Gunakan Bahan Sederhana, Ini Penyebab dan Cara Pengobatan Jerawat Kistik

Sabtu, 5 Februari 2022 | 23:00:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Gunakan Bahan Sederhana, Ini Penyebab Dan Cara Pengobatan Jerawat Kistik

Foto: IDNTimes

Ladiestory.id - Jerawat adalah penyumbatan pori-pori pada kulit. Jika dibiarkan, jerawat akan semakin parah. Apalagi jika sering dipegang atau digaruk, maka akan menyebar kebagian kulit lainnya. Jerawat akan menjadi banyak dan hal itu biasa disebut dengan jerawat kistik.

Jerawat kistik adalah jenis jerawat dimana segala masalah seperti minyak dan bakteri tersumbat di pori-pori kulit. Karena terletak jauh dibawah kulit, kista akan terbentuk dan memperparah keadaan.

Meski dapat membaik dengan seiring berjalannya waktu, bekas berupa benjolan tetap akan berada di kulit. Rasa sakit juga akan terasa jika dipegang dan hanya bisa hilang jika ditangani dengan benar. Namun jangan khawatir karena untuk mengobati jerawat kistik, Kamu bisa gunakan bahan sederhana berikut ini.

Penyebab Jerawat Kistik

Sebelum mengetahui bahan sederhana untuk mengobati jerawat kistik, perlu diketahui penyebab jerawat kistik yaitu ketika di dalam pori-pori terdapat  kotoran, minyak dan sel-sel kulit mati. Bercampurnya tiga masalah tersebut menimbulkan benjolan merah berisi nanah pada kulit.

Alasan lain timbulnya jerawat kistik juga bisa karena:

1. Hormon yang berubah-ubah.

2. Jerawat yang dipegang dengan tangan kotor.

3. Produksi keringat yang banyak.

4. Stres.

5. Konsumsi makanan berminyak dan gula.

Tanda-Tanda Jerawat Kistik

1. Benjolan merah pada kulit.

2. Benjolan berukuran besar.

3. Jerawat membengkak.

4. Terdapat rona merah pada jerawat.

5. Sakit ketika disentuh.

Pengobatan Sederhana untuk Mengatasi dan Mengobati Jerawat Kistik

Berikut ini beberapa pengobatan rumahan untuk mengatasi dan mengobatijerawat kistik:

1. Es

Ilustrasi es batu. (Special)

Dengan mengoleskan es pada kulit membantu menenangkan kulit dan mengurangi pembengkakan dan bahkan kemerahan sehingga bisa meredakan rasa sakit akibat jerawat kistik. Kamu hanya membutuhkan 1-2 kotak es batu dan juga waslap. Untuk cara ini lakukan sebanyak 3-4 kali dalam seminggu, supaya hasilnya maksimal. Oh ya saat mengoleskan es, kamu perlu membungkus es dengan waslap bersih ya.

2. Kunyit

Ilustrasi kunyit. (Special)

Kunyit adalah obat alami yang ampuh untuk kulit yang terinfeksi. Kandungan yang dimiliki kunyit sifatnya antioksidan dan anti-inflamasi yang berarti dapat melindungi dan menenangkan kulit untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Selain itu, sifat antibakteri dan antiseptik yang dimilikinya dapat membantu menjaga kulit tetap bersih dan cepat sembuh dari berbagai infrksi. Kali ini kamu hanya membutuhkan 1 sdm bubuk kunyit dan air secukupnya. Oleskan kunyit di wajah kemudian diamkan selama 30 menit, setelah itu bilas sampai bersih. Ulangi pengobatan ini 1-2 kali seminggu untuk hasil yang diinginkan.

3. Minyak Pohon Teh (tea tree)

Ilustrasi minuman teh. (Special)

Minyak pohon teh dikenal karena sifat antibakterinya yang kuat. Itu artinya pohon teh memiliki kemampuan untuk melawan bakteri berbahaya penyebab jerawat dan membersihkan kulit. Sifat anti-inflamasi minyak pohon teh menjaga rasa sakit dan peradangan yang disebabkan oleh jerawat kistik. Kamu hanya membutuhkan 2 tetes minyak pohon teh, 12 tetes minyak pilihan

Kamu sendiri (minyak kelapa / minyak almond / minyak jojoba / minyak zaitun), dan bantalan kapas. Kamu bisa oleskan ramuan minyak pohon teh pada area yang terkena menggunakan kapas. Biarkan mengering lalu lanjutkan dengan pelembab. Lakukan secara rutin setiap hari sebagai alternatif untuk hasil terbaik.

4. Cuka

Ilustrasi cuka putih. (Special)

Cuka adalah bahan asam yang digunakan oleh banyak orang untuk mendapatkan kulit yang bersih. Ia memiliki sifat antibakteri yang mencegah bakteri berbahaya dan bisa membuat kulit segar dan sehat.

Cuka juga dapat membantu mengontrol produksi minyak di kulit untuk mencegah pori-pori tersumbat dan pada gilirannya jerawat. Kamu hanya membutuhkan 1 sdm cuka putih dan sebaskom air. Bersihkan muka dengan cuka encer dua kali sehari (di pagi hari dan di malam hari). Ulangi pengobatan ini setiap hari selama beberapa hari sampai kamu melihat peningkatan.

5. Aspirin

Ilustrasi obat-obatan. (Special)

Aspirin memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu meringankan rasa sakit dan peradangan yang disebabkan oleh jerawat kistik. Kamu nanya membutuhkan 1 tablet aspirin dan 1 sdt air. Kamu larutkan tablet kedalam air, kemudian oleskan oada area yang terinfeksi. Biarkan selama 10-15 menit lalu bersih nanti. Ulangi pengobatan ini 1-2 kali seminggu untuk hasil yang diinginkan.