Perlu Diperhatikan, Ini 5 Cara Untuk Kurangi Gula

Jumat, 19 Januari 2024 | 18:40:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Perlu Diperhatikan, Ini 5 Cara Untuk Kurangi Gula

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Merupakan suatu hal yang normal apabila seseorang ingin untuk mengonsumsi makanan atau minuman manis. Namun, terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis memiliki efek yang tidak baik bagi tubuh.

Gula memiliki peran utama dalam masalah kesehatan seperti diabetes dan obesitas. Sebelum terlambat, mulailah untuk kurangi kandungan gula untuk meminimalkan risiko penyakit tersebut di masa mendatang.

Dengan perubahan kecil dalam pola makan sehari-hari, bisa membantu membiasakan konsumsi makanan atau minuman rendah gula yang lebih sehat dan lebih baik untuk tubuh.

Berikut 5 cara untuk mengurangi gula dalam makanan.

Beralih ke Minuman Rendah Gula

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Kandungan gula yang diterima tubuh pada umumnya datang dari minuman manis seperti soda, minuman berenergi, serta kopi dan teh yang menggunakan tambahan pemanis. Berusahalah untuk mulai lebih banyak mengonsumsi air mineral, teh herbal, atau air mineral dengan perasan lemon untuk meminimalkan konsumsi gula cair.

Selain itu, mengurangi konsumsi gula juga bisa dilakukan dengan memiliki minuman rendah kalori yang tidak mengandung gula tambahan.

Kurangi Makanan Manis

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Kurangilah untuk mengonsumsi makanan manis seperti permen, kue, dan es krim. Mulai cobalah untuk menggantinya dengan camilan sehat seperti buah-buahan segar, atau yoghurt rendah gula.

Masak Sendiri di Rumah

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Makanan siap saji sering kali memiliki jumlah gula yang tidak terkontrol. Untuk meminimalkan hal tersebut, biasakanlah untuk memasak sendiri di rumah. Dengan memasak sendiri di rumah, maka seseorang bisa mengendalikan sendiri bahan dan porsi makanan, termasuk mengurangi penggunaan gula.

Pilih Pemanis Alami

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Saat ingin membuat makanan atau minuman manis, pilihlah pemanis alami seperti madu atau sirup maple daripada menggunakan gula. Selain menambah rasa manis, pemanis alami ini juga menghadirkan cita rasa unik pada makanan dan minuman yang dibuat.

Kurangi Makanan Olahan

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Makanan olahan dan kemasan pada umumnya mengandung gula tersembunyi. Periksalah dengan teliti tabel kandungan atau komposisi, dan perhatikan istilah-istilah seperti sukrosa, glukosa, dan fruktosa.