Profil Gibran Rakabuming Raka, Putra Presiden RI Joko Widodo

Rabu, 12 Januari 2022 | 00:01:00

Lia Puspita

Penulis : Lia Puspita

Profil Gibran Rakabuming Raka, Putra Presiden Ri Joko Widodo

Gibran Rakabuming.(Special)

Ladiestory.id - Putra sulung dari Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana bernama Gibran Rakabuming Raka. Gibran Rakabuming lahir di Solo, 1 Oktober 1987.

Ia pun menikah dengan Selvi Ananda pada 2015 lalu. Setelah satu tahun berumah tangga, mereka dikaruniai seorang putra bernama Jan Ehtes Srinarenda. Ia pun sudah banyak merintis bisnis kuliner hingga berkembang hingga sekarang.

Profil Gibran Rakabuming

Gibran Rakabuming.(Special)

Gibran Rakabuming menjadi banyak pertanyaan oleh masyarakat Indonesia tentang makna dari namanya. Dalam beberapa liputan Presiden RI, yakni Jokowi Widodo, ia mengatakan ketiga nama anaknya salah satunya Gibran Rakabuming.

Makna dari nama Gibran Rakabuming adalah Gibran sebagai laki-laki yang pintar, sederhana, dan apa adanya. Raka artinya keteguhan dan kebijaksanaan, dan Bumi adalah tanah. Jadi arti nama Gibran aalah seorang laki-laki yang pandai, sederhana dan merakyat dalam artian tidak sombong.

Gibran Rakabuming pun mempunyai dua orang anak bernama Jan Ehtes Srinarenda dan La Lembah Manah yang juga memiliki arti nama masing-masing. Gibran dan Selvi Ananda mempunyai makna untuk kedua anak mereka.

Anak yang pertama memiliki makna Ethe artinya cepat dan cerdas sementara Srinarenda artinya pemimpin. Jadi makna dari nama anak pertama mereka adalah pemimpin yang cedas dan cepat.

Sementara makna dari nama anak kedua mereka adalah Lembah Manah diartikan sebagai rendah hati. Mereka ingin anak perempuan mereka tetap rendah hati kepada siapapun.

Gibran Rakabuming Raka pernah menempuh pendidikan kuliahnya di Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan University of Technology Insearch, Sydney, Australia pada 2010.

Pada awal bisnisnya, ia memulai dari bawah dengan membuka bisnis catering bernama Chili Pari pada 2010. Kemudian ia juga bekerja sama dengan sang adik, Kaesang Pangarep, untuk membuka usaha kuliner.

Mereka membuak bisnis martabak dengan nama tempat Kafe Markobar yang ada di Solo. Martabak itu pun menjadi viral dan banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Selain Chili Pari dan Markobar, beberapa bisnis lain yang Gibran punya antara lain: Pertama Pasta Buntel, yang dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar diatas api. Setelah itu, bisa dibuka dan mencium aroma serta gurihnya makanan tersebuh karena memakai rempah-rempah.

Kedua, Goola adalah sebuah minuman yang Gibran buka pada 2018 lalu. Minuman tersebut seperti minuman yang biasanya beredar tetapi yang menjadi pembeda, minuman ini klasik tetapi sedikit memiliki unsur modern.

Ketiga, Icolor yang hadir untuk masyarakat Indonesia yang mempunyai keluhan pada HP-nya.

Keempat, Mangkokku merupakan bisnis kuliner dengan menghadirkan rice bowl yang turut bekerjasama dengan dengan Kaesang Pangarep dan Arnold Poernomo. Lokasinya berada di Jakarta.

Kelima, Kerjaholic dihadirkan oleh Gibran Rakabuming karena keresahan dan kebimbangan yang team pernah alami sehingga mereka membuat aplikasi pencari kerja tersebut. Aplikasi tersebut bisa menghubungkan antara si pelamar dan yang mempunyai pekerjaan. 

Keenam, Siap Mas yang merupakan hasil kolaborasi sehingga Gibran mengeluarkan makanan ringan seperti keripik dan minuman yang bisa Kamu jumpai di minimarket atau supermarket.

Banyak jenis bisnis yang telah Gibran lakukan semasa mudanya hingga ia sekarang menjadi Wali Kota Solo. Tak heran jika Gibran Rakabuming Raka memiliki penghasilan yang banyak dari hasil usahanya tersebut.