Penyebab Rambut Kusut dan Cara Mengatasinya

Minggu, 2 Januari 2022 | 07:00:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Penyebab Rambut Kusut Dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi perempuan merapikan rambut. (Special)

Ladiestory.id - Rambut adalah mahkota perempuan sehingga penting untuk selalu menjaga dan merawatnya agar tetap  tampak indah. Tapi sayangnya, beberapa faktor bisa menyebabkan rambut kusut. Nah, untuk mengatasinya, Kamu bisa baca tipsnya di bawah ini.

Penyebab Rambut Kusut

Sebelum Kamu mengetahui cara mengatasi rambut kusut, ada baiknya Kamu ketahui dulu hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan rambut kusut.

1. Penanganan Yang Kasar

Menyisir rambut dalam keadaan basah ataupun kering secara agresif, serta menarik rambut ke belakang dengan terlalu kencang dapat menyebabkan helai rambut yang patah jadi kaku, dan akhirnya rambut pun akan kusut.

2. Terlalu Dekat Menggunakan Alat Penata Rambut dengan Suhu Tinggi

Menggunakan  alat penata rambut seperti pengering rambut ataupun pelurus rambut terlalu dekat ke rambut dan dengan suhu yang tinggi secara terus menerus akan membuat rambutmu. Hal ini akan membuat rambut Kamu lebih lemah dan lebih rentan patah.

3. Kelembaban yang Tinggi

Cuaca juga berperan besar dalam kondisi rambutmu. Cuaca atau dingin yang membuat kelembaban tinggi akan menyebabkan rambut kusut. Begitu pula dengan  paparan angin dan sinar matahari bisa juga  merusak rambut.

4. Produk Perawatan Rambut

Perawatan kimiawi, seperti bleaching, pewarnaan, pengeritingan, dan pelurusan memiliki efek dramatis pada kualitas protein rambut, yang menyebabkan rambut patah dan kusut. Karena itu, Anda yang senang bereksperimen dengan berbagai tata rambut harus mengimbanginya dengan memilih produk shampoo dan conditioner yang tepat. 

Cara Mengatasi Rambut Kusut

Untuk mengatasi rambut kusut, kamu bisa melakukan cara-cara berikut :

1. Memilih Shampo yang Tepat

Ilustrasi perempuan keramas. (Special)

Untuk mengatasi rambut kusut, salah satunya kamu bisa gunakan shampo yang mengandung moisturizing atau hydrating yang bisa melembabkan, sehingga menjadikan rambut menjadi halus dan mudah diatur. 

2. Menggunakan Kondisioner Setiap Sehabis Keramas

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan kondisioner yang dapat memberikan kelembaban dan membuat rambut lebih halus. Gunakan selalu kondisioner setiap sehabis keramas.

3. Memotong Ujung Rambut Secara Berkala

Potonglah ujung rambut yang bercabang beberapa senti secara berkala, biasanya ujung rambut bercabang ini juga jadi pemicu rambut tampak kusut. 

4. Mengepang Rambut Sebelum Tidur

Mengepang rambut sebelum tidur bisa jadi salah satu cara untuk mencegah rambut kusut saat terbangun di pagi hari. Selain itu, mengepang rambut semalaman juga bisa memberi efek keriting yang natural lho ladies.

5. Jangan Gunakan Bahan Penata Rambut yang Mengandung Alkohol

Alkohol biasanya terkandung dalam hairspray dan parfum rambut. Kandungan yang satu ini bisa membuat rambut menjadi kering dan mudah kusut. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari penggunaannya.

6. Gunakan Sisir yang Bergigi Jarang

Sisir bergigi jarang adalah senjata andalan yang harus dimiliki si rambut kusut. Sisir dengan model ini bisa dengan sempurna memisahkan tiap helaian rambut sehingga rambut kusut pun dapat teratasi.