Kenali Pemberi Harapan Palsu dan Dampak Kerugiannya

Jumat, 3 Desember 2021 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Kenali Pemberi Harapan Palsu Dan Dampak Kerugiannya

Foto: Dok. JTBC

Ladiestory.id - Dalam menjalin hubungan antara satu orang dengan lainnya terutama tentang perasaan memang sulit untuk diterka. Terkadang orang terdekat kita yang kita sudah anggap mampu untuk menjadi pasangan yang tepat namun, pada akhirnya hanya sekadar PHP saja.

Pemberi Harapan Palsu

Ya, PHP atau pemberi harapan palsu. Istilah ini tentu tidak asing lagi bagi kita. Sebenarnya apa itu PHP, alasan serta dampaknya. Yuk simak ulasan berikut ini.

Arti PHP

Foto :kompas

Pemberi Harapan Palsu (PHP) adalah harapan yang terlalu tinggi yang dibuat seseorang yang dianggap akan menjadi kenyataan, tapi si pemberi harapan sebenarnya hanya berpura-pura dan tidak mewujudkan seperti apa yang kita harapkan.

Dengan keadaan itu, pastinya akan ada pihak yang merasa dikecewakan dan sakit hati. Harapan yang diinginkan tidak bisa menjadi kenyataan. Apapun yang terjadi sudah pasti seseorang memiliki alasan mengapa ia bisa memberikan harapan palsu.

Beberapa Alasan Kenapa Dia Disebut Pemberi Harapan Palsu

Berikut beberapa alasan menagapa orang disebut pemberi harapan palsu.

  • Memiliki banyak pertimbangan

Setiap manusia pasti memiliki beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam hidupnya. Bukan hanya satu atau dua hal yang dia fikirkan. Misalnya saja, dia berpikir bagaimana kelanjutan hubungan kalian selanjutnya, apakah kamu benar-benar adalah pilihan akhir hidupnya. Dan masih banyak lagi pertimbangan lainnya.

  • Takut  menjalin hubungan

Ada beberapa hal yang membuat seseorang takut menjalin hubungan yang baru. Bisa saja dia baru mengakhiri satu hubungan yang serius, mungkin dia merasa nyaman bersamamu. Namun, untuk perjalanan move on masih panjang, bahkan bisa juga dia masih membuka tutup kotak kenangan di hatinya.

  • Sebagai Pelarian

Alasan terakhir ini sangat membuat sakit hati. Tak jarang seseorang bersedia menerima pendekatan hanya untuk sekadar mengalihkan pikiran dari orang yang membuatnya baper saja. Hal ini secara tidak sadar dilakukan hanya akan membuang waktu dan membuatmu sakit hati.

Apapun alasan kalian untuk PHP atau memberikan harapan palsu kepada orang lain akan berakibat kurang baik untuk diri kalian sendiri dan orang disekitar. Oleh sebab itu, hindari dan jangan memberikan harapan palsu kepada orang lain.

Foto: Ladiestory.id

 

Dampak Sering Memberi Harapan Palsu

Memberikan harapan palsu juga bisa memberikan dampak negatif, seperti:

  • Dia akan pergi bahkan membenci kamu

Seseorang yang sakit hati akan memilih untuk pergi bahkan membencimu. Ketika kamu sudah menganggap baik dan berharap lebih dalam suatu hubungan, kemudian ia tahu bahwa orang tersebut hanya sekedar PHP bayangkan betapa sakit hatinya. Rasa sakit hati bisa memicu timbulnya kebencian seseorang. Oleh karena itu jangan suka PHP-in orang.

  • Tidak mudah dipercaya

Jika kamu sering PHP kepada orang lain sementara tidak memiliki niat untuk hubungan yang serius, kamu akan kehilangan sosok yang sebenarnya bisa jadi pasangan terbaikmu. Dia akan pergi dalam hidupmu dan tidak akan mempercayai apa yang kamu katakan atau lakukan untuknya. Walau kamu benar-benar serius, orang lain akan menganggapnya biasa saja, itu karena cap PHP sudah melekat pada dirimu.

  • Karma

Percaya atau tidak karma itu memang ada. Apa yang kamu lakukan kepada orang lain, suatu saat kamu akan diperlakukan dengan hal yang serupa, termasuk PHP. Seperti pepatah yang sering kita dengar, apa yang kita tana itu yang akan kita tunai.

Demikian ulasan tentang pemberi harapan palsu (PHP). Sebaiknya sikap atau sifat seperti ini kita hindari ya, jangan sampai membuat kecewa atau sakit hati orang lain, karena kita juga tidak ingin mengalami hal serupa.