Perlu Teliti, Pastikan 5 Ciri-Ciri Emas Asli Ini Benar Sebelum Membeli

Rabu, 1 September 2021 | 03:12:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Perlu Teliti, Pastikan 5 Ciri-Ciri Emas Asli Ini Benar Sebelum Membeli

Foto: Ladiestory.id

Emas merupakan logam yang nilainya sangat tinggi. Tidak heran emas pun banyak dibuat instrumen investasi oleh sebagian emas. Hal ini disebabkan salah satu karakteristik emas yaitu nilainya yang selalu naik dari tahun ke tahun.

Harga emas juga cenderung stabil sehingga tidak mengakibatkan kerugian yang terlalu banyak untuk orang yang menyimpannya dalam berinvestasi. Meski begitu, kasus penipuan dan pemalsuan emas juga sering ditemui.

Ciri-Ciri Emas Asli

Itulah mengapa sangat penting guna mengetahui ciri-ciri emas yang asli, sehingga kamu tidak menjadi korban penipuan oknum yang tidak bertanggung jawab. Baik dari cincin, kalung sampai gelang. Sayang sekali, orang-orang awam yang tak tahu menahu mengenai emas, kemungkinan besar tak akan tahu mana emas asli, dan mana emas palsu.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2000, harga emas berada di level Rp 71.875 per gram. Lalu naik menjadi Rp206.667 di tahun 2007. Sedangkan di tahun 2010, harganya sudah mencapai Rp360.000 per gram. Di tahun 2014, pada tahun politik mencapai Rp478.402 per gram.

Di tahun 2020, harga emas mencapai Rp800 ribuan per gram. Keuntungan untuk kamu yang sudah membeli emas sejak tahun 2000, luar biasa kan keuntungannya? Untuk menghindari resiko mendapatkan emas palsu, yuk ketahui ciri-ciri dari emas asli.

1. Perhatikan fisiknya

Ciri-ciri Emas Asli
Foto: Ladiestory.id

Cara membedakan emas asli dan palsu yang paling mudah yaitu dengan melihat dari ciri fisiknya. Umumnya emas murni itu memiliki cap yang menandakan kadar emas.

Nah, umumnya kadar emas mengenakan satuan fineness (1-999 atau 0.1-0.999). Yang lazim dikenal pakai satuan karat dalam angka 10K, 18K, atau 24K.

2. Emas memiliki kilau yang terang

Ciri-ciri Emas Asli
Foto: Ladiestory.id

Emas adalah logam yang memiliki kilau terang sebab warnanya yang kuning. Kilau emas tampak sangat indah dan lebih cerah daripada dengan logam lain, terlebih kuningan yang sekilas mirip dengan emas.

Berbeda dengan logam kuningan dan kilaunya yang cenderung redup dan permukaannya sedikit kusam. Kilau emas akan terpancar dengan maksimal di bawah pencahayaan yang terang.

3. Mengecek emas dengan magnet

Ciri-ciri Emas Asli
Foto: Ladiestory.id

Cara manual untuk mengetes emas itu asli atau palsu, kamu dapat mengeceknya dengan menggunakan magnet. Emas adalah logam lembut.

Jika misalnya kamu memiliki emas asli, kemudian kamu dekatkan dengan magnet, maka emas tersebut tak akan dapat tertarik oleh magnet.

Namun bila emas milikmu palsu, lalu emas tersebut kamu dekatkan ke magnet dengan kekuatan besar, pastinya emas tersebut akan tertarik. Walau cara ini tak 100 persen menjamin keaslian logam mulia emas, tapi cara ini dapat kamu coba.

4. Cek sertifikat emas

Ciri-ciri Emas Asli
Foto: Ladiestory.id

Cara termudah lainnya sebagai cara mengetahui emas asli yaitu dengan memeriksa sertifikat emas yang kamu punya.

Bisa saja emas itu dilengkapi dengan sertifikat emas Antam palsu guna menunjukkan seolah-seolah emas palsu itu asli, namun kita tidak menyadarinya.

Untuk mengetahui sertifikat emas Antam asli atau palsu, letakkan saja di bawah sinar ultraviolet. Akan terdapat garis-garis minor warna-warni seperti uang kertas dan blok berwarna hijau di setiap deskripsi detail sertifikat. Pastikan juga logo watermark perusahaan pencetak sertifikat.

5. Harganya lebih mahal dari kuningan atau logam lainnya

Ciri-ciri Emas Asli
Foto: Ladiestory.id

Emas merupakan logam yang paling berharga. Sehingga tidak heran harga emas pun jauh lebih mahal dari logam lain semacam perak, perunggu, atau kuningan. Sekarang rata-rata harga emas mencapai Rp850 ribu sampai Rp900 ribu.

Itulah beberapa ciri-ciri emas asli. Jangan sampai tertipu ketika membeli emas, ya!

 

Berita Terkait