Catat! 5 Upaya untuk Jaga Kesehatan Sistem Gerak

Jumat, 25 Juni 2021 | 16:17:01

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Catat! 5 Upaya Untuk Jaga Kesehatan Sistem Gerak

Foto: Ladiestory.id

Sistem gerak adalah satu kesatuan organ yang bekerja sama memberi dukungan fisik pada makhluk hidup agar dapat melakukan suatu gerakan. Pada manusia, sistem gerak terdiri dari tulang, sendi, dan otot.

Tulang adalah jaringan tubuh kaku yang tersusun atas unsur kalsium dan direkatkan oleh kolagen.

Tulang atau rangka dalam sistem gerak memerlukan otot agar mampu bergerak. Selain itu, tulang juga memiliki fungsi lain, seperti menopang tubuh dan melindungi organ-organ vital dalam tubuh.

Sendi juga disebut sebagai penghubung antar tulang. Sedangkan, otot berfungsi untuk membantu menggerakkan tulang.

Sistem gerak pada manusia ini perlu dijaga agar dapat berfungsi dengan baik. Jika tidak dijaga, fungsi sistem gerak tersebut dapat mengalami penurunan yang akan berakibat pada kesehatan.

Nah, berikut ini 5 upaya untuk jaga kesehatan sistem gerak.

1. Tingkatkan konsumsi kalsium

Foto: Ladiestory.id

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan kandungan kalsium dalam makanan. Kalsium bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Beberapa makanan yang mengandung tinggi kalsium, antara lain susu, kangkung, kedelai dan olahannya, ikan salmon, brokoli, dan kacang almond.

2. Berjemur di bawah sinar matahari pagi

Foto: Ladiestory.id

Sinar matahari juga memiliki manfaat bagi tubuh, khususnya sinar matahari pagi.

Berjemur di bawah sinar matahari pagi dapat membantu proses pembentukan vitamin D yang bagus untuk kesehatan tulang. Selain itu, vitamin D juga bermanfaat untuk membantu penyerapan kalsium.

3. Perhatikan asupan vitamin D

Foto: Ladiestory.id

Selain didapatkan dari berjemur, vitamin D juga dapat diperoleh dari asupan makanan. Beberapa makanan yang mengandung vitamin D antara lain, telur, kedelai, ikan, dan udang.

4. Aktif bergerak dengan porsi yang tepat

Foto: Ladiestory.id

Rutin melakukan aktivitas fisik yang cukup dapat membantu menjaga sistem gerak.

Aktif bergerak membantu untuk memperkuat tulang dan memperlambat proses kerapuhan tulang. Beragam aktivitas yang dapat dilakukan antara lain, jalan kaki, bersepeda, naik turun tangga, dsb.

5. Hindari kebiasaan postur duduk yang salah

Foto: Ladiestory.id

Menjaga postur tubuh yang baik menjadi salah satu upaya untuk menjaga kesehatan sistem gerak. Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan kinerja sistem gerak terganggu.

Salah satu cara memperbaikinya ialah dengan menerapkan cara duduk yang benardengan duduk secara tegak.

Gangguan dan Kelainan Pada Sistem Gerak Manusia

Sistem gerak manusia juga dapat mengalami gangguan dan kelainan. Untuk itu, upaya untuk jaga kesehatan sitem gerak penting untuk dilakukan. Berikut ini bebrapa gangguan dan kelainan sistem gerak manusia:

  • Riketsia

Riketsia merupakan gangguan yang disebabkan karena kekurangan vitamin D, akibatnya tulang kaki dapat tumbuh bengkok.

  • Osteoporosis

Osteroporosis terjadi karena kurangnya kalsium, sehingga  tulang menjadi rapuh dan mudah patah.

  • Artritis

Artritis merupakan gangguan pada sendi akibat gangguan metabolisme asam urat. Akibatnya asam urat menumpuk pada sendi dan mengakibatkan sendi sulit digerakkan.

  •  Fraktura 

Walaupun tulang memiliki struktur yang kuat dan lentur, tulang dapat mengalami patah tulang atau fraktura. Salah satu penyebabnya ialah benturan keras saat kecelakaan, terjatuh, dsb.

  • Kifosis

Kebiasaan postur duduk yang salah dapat menyebabkan kifosis. Kifosis sendiri merupakan kelainan tulang belakang yang terlalu melengkung ke belakang. Selain postur duduk yang buruk, penyakit seperti TBC juga dapat menyebabkan kelainan ini.

  • Lordosis

Berbeda dengan kifosis, lordosis merupakan kelainan tulang belakang yang melengkung ke depan. Postur duduk yang buruk menjadi salah satu penyebab kelainan ini. Kelainan ini juga dapat disebabkan karena perut terlalu besar (hamil atau kegemukan) dan riketsia.

  • Skoliosis

Kelainan tulang yang satu ini mengakibatkan tulang belakang melengkung ke arah samping. Penyebab kelainan ini ialah  kebiasaan postur duduk yang salah.

Demikian ulasan tentang 5 upaya untuk jaga kesehatan sistem gerak. Semoga bermanfaat.