Pengertian Sistem Operasi Komputer Beserta Fungsi, Bagian Dan Jenisnya

Thursday, 15 Jul | 12:22:36

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Pengertian Sistem Operasi Komputer Beserta Fungsi, Bagian Dan Jenisnya

Foto: Ladiestory.id

Indonesia tengah memberlakukan PPKM Darurat atau Pembarlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat sehingga banyak pekerjaan yang dilakukan dari rumah atau Work from Home (WFH).

Tentu, kegiatan ini dibutuhkan yang namanya laptop ataupun komputer untuk menyelesaikan setiap pekerjaan.

Nah, setiap komputer atau laptop tidak bisa lepas dari ‘sistem operasi’. Sebab sistem operasi inilah yang dapat menjalankan komputer sehingga dapat digunakan dengan semestinya.

Pada dasarnya yang menghubungkan antara perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) adalah sistem operasi komputer.

Untuk lebih jelasnya, yuk kita kenalan dengan sistem operasi ini.

Apa itu Sistem Operasi ?

Kalau menurut para ahli yakni Abas Ali Pangera dan Dony Ariyus dalam buku Sistem Operasi (2010), sistem operasi adalah sistem yang terdiri atas berbagai komponen kerja dan metode kerja yang digunakan untuk memerintah serta menjalankan perangkat yang dimilikinya, agar sesuai dengan yang diinginkan.

Dalam bahasa Inggirs, sistem operasi dikenal sebagai operating system. Sistem operasi  menjadi hal yang paling mendasar dan harus ada saat akan menjalankan komputer.

Apabila dilihat pengertiannya secara umum, sistem operasi adalah software yang berfungsi sebagai antarmuka dan pengatur semua sumber daya pada perangkat komputer.

Fungsi Sistem Operasi

Sistem operasi sangatlah penting bagi suatu perangkat, pasalnya jika tidak ada sistem operasi maka konsol game, maupun smartphone tidak akan bisa berjalan optimal.

Sisem operasi memiliki peran untuk menjadi jembatan pengatur fungsi secara keseluruhan. Inilah fungsi utama dari sistem operasi :

  1. Menjalankan operasi dasar
  2. Mengatur kerja software dan hardware
  3. Menjadi wadah program atau aplikasi
  4. Menyajikan tampilan
  5. Mengkoordinasi kerja perangkat komputer
  6. Mengoptimalkan fungsi perangkat komputer
  7. Mengawasi dan melindungi jalannya suatu fungsi program

Bagian-Bagian Sistem Operasi

  1. Mekanisme Boot : berguna untuk meletakan kernel ke dalam memory kernel, kernel dapat dikatakan sebagai inti dari Sistem Operasi.
  2. Command Interpreter atau Shell : memiliki tugas untuk membaca input berupa perintah dan menyediakan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupun piranti lunak lain. Contoh dari Shell adalah: Command prompt pada Windows Xp (DOS pada Windows 98), XTerm dan Konsole di Mesin Linux (Unix).
  3. Resource Allocator : memiliki tugas untuk mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat.
  4. Handler, handler : berfungsi untuk mengendalikan sistem perangkat agar terhindar dari kekeliruan (error) dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.
  5. Driver : berfungsi untuk berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware.

Jenis-Jenis Sistem Operasi

  1. Sistem Operasi DOS

Foto: Instagram/mapgiedev

DOS atau Disk Operating System merupakan awal mula metode sistem operasi komputer yang digunakan oleh IBM. Sistem operasi ini bisa dikatakan nenek moyang dari sistem operasi yang dimiliki Microsoft hingga saat ini.  

Tampilan DOS masih hitam putih dengan pemberian instrukti dilakukan lewat tulisan dan tidak ada gambar sama sekali. Karena masih jadul dan belum ada antarmuka, proses memasukkan intruksinya pun menggunakan tulisan yang kini kita kenal dengan istilah Command Prompt. Inilah yang menjadi kekurangan dari sistem operasi DOS.

Namun DOS memiliki beberapa kelebihan yang bisa dinikmati. Yakni ringan sehingga tidak menghabiskan banyak memori, berukuran kecil, dan memiliki kompatibilitas tinggi.

  1. Sistem Operasi Windows

Foto: Instagram/windows

Jenis OS terbesar di dunia yang saat ini dipegang oleh Windows yang banyak di adopsi untuk membantu mengakomodir kebutuhan sehari-hari, mulai dari komputer instansi, akademisi, hingga kebutuhan pribadi.

Bahkan saat ini, Windows menjadi OS terbaik mengalahkan Linux dan ataupun sistem operasi lainnya.

Windows menjadi favorit setelah proses pengembangan sistem operasi MS DOS berhenti. Pasalnya tampilan sudah terpasang di hampir seluruh komputer IBM dan komputer lainnya.

Kelebihan lainnya, sistem operasi ini lebih mudah dalam proses instalasi dan aplikasi dari Windows pun melimpah.

Selain itu, Windows jugs mampu tampil menarik dengan visual grafis GUI. Sebagai informasi,  Windows sejatiinya merupakan hasil revolusi dari MS DOS yang beberapa tahun sebelumnya masih berbasis tulisan tanpa gambar.

Namun kamu perlu menerima beberapa kekurangan dari sistem opeasi ini, diantaranya tidak open surce, berbayar dan mahal, mudah diretas, da rentan akan serangan virus.

  1. Sistem Operasi Linux

Foto: Instagram/linux,teach

Linux juga cukup sering digunakan oleh pengguna komputer, walau jumlahnya tidak sebanyak sistem operasi Windows.

Pengguna OS Linux mayoritas juga paham akan teknologi, sehingga perkembangan Linux sangat pesat dibandingkan OS Windows atau Mac OS.

Linux memungkinkan penggunanya untuk melakukan modifikasi untuk meningkatkan kinerja sistemnya.

Kelebihan utama dari sistem operasi Linux adalah open source, gratis, perkembanga yang pesat.

Namun, sistem operasi ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang paham teknologi, sehingga tidak direkomendasikan untuk orang awam. Untuk kelemahan utamanya adalah cara instalasinya lebih susah dibanding Windows.

  1. Sistem Operasi MacOS

Foto: Twitter/bukamaccom

MacOS juga kerap kali disebut Machintosh. Sistem operasi ini hanya disediakan untuk komputer Apple. Oleh sebab itu, pengguna MacOS jauh lebih sedikit dibanding pengguna Windows dan Linux karena produk Apple yang terbilang mahal.

Kelebihan utama dari sistem operasi MacOS adalah lebih stabil, tampilan antarmuka cocok untuk kebutuhan multimedia, tidak mudah diretas, dan tidak mudah terkena virus.

Sedangkan kelemahan utamanya adalah menjalankan sistem operasinya agak lebih susah dibanding Windows dan Linux.

  1. Sistem Operasi UNIX

Foto: Twitter/pelangi_malamu

Unix juga merupakan jenis sistem operasi komputer generasi lawas yang banyak digunakan hingga menjadi cikal bakal munculnya OS masa kini. Saat ini Unix sendiri sudah mempunyai banyak versi yang bisa dipilih oleh pengguna.

Dia memiliki keunggulan dengan tidak mudah terkena virus dan gratis. Namun tampilan Unix kurang menarik dan tidak memiliki banyak pilihan driver.

Itulah pengertian, fungsi, jenis-jenis, dan bagian dari sistem operasi. Semoga membantu!