Penjelasan Mengenai Buku Pengayaan

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 06:30:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Penjelasan Mengenai Buku Pengayaan

Foto: website/penerbitdeepublish

Metode dan bahan ajar dapat menggunakan banyak media. Salah satunya adalah buku pengayaan. Istilah dari buku pengayaan rasanya tidak asing. Buku pengayaan dapat diartikan dengan buku pegangan dalam mengajar bagi pengajar dan guru sehingga mereka memerlukan  hal tersebut.

Buku pengayaan bertujuan untuk mengoptimalkan kegiatan mengajar dengan materi pembelajaran  jam belajar yang efektif. Tidak hanya itu, buku pegangan memudahkan untuk memulai bahan ajar dan cara untuk menyampaikannya.

Foto: website/pixabay

 

Secara umum, buku pengayaan dan buku wajib merupakan dua hal yang saling melengkapi. Salah satu bentuk lain dari media pembelajaran adalah buku teks. Buku teks merupakan bahan dan sumber belajar yang mudah untuk ditemukan dan digunakan. 

Kemudahan dari buku teks adalah tenaga pengajar hanya perlu membaca yang tercantum atau tertulis di dalamnya. Jika diaplikasikan saat mengajar, materi lebih mudah disampaikan. Isi buku teks mudah dipahami karena tanpa membutuhkan keterampilan khusus. 

Membaca menjadi sesuatu hal yang penting sehingga kita bisa mengetahui materi yang dijelaskan. Buku teks biasanya disusun dari kurikulum pendidikan yang ditetapkan oleh pemerintah. Selain  itu,  Buku teks berisi latihan soal yang kemudian diterapkan di dalam kelas. 

Dalam buku teks bukan hanya berisi penjelasan materi secara teori, didalamnya terdapat latihan soal. Tujuan dari latihan soal adalah mengetahui kompetensi mana yang sudah dikuasai oleh para siswa. Selain itu, Isi dari buku teks lebih dominan ke materi pokok dalam mengasah kemampuan berpikir.

Foto: website/duniadosen

 

Buku pengayaan merupakan  wawasan ilmu yang  bermanfaat dalam menambah ilmu pengetahuan dan wawasan dari pengajar. Buku pengayaan menggunakan bahasa yang sederhana sehingga  mudah dipahami oleh kalangan pengajar. dan menerapkan isinya saat kegiatan pembelajaran.


Kategori buku pengayaan dibedakan menjadi dua hal yaitu materi dan penyajian.

1. Materi

Buku pengayaan terdiri dari  materi dan aspek ini terbagi menjadi tiga jenis buku pengayaan.

a. Buku Pengayaan Pengetahuan 

Buku yang berisi materi dari sebuah mata pelajaran sehingga mudah memperdalam dan menngembangkan kekayaan ilmu saat pengajar membacanya. Buku pengayaan pengetahuan berisi ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan ilmu lain yang menambah wawasan akademik. 

b. Buku Pengayaan Keterampilan 

Buku pengayaan terdiri dari materi mengenai keterampilan sehingga pengajar dapat mendapatkan tambahan keterampilan dalam membuat karya. 

c. Buku Pengayaan Kepribadian 

Buku pengayaan yang sifatnya lebih banyak bercerita. Hal ini dikarenakan lebih banyak menceritakan mengenai materi dalam memperkaya kepribadian atau pengalaman batin dari pembacanya. 

Foto: website/duniadosen

2. Penyajian 

Apabila dikategorikan dari segi penyajian, maka buku pengayaan digolongkan menjadi dua hal.:

a. Ilmiah (Non Fiksi)

Seperti yang kita ketahui jika pengayaan ilmiah berisi tentang materi secara ilmiah. Di dalamnya  tidak ada unsur pengembangan dan karangan. Contoh dari buku pengayaan jenis ini adalah  budidaya, bercocok tanam, dan sebagainya. 

b. Non Ilmiah (Fiksi)

Buku pengayaan non ilmiah merupakan jenis buku dengan penyajiannya yang disesuaikan dengan struktur ilmiah sehingga berfokus dengan aturan dan standar tertentu.