Permainan Kartu Edukasi: Siasat Jitu Agar Belajar Lebih Menyenangkan

Kamis, 23 September 2021 | 11:09:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Permainan Kartu Edukasi: Siasat Jitu Agar Belajar Lebih Menyenangkan

Foto: fhcsl.com

Ladiestory.id - Memberi stimulasi pada anak agar dapat belajar dengan efektif memang bukanlah hal yang mudah. Terlebih lagi jika buah hati kesulitan dalam belajar hanya dengan membaca tulisan pada sebuah buku atau catatan.

Tak sedikit anak merasa cepat bosan dengan membaca buku pelajaran karena dianggap kurang menarik. Untuk menyiasati anak yang susah fokus belajar, Anda dapat mengajak buah hati untuk belajar menggunakan permainan kartu atau flashcard.

Apa Itu Flashcard?

Foto: fhcsl.com

Permainan kartu atau flashcard adalah kartu yang berisi gambar yang dilengkapi dengan tulisan. Metode belajar dengan flashcard dianggap tepat untuk memudahkan anak belajar dalam menghafal dan memahami berbagai hal, seperti tabel periodik atau mempelajari kosakata.

Flashcard pun dapat dibuat sendiri bersama buah hati dengan menyesuaikan bidang atau mata pelajaran yang ingin dipelajari.

Cara Membuat Flashcard

Foto: orami

Sebelum membuat flashcard, Anda perlu menyiapkan informasi kunci. Anda dapat membuat flashcard secara manual dengan menulis dengan tangan, menggunakan perangkat lunak atau aplikasi untuk memudahkan Anda dalam membuat flashcard.

Saat membuat flashcard, Anda dapat melibatkan buah hati agar anak dapat mempelajari dan menghafal informasi dalam permainan kartu tersebut. Biarkan anak memilih warna sendiri untuk gambar atau tulisannya. Sementara itu, Anda dapat mengarahkan isi materi yang layak dibuat pada flashcard.

Referensi Permainan Kartu Edukasi

Foto: theswaddle

Permainan kartu edukasi dapat berupa beberapa macam dan bentuk, salah satunya adalah Memory Game. Permainan ini dapat dilakukan oleh berbagai kalangan.

Tujuan dari permainan ini adalah untuk melatih ketangkasan berpikir dan juga mengingat dengan cara yang asyik. Untuk membuat permainan ini, berikut alat-alat yang dibutuhkan:

  1. Kertas HVS 3 lembar
  2. Spidol
  3. Gunting
  4. Daftar soal matematika dengan beragam tingkat kesulitan
  5. Stopwatch

Cara membuat:

  1. Potong kertas 3 HVS hingga menjadi 24 kartu kecil-kecil (masing-masing HVS jadi 8 bagian potongan).
  2. Ambil 12 kertas untuk ditulis soal matematika.
  3. Sementara 12 kertas lainnya dituliskan jawabannya.
  4. Gabungkan 24 kartu, dan kocok agar tidak berurut
  5. Lalu susun posisi kartu dengan membaliknya menghadap bawah, buat menjadi 6 mendatar dan 4 menurun.
  6. Tentukan pemain pertama yang mendapat kesempatan
  7. Berikan waktu masing-masing pemain 30 detik untuk membalik kartu dan menemukan jawaban yang sesuai. 
  8. Permainan berakhir dengan pemain yang memiliki skor tertinggi.

Keunggulan Permainan Kartu Edukasi

Foto: verywellfamily

Permainan kartu atau flashcard selain bermanfaat untuk memudahkan anak dalam belajar juga memiliki keunggulan lain. Berikut beberapa keuntungan dari permainan kartu edukasi:

1. Anak menjadi lebih kreatif, terutama jika Anda mengajaknya untuk membuat permainan kartu edukasi sendiri;

2. Metode permainan kartu edukasi dapat membantu anak untuk cepat belajar dan mengingat sehingga efisien waktu dan tidak membutuhkan banyak uang;

3. Dapat dimainkan kapan saja dan dimana saja.

Dengan menerapkan metode belajar menggunakan permainan kartu edukasi, bukan tidak mungkin anak menjadi giat belajar karena dapat bermain sekaligus belajar. Semoga bermanfaat.