Profil Farida Nurhan "Omay", Mantan TKW Jadi YouTuber Sukses

Jumat, 7 Januari 2022 | 14:00:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Profil Farida Nurhan "Omay", Mantan Tkw Jadi Youtuber Sukses

Potret Farida Nurhan. (Special)

Ladiestory.id - Nama Farida Nurhan tengah hangat diperbincangkan. Pasalnya food vlogger sukses ini baru saja membuat pengakuan tentang kisah masa lalunya. Farida Nurhan atau yang kerap disapa Omay ini mengaku dulunya ia hamil sebelum menikah. Ia juga mengaku pernah menjadi TKW sebelum akhirnya sukses menjadi food vlogger. Pengakuan tersebut ia sampaikan pada kesempatan di channel YouTube milik Insert live pada Rabu (5/1/2022).

Terkenal dengan jargon awur-awur emplok, Farida selalu nampak ceria di depan kamera. Namun nyatanya ia memiliki kisah masa lalu yang kelam. Kesulitan ekonomi hingga permasalahan hamil di luar nikah. Dan menurut penuturannya, ternyata bukan dirinya saja yang mengalami hamil di luar nikah, namun sang anak yang juga seorang YouTuber Permesta Dhyas juga mengalami hal yang sama. Di balik kesuksesan yang dimilikinya sekarang, ada kisah penuh perjuangan yang harus dilalui Farida Nurhan. Ladies, intip yuk profil dan cerita perjalanan hidup Farida Nurhan.

Masa Lalu Farida Nurhan

Potret masa lalu Farida Nurhan. (Special)
Potret masa lalu Farida Nurhan. (Special)

Farida Nurhan merupakan perempuan kelahiran Lumajang, 3 September 1982. Ia merupakan bungsu dari empat bersaudara. Farida berasal dari kekuarga sederhana. Ayah Farida merupakan seorang penjual mobil mainan atau terkadang berjualan jamu.

Meski berasal dari keluarga sederhana, namun Ayah Farida bercita-cita untuk menyekolahkan putrinya tersebut agar bisa menjadi perawat. Namun, harapan orang tuanya tersebut belum bisa terwujud. Selain karena terkendala pada biaya, juga karena Farida harus menelan kenyataan pahit bahwa dirinya tengah hamil sebelum menikah. Ia terpaksa harus putus sekolah seiring kandungannya yang membesar.

Kemudian Farida menikah dengan Sarwo Edi Wibowo. Masa-masa sulit pun dilaluinya, ia mendapat banyak cibiran dari tetangga sekitar rumahnya karena telah hamil di luar nikah. Namun ia tetap tegar dan mempertahankan buah hatinya. Hingga akhirnya ia melahirkan, dan muncul keinginan dalam dirinya untuk berubah menjadi lebih baik. Ketika anaknya masih kecil, Farida nekat merantau ke luar negeri untuk menjadi TKW. Ia pernah menjadi TKW di Singapura selama 11 bulan dan di Hongkong selama hampir enam tahun.

Setelah kontraknya menjadi TKW habis, Farida Nurhan memilih untuk kembali ke Tanah Air. Farida kemudian memilih terjun ke dunia bisnis properti. Demi menghidupi keluarganya, ia mantap dan serius menjalani kariernya sebagai seorang broker properti.

Awal Mula Jadi YouTuber

Potret Farida Nurhan dan Fuji Utami. (Special)
Potret Farida Nurhan dan Fuji Utami. (Special)

Farida Nurhan merasa belum puas dengan apa yang diraihnya kala itu. Kemudian pada 2016, ia secara resmi mulai menjadi YouTuber. Tujuannya ketika itu untuk mencari penghasilan tambahan namun siapa sangka jika hal tersebut adalah jalannya menuju kesuksesan.

Memulai kariernya sebagai YouTuber, Farida mulai mengulas beberapa produk makanan. Ketika itu ia hanya me-review beberapa snack artis. Namun tak disangka konten YouTube-nya tersebut banyak diminati warganet. Review yang jujur dan apa adanya tersebut yang akhirnya membuat Farida terkenal dan memiliki lebih dari empat juta subscribers.

Dalam akun YouTube-nya tersebut, ia bahkan sempat berkolaborasi dengan beberapa artis papan atas seperti Dedy Corbuzier, Tompi, dan juga Fuji Utami.

Merambah Dunia Bisnis

Ilustrasi produk Ngemplok by Omay. (Special)
Ilustrasi produk Ngemplok by Omay. (Special)

Tak puas hanya dengan menjadi food vlogger, Farida Nurhan menjajal menggeluti dunia bisnis. Kini ia tengah serius menjalani usahanya di bidang kuliner yang diberi nama Ngemplok by Omay. Ia menjual berbagai macam frozen food, sambal dan yang lainnya. Semua produk yang dijualnya berdasarkan resep yang dibuatnya sendiri.

Tak ada kehidupan yang selalu berjalan mulus. Dalam kehidupan pastinya ada rintangan dan cobaan yang harus dilalui. Pun sama dengan yang dialami Farida Nurhan, namun ia tetap kuat dan tegar menjalani kehidupan hingga akhirnya sukses pun bisa diraihnya.

s