Berpartisipasi di KTT Y20, Pluang Persembahkan Cenderamata Khas Indonesia Karya UMKM Lokal

Jumat, 26 Agustus 2022 | 23:00:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Berpartisipasi Di Ktt Y20, Pluang Persembahkan Cenderamata Khas Indonesia Karya Umkm Lokal

Pluang x Y20 Indonesia Merchandise. (Special)

Ladiestory.id - Pluang mempersembahkan cenderamata karya anak bangsa kepada para delegasi KTT Y20 Indonesia 2022, yang diselenggarakan Juli 2022 lalu. Cenderamata “Dari Ibu Pertiwi untuk Presidensi Indonesia Y20 | G20 2022” ini dibalut dengan semangat juang generasi emas Indonesia, yang memiliki harapan untuk bisa mewujudkan kemerdekaan finansial. 

Pluang percaya, kebudayaan Ibu Pertiwi yang tersurat di setiap cenderamata ini dapat menjadi warisan bagi setiap generasi dari masa ke masa, yang selalu beradaptasi sesuai dengan zamannya. Berikut beberapa cenderamata buatan anak bangsa yang dihadirkan Pluang dalam perhelatan KTT Y20 Indonesia.

Special Wardrobe Adrie Basuki

Pluang x Y20 Indonesia Merchandise. (Special)

Label fashion Adrie Basuki mengusung semangat mindful fashion yang menggabungkan kekayaan budaya Indonesia serta misi sosial menuju kehidupan masa depan yang lebih berkelanjutan.

Special Wardrobe KTT Y20 Indonesia 2022 dari Adrie Basuki ini memiliki tiga nilai karakteristik utama. Karakteristik tersebut meliputi ciri khas kain Indonesia, meminimalkan produksi sampah (zero waste), dan menggandeng komunitas perempuan.

Langkah ini sejalan dengan semangat inklusivitas yang diusung oleh Forum Y20 serta Pluang untuk selalu melibatkan semua pihak, termasuk perempuan, dalam peningkatan kapasitas ekonomi.

Hand Sanitizer dengan Aroma Dessert Khas Indonesia 

Persembahan Pluang untuk anak muda dari seluruh negara anggota G20 dalam KTT Y20 Indonesia 2022 berikutnya adalah sebuah value creation Pluang bersama Serene, yang khusus melibatkan anak muda berbakat Indonesia. Kolaborasi ini merupakan bukti konkret Pluang dalam menjunjung tinggi misi peningkatan literasi bagi generasi emas Indonesia melalui pemberdayaan sosial untuk meningkatkan kapasitas literasi anak muda, khususnya perempuan dalam literasi keuangan. 

Pluang x Y20 Indonesia Merchandise. (Special)

Mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19, Pluang yang terus mendukung protokol kesehatan membuat cenderamata berupa hand sanitizer dengan aroma khusus dessert khas Indonesia. Variasi aroma dalam hand sanitizer ini antara lain Es Selendang Mayang khas Betawi, Kolak Pisang, Es Blewah, dan Es Kopi Pandan.

Dalam proses produksi hand sanitizer aroma dessert khas Indonesia ini, Serene melibatkan UMKM terpilih serta memberdayakan anak muda setempat di wilayah Cipondoh-Tangerang, yang mayoritas adalah perempuan. Pemberdayaan generasi muda ini diharapkan bisa menjadi penyokong untuk meningkatkan literasi finansial.

Tjoklat Noesantara

Pluang x Y20 Indonesia Merchandise. (Special)

Tjoklat Noesantara adalah sebuah karya tangan dari Sarah Rachmawatty Nurhadi, seorang pastry chef yang juga ibu tunggal dan sedang meniti usaha sebagai chocolatier bernama “Farfalle”

Pluang bersama Serene tergugah untuk mengangkat inovasi kuliner kaya cita rasa Nusantara yang disuguhkan oleh Tjoklat Noesantara. Dalam cenderamata ini, terdapat empat rasa cokelat unik.

Cokelat pala dan cabai rawit menjadi rasa autentik Indonesia, yang juga kaya akan manfaat kesehatan. Pala mengandung anti-inflamasi, anti-bakteri dan kaya antioksidan yang baik untuk kesehatan. Sedangkan cokelat cabai rawit yang dipadukan dengan karamel memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan jeruk. 

Cokelat jahe kayu manis merupakan sebuah gabungan cita rasa kaya dan unik. Tidak lupa, aroma khas kayu manis dan jahe menjadi daya tarik sendiri. 

Bagi pecinta kopi, cokelat kopi menjadi pilihan yang menggugah selera. Cokelat kopi ini berbahan dasar cokelat putih Indonesia yang dipadukan dengan kopi dan biji kopi panggang Toraja. Kopi Toraja juga merupakan tanaman kopi pertama di Indonesia.