Periksa Komposisi Kandungan dari Setiap Produk Serum Untuk Mengecilkan Pori - pori

Rabu, 24 Maret 2021 | 19:12:44

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

Periksa Komposisi Kandungan Dari Setiap Produk Serum Untuk  Mengecilkan Pori - Pori

Pori-pori  bisa dikatakan berukuran besar atau terbuka apabila lebih besar dari folikel rambut rata-rata. Biasanya pori-pori yang terbuka ini terdapat di area sekitar pipi dan hidung. Tentunya, masalah pori-pori besar bisa ditangani dengan produk perawatan wajah alias skincare untuk mengecilkan pori-pori.

Bagaimana si sebenarnya cara memilih serum untuk mengecilkan pori-pori yang bagus di kulit wajah kamu. Pada umumnya, serum yang difungsikan sebagai pengecil pori bekerja dengan mengontrol produksi minyak. Selain itu, formula yang terkandung ikut memengaruhi kinerjanya. Penjelasan lebih lanjut bisa kamu baca di bagian ini yah ladies!

Memilih Serum yang Bagus untuk Mengecilkan Pori-pori

Periksa Komposisi Kandungan dari Setiap Produk Serum

Sederet komponen telah teruji secara klinis mampu membantu mengecilkan pori-pori dan membuat kulit lebih kencang. Mari temukan kandungan yang sesuai untuk masalah di kulit wajah kamu akibat terbukanya pori-pori wajah!

Vitamin C: Mencegah Infeksi Bakteri yang Memicu Pembentukan Jerawat

Pembentukan jerawat dapat difaktori oleh infeksi ringan oleh bakteri penyebab jerawat yang berkoloni di lubang pori-pori. Saat bercampur dengan kotoran dan minyak alami yang menggumpal, bakteri Propionibacterium acnes pun bekerja semakin aktif. Untuk menghentikannya, kamu bisa memilih serum yang mengandung vitamin C. Selain mencegah terbentuknya infeksi jerawat baru oleh bakteri, vitamin C juga dapat mendorong produksi kolagen sebagai pendukung proses regenerasi.

Salicylic Acid: Membersikan Pori-pori Tersumbat dan Mengendalikan Minyak

Bermacam jenis produk skincare diperkaya oleh kandungan salicylic acid. Serum dengan kandungan asam salisilat dapat kamu pilih untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah yang besar. Formula salicylic acid akan mempermudah keluarnya sebum dan kotoran yang tersumbat di jaringan kulit. Senyawa yang tergolong sebagai salah satu jenis beta hydroxy acid (BHA) ini sering direkomendasikan oleh dermatolog untuk membantu mengatasi jerawat

Niacinamide: Meningkatkan Elastisitas Kulit yang Mendukung Pengecilan Pori

Niacinamide atau vitamin B3 kerap dijumpai pada krim, serum, atau produk lain. Kandungan ini terbukti mampu mengatasi kulit yang mengalami masalah pembesaran pori, warna kulit tidak rata, atau memiliki garis-garis halus. Niacinamide juga membantu menekan dampak buruk radikal bebas yang menimbulkan age spot.

Zinc: Mengurangi Kinerja Aktif dari Kelenjar Sebaceous dalam Produksi Minyak

Beberapa serum diketahui efektif mengecilkan pori karena mengandung zinc di dalamnya. Zinc merupakan salah satu mineral yang biasa dipakai dalam perawatan jerawat (acne treatment). Berdasarkan riset dan praktik yang dilakukan pakar dermatologi, zinc memiliki properti antioksidan yang baik untuk mengurangi peradangan akibat tumpukan sel mati, kotoran, minyak, dan bakteri.

Pilih Serum yang Bersifat “Non-Comedogenic” atau “Non-Acnegenic”

Pori-pori terbuka sangat rentan terhadap masalah komedo dan jerawat. Terbentuknya lapisan minyak dan terjadinya akumulasi kotoran serta sebum pada pori mempermudah akses masuknya bakteri. Untuk men-treatment  kondisi ini, umumnya produk dirancang dengan komponen yang tidak menyumbat pori atau bersifat non-comedogenic dan non-acnegenic.

Pilih Produk yang Berformulakan Bebas Minyak (Oil-Free)

Penyebab utama mengapa pori-pori terbuka adalah produksi minyak berlebih yang berujung pada “pemaksaan” keluarnya kelebihan minyak tersebut. Jalan keluar minyak tersebut tak lain adalah pori-pori wajah. Supaya tidak memperburuk keadaan, lakukanlah perawatan dengan serum yang berbasiskan non-minyak. Serum bersifat oil-free dapat kamu pilih. Meski tercantum bebas minyak, tidak menutup kemungkinan adanya komposisi minyak di dalam formulanya.

Terbukanya pori-pori memudahkan kotoran, debu polusi, sisa makeup, hingga minyak terkumpul. Jika dibiarkan, bakteri pun hadir melakukan perannya membentuk komedo dan jerawat. Rutin memakai serum untuk mengecilkan pori-pori akan mendukung proses treatment pori-pori yang terbuka tadi, sehingga wajah bebas dari bakteri, tampilan wajah kamu pun semakin gorgeous!

Sumber Foto Utama: istockphoto.com