Pikirkan 5 Hal Ini Sebelum Menghakimi Orang Lain

Senin, 16 Mei 2022 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Pikirkan 5 Hal Ini Sebelum Menghakimi Orang Lain

Ilustrasi bully. (Special)

Ladiestory.id - Menilai dan menghakimi orang lain sepertinya adalah perilaku yang sering sekali dilakukan di zaman yang serba mudah seperti saat ini. Biasanya, orang-orang akan memberikan tanggapan buruk terhadap suatu video maupun unggahan yang padahal tidak mereka ketahui kebenaran aslinya.

Selain itu, mereka juga biasanya akan mengkritik pendapat yang diberikan oleh orang lain hanya karena tidak sejalan. Walaupun dapat dibilang sepele, kebiasaan menghakimi ini lama-kelamaan dapat merusak mental orang yang di-judge, loh.

Karena hal tersebut, bisa saja mereka akan kehilangan kepercayaan dirinya karena tuntutan orang-orang disekitarnya. Lantas, apa saja ya hal-hal yang perlu diingat sebelum menghakimi orang lain?

Merefleksikan Diri Sendiri

Ilustrasi berpikir. (Special)

Menghakimi orang lain itu sama halnya dengan pepatah yang mengatakan "don't judge book by the cover". Kamu jadi menilainya dengan mudah hanya karena judulnya yang pasaran, sampulnya yang tidak menarik, ataupun yang lainnya. Padahal, cerita indah bisa saja menanti di dalam buku tersebut.

Sama halnya seperti buku, Kamu bisa saja salah menilai orang karena sikap menghakimimu yang seenaknya sendiri. Jika penilaianmu salah, maka Kamu harus siap menanggung risiko di balik hal tersebut.

Cerminan Diri Sendiri

Ilustrasi bercermin. (Special)

Semua orang tahu jika tak jarang orang-orang menilai atau menghakimi orang lain tanpa sadar. Beberapa dari penilaian tersebut memang bisa saja benar, tapi tak menutup kemungkinan jika penilaianmu juga bisa saja salah.

Entah benar ataupun salah, menilai orang lain merupakan cerminan dari penilaian terhadap diri sendiri. Contohnya yaitu, ketika Kamu melihat orang sedang berbagi kebaikan, namun Kamu menilai hal itu hanyalah untuk pencitraan. Maka, bisa jadi ini merupakan representasi diri Kamu jika berbuat kebaikan tujuannya seperti itu.

Kamu Juga Tidak Ingin Dihakimi Seperti Itu

Ilustrasi berkata tidak. (Special)

Cobalah untuk memposisikan dirimu menjadi mereka sebelum Kamu menghakimi orang lain. Berada di posisi tidak menguntungkan ini akan membuatmu jadi berpikir jika orang-orang bisa dengan mudahnya menghakimimu tanpa mencari tahu kebenarannya terlebih dahulu.

Tentu Kamu akan merasa sedih dan serba salah jika berada di posisi itu, kan? Tidak mungkin juga jika Kamu menjelaskannya secara personal satu per satu.

Oleh sebab itu, ayo tumbuhkan sifat mudah empati dengan melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain. Dengan demikian, Kamu juga akan menjadi orang yang dapat lebih menghargai privasi orang lain.

Mereka Juga Manusia Biasa Seperti Kamu

Ilustrasi depresi. (Special)

Ingatlah satu hal, apabila Kamu menghakimi orang karena perilaku atau keburukan yang mereka lakukan. Berbuat salah dan hilang kendali adalah sesuatu yang wajar dilakukan oleh seorang manusia. Bagaimanapu, tidak ada manusia yang sempurna tanpa kesalahan di dunia ini, termasuk Kamu.

Bahkan, mereka juga pasti memiliki alasannya tersendiri atas sesuatu yang menurut Kamu buruk untuk dilakukan. Baik itu karena alasan personal, orang lain, atau bahkan karena keadaan yang memaksa.

Kamu Tidak Tahu Apa yang Mereka Alami

Ilustrasi depresi. (Special)

Seperti apa yang tertulis di atas, sebelum menghakimi orang lain, Kamu harus berpikir dua kali terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan Kamu tidak tahu apa yang sebenarnya sedang mereka alami. Rumor buruk yang didengar juga bisa jadi adalah sesuatu yang belum dipastikan kebenarannya.

Informasi yang tidak tahu kebenarannya tersebut bisa saja menghadirkan persepsi yang salah. Contohnya, Kamu menganggap kelakuan tetanggamu yang sering pulang larut malam adalah sesuatu yang buruk. Padahal, dia bisa saja sedang bekerja keras untuk menghidupi keluarganya.

s