Peringati Hari Kartini, TikTok Ungkap Peran Penting Komunitas Perempuan

Jumat, 22 April 2022 | 14:12:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Peringati Hari Kartini, Tiktok Ungkap Peran Penting Komunitas Perempuan

TikTok Indonesia Rayakan Hari Kartini dan Hari Kreativitas Sedunia. (Special)

Ladiestory.id - Dalam rangka Hari Kartini dan Hari Kreativitas Sedunia, TikTok,  platform video singkat, merayakan dengan cara berbagi pandangan kepada brand agar menemukan cara baru untuk menjangkau audiens perempuan.  

Dengan berbagi cerita tentang dirinya secara jujur dan autentik, perempuan pun membangun komunitas di TikTok yang mendorong engagement bersama pengguna lainnya, termasuk dengan brand

"Perempuan di TikTok ingin brand memiliki pesan yang autentik dan relevan dengan tantangan yang mereka alami, termasuk topik yang dialami sehari-hari," ujar Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing TikTok Indonesia.   

Pendekatan ini dilakukan oleh ASTRO, platform online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan diantar dalam waktu 15 menit. Brand ini memanfaatkan topik ringan agar bisa mewakili tantangan yang dirasakan pengguna TikTok dalam kesehariannya. 

Jessica Stephanie Jap, Co-Founder dan COO ASTRO Indonesia, mengungkap hal ini saat jumpa pers secara virtual, Jumat (22/4/2022).

"Sebagai seorang perempuan, saya juga mengalami tantangan yang dihadapi oleh kebanyakan perempuan di Indonesia, yaitu tetap produktif dalam menyediakan kebutuhan sehari-hari di rumah di tengah kesibukan lainnya," katanya.

Dengan mengangkat topik yang bisa memberikan solusi atas tantangan para pengguna perempuan dalam berbelanja kebutuhan groceries, kampanye pemasaran yang dilakukan ASTRO pun berhasil menarik perhatian banyak pengguna TikTok. 

Berbagai tools yang ada di TikTok dimanfaatkan oleh brand untuk hasilkan konten pemasaran yang kreatif dan interaktif. Dengan adanya interaksi antara brand dan pengguna perempuan, mereka pun akan merasa menjadi bagian dari pesan suatu brand dan tercipta brand love.  

Azarine, brand kosmetik lokal, menggunakan pendekatan interaktif ini untuk menciptakan engagement yang lebih tinggi dengan komunitas perempuan di TikTok.

"Setiap rekomendasi dan tips yang dibagikan oleh pengguna TikTok sifatnya orisinal, unik, dan berasal dari review serta pengalaman yang jujur," ungkap Marcella Vanessa, Chief Marketing Officer Azarine Cosmetics. 

Lebih lanjut, Marcella mengatakan keterlibatan kreativitas komunitas perempuan TikTok berperan penting dalam membentuk brand love, yang akhirnya mendorong penjualan.

s