Programmer hingga Penulis, Ini 6 Pekerjaan yang Cocok Introvert

Senin, 18 April 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Programmer Hingga Penulis, Ini 6 Pekerjaan Yang Cocok Introvert

Ilustrasi pekerjaan. (Special)

Ladiestory.id - Umumnya, kebanyakan orang memiliki cita-cita, yang mana bisa menjadi sebuah profesi dan lambat laun dijalani sebagai pekerjaan. Memilih pekerjaan harus sesuai dengan hati. Pasalnya jika kita tidak nyaman dengan pekerjaan, akan berujung ke stres dan kesehatan mental.

Terlebih bagi seorang introvert yang tidak terlalu suka berinteraksi dengan orang lain. Sedangkan, kebanyakan pekerjaan mengharuskan kita untuk berinteraksi dengan banyak orang hingga pihak ketiga. Untuk itu, bagi Kamu yang introvert, Kamu bisa mempertimbangkan beberapa pekerjaan berikut.

Accounting Manager

Ilustrasi accounting manager. (Special)

Salah satu pekerjaan yang paling cocok untuk tipe introvert adalah sebagai accounting manager. Pasalnya, pekerjaan yang satu ini sesuai dengan kebutuhan introvert, yakni mereka dapat memegang kendali pekerjaan  tanpa banyak bersosialisasi dengan rekan kerja.

Tugas utama accounting manager adalah menganalisis data, angka, dan menggunakan keterampilan organisasi. Hal ini dilakukan agar dapat memastikan seluruh proyek berjalan dengan lancar.

Bahkan, pekerjaan ini dapat dilakukan secara remote, yakni bisa bekerja dari mana saja. Sehingga, pekerjaan ini tidak memerlukan orang introvert selalu berada di kantor dan berinteraksi dengan rekan kerja.

Programmer

Ilustrasi programmer. (Special)

Pekerjaan lain yang cocok untuk introvert adalah programmer. Ditambah zaman sekarang sudah banyak perusahaan di segala bidang yang membuat digitalisasi. Oleh sebab itu, posisi ini memang banyak dicari oleh perusahaan karena memang memerlukan programmer.

Pekerjaan sebagai programmer cocok bagi orang dengan kepribadian introvert. Pasalnya, tugas pekerjaan ini yakni memiliki kemampuan mengutak-atik komputer.

Pekerjaan ini akan membuat seseorang terus bekerja di depan layar komputer terus menerus. Sehingga ,bisa saja tidak berinteraksi dengan orang lain. Bahkan, pekerjaan ini bisa membuat orang lupa dengan kehidupan di sekitarnya.

Meski begitu, jangan meragukan programmer, ya. Sebab, banyak perusahaan menawarkan gaji tinggi untuk mencari orang yang andal di posisi ini.

Editor atau Penulis

Ilustrasi penulis. (Special)

Baik editor atau penulis memiliki pekerjaan yang tidak terlalu sering melibatkan orang lain. Pasalnya, kedua profesi ini membutuhkan keahlian menulis, riset, serta mengedit.

Selain itu, profesi tersebut memungkinkan mengatur jadwal bekerjanya sendiri. Asalkan, mereka bisa memenuhi deadline. Bahkan profesi editor dan penulis bisa bekerja melalui remote.

Orang-orang yang gemar menulis, kreatif, dan introvert dapat berkembang baik di bidang ini. Jika dilihat, kebanyakan penulis novel pun mereka memiliki kepribadian introvert.

Web Developer

Ilustrasi web developer. (Special)

Pekerjaan lain yang bisa dilakukan oleh seorang introvert adalah web developer. Pasalnya pekerjaan ini cenderung membutuhkan komputer dan internet untuk bekerja.

Jika seorang introvert memiliki ketertarikan di bidang komputer, pekerjaan ini cocok untuk dipertimbangkan. Pasalnya, web developer tidak memerlukan interaksi dengan banyak orang, sebab banyak introvert merasa lebih fokus bekerja ketika minim kebisingan di sekitar mereka.

Chef

Ilustrasi chef. (Special)

Kini profesi sebagai chef cukup menjanjikan. Bahkan, banyak orang yang memutuskan untuk menjadi chef sekaligus artis. 

Pekerjaan ini bisa dipertimbangkan untuk seseorang yang berkepribadian introvert. Pasalnya, pekerjaan ini menuntut untuk membuat dan menyajikan makanan, tanpa harus banyak berkomunikasi dengan orang lain.

Data Analyst

Ilustrasi data analyst. (Special)

Data analyst menjadi satu pekerjaan yang juga dibutuhkan banyak orang. Baik ilmuwan, pebisnis atau bahkan pemerintah, memerlukan bantuan seorang data analyst untuk membantu menganalisis sumber dan menyiapkan rencana pengkajian.

Nah, posisi ini sangat cocok bagi orang yang memiliki kepribadian introvert. Terlebih bagi mereka yang suka mengkaji hal baru dan memiliki latar belakang penelitian yang kuat.

Pada dasarnya, seorang yang bekerja sebagai data analyst mengutamakan metode kerja mandiri. Jika harus berkelompok pun, kebanyakan hanya sebuah grup yang kecil.Sebenarnya, kedua hal ini dilakukan untuk meredam perbedaan opini yang berlebihan antaranggota.

Pekerjaan ini pun dapat dilakukan sendiri tanpa pengawasan ketat dari atasan. Inilah yang menjadi privilese bagi seorang introvert yang lebih suka dengan lingkungan yang tidak kaku. Sehingga, seorang introvert lebih maksimal dalam bekerja.