Profil Bilqis Prasista, Pebulu Tangkis Muda yang Taklukkan Pemain Dunia

Rabu, 11 Mei 2022 | 22:47:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Profil Bilqis Prasista, Pebulu Tangkis Muda Yang Taklukkan Pemain Dunia

Bilqis Prasista. (Special)

Ladiestory.id - Nama Bilqis Prasista, pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, berhasil menjadi topik perbincangan hangat warganet. Hal ini dikarenakan dirinya berhasil mengalahkan Akane Yamaguchi, pebulu tangkis Jepang yang berstatus peringkat pertama dunia, dalam laga Grup A Piala Uber 2022.

Lantas, siapa sih Bilqis Prasista? Berikut profil Bilqis Prasista, pebulu tangkis tunggal putri Indonesia yang mampu kalahkan Akane Yamaguchi.

Profil Bilqis Prasista

Bilqis Prasista. (Special)

Bilqis Prasista lahir pada 24 Mei 2003 di Magelang, Jawa Tengah. Orang tuanya adalah Joko Suprianto dan Zelin Resiana, pasangan legenda bulu tangkis Indonesia. 

Joko Supriyanto merupakan mantan pemain pelatnas pada era 90an. Ia tercatat pernah menjadi juara dunia 1993 pada cabang tunggal putra. 

Sedangkan sang ibu, Zelin Resiana, aktif sebagai atlet bulu tangkis pada awal 90an. Ia bergabung dalam tim putri Indonesia yang menjuarai Uber Cup 1994 dan 1996. 

Bilqis memiliki saudara kembar bernama Bilqis Pratista. Bakat atlet sudah mengalir dalam diri keduanya, mereka sama-sama menekuni bulu tangkis. Keduanya bergabung dengan klub PB Djarum pada 2018. 

Namun, baru Bilqis Prasista yang mampu menembus pelatnas PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia). Ia bergabung dengan PBSI pada 2020 lalu.

Prestasi Bilqis Prasista

Bilqis Prasista membuktikan kemampuannya dengan menjuarai serangkaian kejuaraan, seperti Juara Jakarta Junior International Series 2019 (U17), Juara Tunggal Remaja Putri Djarum Sirnas Sumatera Selatan Open 2019, Juara di Bangladesh Junior International Series 2021, hingga Runner up Denmark Junior.

Bilqis semakin membuktikan eksistensinya dengan menjadi bagian tim Indonesia yang memenangkan ajang BATC di Malaysia pada 15-20 Februari 2022. Dirinya pun turut berjuang pada Thomas dan Uber Cup 2022 di Thailand. Dalam tiga laga tersebut, Bilqis berhasil menorehkan angka untuk Indonesia.

s