Perlu Dicoba, 6 Cara Mengatasi Nyeri di Perut Saat PMS Agar Kamu Nyaman Beraktivitas

Senin, 11 November 2019 | 13:51:12

LS Health

Penulis : LS Health

Perlu Dicoba, 6 Cara Mengatasi Nyeri Di Perut Saat Pms Agar Kamu Nyaman Beraktivitas

Premenstrual Syndrome yang merupakan kepanjangan dari PMS adalah sekumpulan kondisi fisik, psikologis, dan emosi yang dialami perempuan ketika akan menjelang masa haid. Namun, beberapa perempuan ada juga lho, yang mengalami PMS hingga masa haidnya berakhir, meskipun kebanyakan perempuan memang merasakannya ketika di awal periode saja. Biasanya, gejala PMS disebabkan oleh kadar hormon di dalam tubuh. Namun, belum ada penyebab pasti yang bisa dinyatakan dokter, terkait munculnya gejala PMS seperti, jerawat, rentan stres, emosional, nyeri di punggung, nyeri di payudara, perubahan mood yang terlalu mudah, serta nyeri di perut. Dari sekian banyak gejala PMS yang terjadi pada perempuan, yang paling sering dialami perempuan selain berjerawat adalah nyeri di perut lho, Ladies. Lantas, bagaimana ya, cara menghilangkannya? Berikut ini 6 cara mengatasi nyeri di perut saat PMS!

1. Minum obat anti-inflamasi atau anti-nyeri seperti ibuprofen

Minum ibuprofen

Salah satu cara paling ampuh mengatasi nyeri di perut saat PMS adalah dengan minum obat anti-nyeri seperti ibuprofen. Obat ini mudah didapatkan karena sudah diperjualbelikan di berbagai drugstore yang bisa kamu temui di mall terdekat. Jika jadwal menstruasimu teratur, tentu kamu bisa memprediksi kapan waktu haidmu datang. Nah, kamu bisa meminum obat anti-nyeri ini pada 1-2 hari sebelum periode menstruasimu datang sebagai pencegah rasa sakit. Tapi, jika waktu haidmu tidak teratur, kamu bisa meminumnya saat perutmu terasa nyeri. Biasanya, setelah meminumnya, rasa nyeri pada perut akan perlahan menghilang, Ladies.

2. Kompres perut dengan menggunakan kompres panas atau botol yang diisi air hangat

Gunakan kompres panas di perut

Ternyata, menurut situs healthline.com, kompres air hangat berfungsi untuk meningkatkan aliran darah ke bagian tubuh yang sakit, lho. Tentunya, peningkatan aliran darah ini bisa meredakan dan mempercepat proses penyembuhan rasa nyeri pada bagian tubuh yang sakit. Jika kamu tidak memiliki alat kompres panas, kamu bisa menggunakan botol yang diisi air hangat dan menaruhnya di bagian bawah pusarmu sembari menekannya secara ringan. Selain botol yang diisi air hangat, kamu bisa menggunakan kain yang dijahit berbentuk kantong, lalu masukkan nasi ke dalamnya dan masukan kantong tersebut ke dalam microwave. Panaskan selama beberapa menit saja dan jangan sampai menjadi terlalu panas. Bisa dicoba nih, Ladies!

3. Menekuk lutut atau mengangkat kaki ke atas dengan posisi badan telentang

Mengangkat kaki ke atas

Cara mengatasi nyeri di perut saat PMS berikutnya adalah dengan menekuk lutut atau mengangkat kakimu ke atas ketika kamu berada dalam posisi tidur telentang. Carilah tempat ternyaman untuk melakukan hal ini ya, Ladies. Kamu bisa menggunakan bantuan stopwatch atau alarm ponsel untuk menghitung dan membatasi waktu sampai kapan kamu perlu melakukannya. Turunkan kakimu jika kamu sudah merasa pegal. Hindari pula untuk memaksakan mengangkat kaki terlalu lama.

4. Konsumsi makanan yang mengandung kalsium

Konsumsi makanan berkalsium

Kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium seperti, almond, ayam, ikan, sayuran hijau, makanan berbahan dasar susu, biji wijen, juga nasi merah, untuk mengatasi nyeri di perut saat PMS melanda. Sebab, kalsium berfungsi untuk mengurangi kram otot ketika datang bulan, lho. Meskipun kalsium juga terdapat dalam beberapa suplemen yang mudah kamu temui di drugstore, akan lebih baik jika kamu mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium di dalamnya yang masih segar dan bukan merupakan olahan.

5. Berolahraga

Berolahraga jalan

Ada juga cara lain mengatasi nyeri di perut saat PMS secara mudah, yaitu dengan berolahraga ringan. Kamu bisa melakukan jalan santai, berjalan cepat, atau yoga dan meditasi. Ada baiknya kamu mulai rutin berolahraga sebelum periode haidmu datang sebagai pencegahan nyeri yang bisa saja terjadi. Sebab, ternyata dengan berolahraga tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang berfungsi sebagai painkiller serta peningkat mood yang alami. Selain itu, berolahraga juga dapat melancarkan peredaran darah ke organ reproduktif, relaksasi, dan Pereda stres.

 6. Sebaiknya, hindari konsumsi kafein, daging merah, gorengan, dan makanan kaleng

Hindari konsumsi kafein

Menurut Elizabeth Bertone-Johnson, ScD, associate professor epidemiologi di University of Massachusetts, jika kita mulai mengurangi konsumsi kafein, rasa nyeri pada payudara dan perut kembung akan berkurang sendirinya. Maka, ada baiknya kalau kamu mulai menghindari konsumsi kafein, daging merah, makanan yang digoreng, serta makanan kaleng ketika periode haidmu akan segera datang.

Itulah 6 cara mengatasi nyeri di perut saat PMS. Jadi, yang mana dulu nih, yang akan kamu coba untuk menghilangkan rasa sakit di perutmu, Ladies?

Source foto: Freepik.com