6 Posisi Tidur dan Cara Bangun Pasca Operasi Caesar

Rabu, 17 November 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

6 Posisi Tidur Dan Cara Bangun Pasca Operasi Caesar

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Operasi caesar merupakan prosedur medis yang bertujuan untuk mengeluarkan bayi melalui celah sayatan pada perut serta rahim ibu, biasanya dibuat melintang persis di bawah garis pinggang.

Kebanyakan para ibu yang menjalani proses persalinan dengan operasi caesar dapat pulang dari rumah sakit 3 sampai 5 hari setelah prosedur operasi.

Tapi untuk mengalami pulih secara total, diperlukan perawatan rutin di rumah serta kontrol berkala ke dokter. Setidaknya dalam kurun waktu kurang lebih satu bulan.

Nah, pasca operasi caesar menjadi waktu yang menantang bagi ibu dan keluarga. Pasalnya masa ini akan menjadi lebih sulit bagi sang ibu. Bahkan perilah untuk tidur dan bangun pun menjadi perjuangan tersendiri bagi seorang ibu.

Bagaimana Cara Bangun Pasca operasi caesar

Foto: Ladiestory.id

Ketika mengandung memang tidak banyak posisi tidur yang bisa dilakukan. Bangun pun akan merasa susah sebab terganjal perut besar. Pasca operasi pun seorang ibu masih harus susah untuk bangun hingga tidak banyak posisi tidur yang bisa dilakukan.

Pada 24 jam pertama setelah operasi caesar, ibu akan disarankan untuk bangun dari tempat tidur atau pergi ke kamar mandi. Kondisi ini membantu memulai proses pemulihan pasca operasi caesar.

Di samping itu, tindakan ini bisa membuat ibu terbiasa bergerak dengan sayatan. Ingat, bergeraklah secara perlahan. Sebab, ibu mungkin dapat mengalami pusing atau sesak napas.

Lalu cara bangun pasca operasi dengan posisi tidur terlentang, kamu bisa menggeser tubuh ke tepi kasur. Kemudan tekuklah lutut dan dorong tubuh secara perlahan. Pastikan jika posisi dudukmu tegak sebelum sepenuhnya berdiri.

6 Posisi Tidur Pasca Operasi Caesar

Foto: Ladiestory.id

1. Posisi tidur terlentang

Seseorang yang pasca operasi caesar dianjurkan untuk memiliki posisi tidur terlentang. Hal ini membantu agar rasa tekanan dan tegang pada bekas luka jahitan bisa terbilang minim.

Selain itu, posisi tidur akan membuat kamu merasa lebih nyaman. Ditambah kamu bisa meletakkan bantal atau selimut di bawah lutut ataupun lengan.

2. Posisi tidur miring

Sebaiknya posisi tidur pasca operasi caesar adalah duduk dengan kemiringan 45 derajat. Posisi tidur ini akan memberi rasa nyaman selama pasca operasi. Selain mengurangi rasa perih pada jahitan, posisi tidur ini juga dapat menjaga jalan napas tetap terbuka.

3. Posisi tidur menyamping

Berhati-hatilah jika kamu ingin tidur dengan posisi menyamping. Sebab posisi tidur ini tidak boleh sembarangan dan harus dilakukan dengan cara yang benar. Kamu harus mengganjal bagian perut dengan bantal kecil agar lebih aman.

Sebenarnya, posisi tidur ini memudahkan kamu untuk naik ataupun turun dari tempat tidur.

4. Posisi tidur tegak

Mungkin posisi ini menjadi posisi tidur paling tidak nyaman selama pasca operasi. Namun posisi ini bisa membantu proses pemulihan pada masa awal setelah persalinan caesar.

Kamu memerlukan bantal sebagai penyangga punggung. Sehingga kamu bisa tidur dengan nyaman. Namun posisi ini justru akan memudahkan sang ibu untuk menyusui bayi ketika menangis tengah malam.

5. Posisi tidur kaki lebih tinggi

Posisi tidur dengan kaki lebih tinggi akan memberikan rasa aman dan nyaman. Selain itu, posisi tidur ini justru akan melancarkan peredaran darah pada kaki. Sebab, biasanya setelah operasi kakinya akan membengkak. Bahkan luka jahitan pun akan lebih aman hingga bebas dari bahaya.

Kamu cukup memposisikan tubuh seperti tidur terlentang. Lalu selipkan tumpukan bantal di kaki. Sehingga posisi kaki akan lebih tinggi daripada badan.

6. Posisi tidur tengkurap

Memang posisi tidur tengkurap dianjurkan oleh sebagian besar ahli medis yang bergerak di bidang kebidanan. Namun posisi tidur ini harus dilakukan setidaknya 4 minggu pasca operasi. Jika tidak, justru posisi tidur ini akan  memberik tekanan pada jahitan dan memperburuk rasa sakit.

Jika memang sudah dirasa tidak nyeri, kamu bisa mencoba posisi tidur tengkurap. Sebab menurut beberapa ahli medis, posisi tidur ini menjadi baik bagi perempuan pasca operasi caesar. Sebab posisi ini justru menjagar agar area jahitan bekas operasi caesar tetap datar atau rata.

Namun kamu tetap harus memperhatikan jika ingin tidur dalam posisi tengkurap. Pastikan menggunakan bantal yang tidak terlalu tipis ataupun tidak terlalu tebal.

Inilah 6 posisi tidur dan cara bangun pasca operasi caesar. Jika dirasa ada kesulitan atau rasa sakit, jangan segan untuk mengonsultasikan kepada dokter. Semoga lekas membaik!