2021, sebuah festival film Internasional tahunan yang digelar di kota Bucheon, Korea Selatan pada bulan Juli 2021.

Itu dia deretan fakta menarik tentang film Paranoia. Sudah nonton filmnya?