Perhatikan, Cara Memakai Masker yang Baik dan Benar

Kamis, 1 Oktober 2020 | 16:45:44

LS Health

Penulis : LS Health

Perhatikan, Cara Memakai Masker Yang Baik Dan Benar

Masker sangat penting digunakan orang sakit (demam/batuk/bersin) atau mereka yang merawat orang sakit. Berikut panduan cara menggunakan masker yang tepat. Tenaga kesehatan, orang sakit dan orang yang merawat orang sakit menggunakan masker medis. Orang sehat cukup menggunakan masker kain. Namun kini semua berubah, semua orang harus memakai masker, lalu sejauh mana masker dapat memberikan perlindungan bagi kita semua? Simak terus pembahasan ladiestory.id tentang pentingnya cara memakai masker yang baik dan benar.

Bagaimana Cara Memakai Masker Yang Tepat Untuk Mencegah Penyebaran COVID-19?

Semua orang harus menggunakan masker kain jika terpaksa beraktivitas di luar rumah. Kamu bisa menggunakan masker kain tiga lapis yang dapat dicuci dan digunakan berkali-kali, agar masker bedah dan N-95 tersedia bagi petugas medis dan mereka yang sakit. Jangan lupa untuk mencuci masker kain menggunakan air sabun agar tetap bersih. Penggunaan masker yang keliru justru meningkatkan risiko penularan. Jangan sentuh atau buka-tutup masker saat digunakan. Tetap jaga jarak minimal 1 meter dengan siapapun, jangan sentuh wajah dan cuci tangan pakai sabun sesering mungkin.

Mengapa Kita Harus Memakai Masker Ketika Keluar Rumah Saat Pandemi COVID-19?

Menggunakan masker pada saat pandemi COVID-19 merupakan hal yang wajib dipakai terutama ketika bepergian keluar rumah. Masker menjadi hal yang esensial karena mampu menangkal virus ataupun bakteri yang akan masuk ke mulut ataupun hidung seseorang.

Cara Penggunaan Masker yang Benar

Masker bedah ( surgical mask )dan masker N95 dapat digunakan untuk mencegah paparan virus Corona. Namun, manfaat dari kedua masker ini hanya akan efektif jika Kamu menggunakannya dengan benar.

Berikut adalah panduan menggunakan masker yang benar:

  1. Pastikan kamu telah mencuci tangan dengan benar.
  2. Jika kamu menggunakan masker bedah, pastikan sisi luar adalah yang berwarna hijau dan sisi dalam yang berwarna putih.
  3. Pasang tali masker dengan baik. Jika tali masker perlu diikat, ikat bagian atas terlebih dahulu, kemudian bagian bawahnya.
  4. Pastikan masker menutupi hidung, mulut, dan dagu dengan sempurna. Pastikan pula bagian yang ada logamnya berada di batang hidung.
  5. Lekukkan strip logam mengikuti lekukan hidung hingga tidak ada menyisakan lubang.
  6. Hindari menyentuh bagian tengah masker saat menggunakan dan melepas masker.
  7. Buang masker ke tempat sampah dan cuci tangan Kamu hingga bersih setelah menggunakan masker.

Menggunakan masker untuk virus Corona efektif untuk mencegah penularan. Apa pun jenis maskernya. Kamu harus mengerti cara pemakaian yang tepat. Selain itu, cuci tangan juga sama pentingnya dengan memakai masker. Pastikan selalu mencuci tangan setiap usai melakukan atau menyentuh sesuatu, terutama di tempat umum.

Sumber Foto Utama: Freepik.com