Penyebab dari Kulit Tangan Kering Hingga Mengelupas

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Penyebab Dari Kulit Tangan Kering Hingga Mengelupas

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Ketika mengalami kulit tangan yang mengelupas memang cukup normal terjadi. Kulit mengelupas bisa terjadi di bagian tubuh, termasuk bagian ujung jari.

Biasanya, penyebab dari kulit tangan mengelupas disebabkan oleh kekeringan atau tidak cocok memakai produk seperti sabun, lotion, atau hand sanitizerBukan hanya itu, ada penyebab lain dari kulit mengelupas karena alergi dan beberapa penyakit:

Kandungan Bahan Kimia Dari Produk Tertentu

Penyebab kulit tangan mengelupas
Foto: Okezone

Penyebab yang paling sering dialami adalah terkena bahan kimia terlalu keras.Biasanya kandungan ini didapatkan pada beberapa bahan kimia yang terdapat pada pelembab, sabun, dan pembersih rambut sehingga menyebabkan iritasi kulit dan ujung jari mengelupas..

Contoh bahan kimia yang menyebabkan iritasi diantaranya adalah salep antibakteri, formaldehid, dan isothiazolinones cocamidopropyl betaine. Faktanya memang tidak semua tubuh atau kulit bereaksi terhadap bahan kimia.

Pada umumnya, dokter memberikan tes sampel untuk menentukan reaksi tubuh pada zat tertentu. Ketika kebingungan, maka mereka akan mengecek bahan kimia pada produk yang dipakai, kita bisa memilih produk perawatan kulit dengan bahan dasar alami yang baik untuk kulit sensitif.

Dampak Buruk dari Sinar Matahari

Paparan dari sinar matahari memberikan efek pada kulit. Dampak terlalu lama terkena sinar matahari menyebabkan kulit terbakar sehingga lebih sensitif ketika disentuh.

Apabila kulit mulai terbakar membuat kulit menjadi merah dan mengelupas. Bahayanya, kulit terbakar sinar matahari biasanya membutuhkan waktu untuk sembuh. Selain itu, kita bisa menggunakan obat pereda nyeri atau mengompres area yang terluka dengan air dingin.

Efek Mencuci Tangan Secara Berlebihan

Mencuci tangan berlebihan
Foto: Ladiestory.id

Saat ini, mencuci tangan sudah menjadi kebiasaan yang wajib dilakukan. Namun, terkadang ketika mencuci tangan dengan sabun secara berlebihan sehingga membuat kulit tangan mengelupas di bagian ujung jari.

Alasannya adalah ketika sering mencuci tangan dengan sabun mampu  menghilangkan minyak menjadi pelindung kulit. Saat minyak hilang, kulit tidak bisa menjaga kelembabannya sehingga cepat kering. Selain itu, Sabun dapat menyerap ke lapisan kulit yang lebih sensitif sehingga menyebabkan iritasi dan mengelupas.

Saat mengalami hal itu kita bisa mencuci tangan seperlunya menggunakan produk yang sesuai dengan kulit. Bukan hanya itu, lebih baik jika produk memiliki kandungan untuk melembabkan kulit agar kulit tidak mudah pecah-pecah.

Keadaan dengan kulit yang Kering

Mangatasi kulit tangan mengelupas
Foto: Ladiestory.id

Kulit kering menyebabkan tangan mengelupas yang dipengaruhi oleh kurangnya kelembaban. Keadaan ini biasanya terjadi saat cuaca dingin. Biasanya kulit tangan rentan kering jika sering mandi dengan menggunakan air hangat atau berlama-lama di ruangan ber-AC.

Bukan hanya itu, kulit bisa kering dikarenakan kandungan sabun atau peralatan mandi yang tidak cocok dengan kulit. Sedangkan, ada beberapa gejala ketika mengalamikulit kering seperti gatal, kulit pecah-pecah, kulit memerah, dan kulit  kebas atau mati rasa.