Proteo, Anjing Heroik Asal Meksiko Gugur Terhormat Saat Evakuasi Korban Gempa Turki

Kamis, 16 Februari 2023 | 09:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Proteo, Anjing Heroik Asal Meksiko Gugur Terhormat Saat Evakuasi Korban Gempa Turki

Anjing Proteo. (Special)

Ladiestory.id - Gempa dahsyat yang memorakporandakan Turki menjadi perbincangan masyarakat dunia. Bahkan, saat ini jumlah korban yang berjatuhan dilaporkan sudah lebih dari 30 ribu korban jiwa. Misi pencarian korban yang masih tertimpa runtuhan bangunan akibat gempa hebat masih terus dilakukan.

Tak hanya melibatkan manusia maupun pihak keamanan, para anjing penyelamat ikut dikerahkan. Salah satu hal yang berhasil menarik perhatian dan simpati warganet ialah aksi heroik yang datang dari anjing penyelamat asal Meksiko bernama Proteo. Aksinya viral saat membantu mencari korban di reruntuhan bangunan. Kini, Proteo gugur saat menjalankan misi penyelamatannya pada Minggu (12/2/2023).

Tim Meksiko Menurunkan 10 Ekor Anjing Penyelamat

Anjing Proteo. (Special)

Selain manusia yang turut membantu mencari para korban gempa Turki yang masih tertimbun dalam reruntuhan bangunan, anjing khusus dan terlatih pun ikut dikerahkan dalam pencarian korban. Saat terjadi bencana, anjing memiliki peranan penting dalam mendukung proses evakuasi untuk menemukan korban selamat maupun korban meninggal dunia. 

Tim SAR Meksiko menurunkan 10 ekor anjing penyelamat bersama dengan 130 personel militer untuk bergabung dengan tim penyelamat gempa Turki. Salah satu anjing penyelamat yang ikut dikerahkan adalah Proteo yang berjenis German Shepherd. 

Proteo dikenal sebagai anjing yang memiliki track record baik dan sangat fokus saat membantu pencarian korban. Bahkan, ia tidak lelah melakukan kegiatan penyelamatan dari pagi, siang hingga malam hari untuk mengevakuasi para korban. Diketahui, para anjing-anjing penyelamat ini sudah pernah dikerahkan saat terjadinya gempa bumi di Meksiko pada 2017 silam.

Viral di Twitter

Anjing Proteo. (Special)

Aksi heroik Proteo viral di jagat media Twitter. Saat itu, beredar video detik-detik Proteo masuk ke dalam reruntuhan bangunan. Proteo berhasil menemukan dua korban selamat dari reruntuhan. Namun, tanpa disadari saat kembali menjalankan tugas, petugas yang mengiringi Proteo berusaha menarik tubuhnya saat ia masuk ke dalam puing-puing bangunan.

Sayangnya, tiba-tiba bangunan runtuh dan ikut mengubur tubuh Proteo. Saat sedang diselamatkan, Proteo tidak sadarkan diri hingga mendapatkan perawatan intensif dan akhirnya nyawanya pun tak bisa diselamatkan. Tagar 'Proteo' pun sempat viral dan trending di media sosial Twitter.

Bekerja Sepanjang Hari

Anjing Proteo. (Special)

Menjadi salah satu anjing penyelamat bersama tim SAR Meksiko, Proteo diketahui berhasil menemukan banyak korban jiwa yang tertimbun dari reruntuhan gempa. Bahkan diketahui, Proteo bekerja tanpa lelah setiap hari, bahkan berminggu-minggu.

Proteo ditugaskan menjalankan misi penyelamatan di kota Adiyaman, Turki. Hingga pada akhirnya, Proteo gugur akibat tertimpa reruntuhan bangunan dan dibawa kembali pulang ke Meksiko untuk mendapat penghormatan terakhir.

Dikuburkan Secara Protokoler

Anjing Proteo. (Special)

Dilansir akun resmi Sekretariat Pertahanan Nasional Meksiko, Proteo dikuburkan secara protokoler serta mendapat piagam penghargaan kehormatan. Selain itu, beredar sebuah video dari badan amal bantuan kemanusiaan, yakni Palang Merah Meksiko, memberikan penghormatan terakhirnya untuk Proteo. Terlihat staf penyelamat berdiri dalam formasi kotak, suasana pun terlihat begitu khidmat dan hening.

Selain itu, Menteri Pertahanan Meksiko, Luis Cresencio Sandoval, telah mengumumkan kematian Proteo pada sebuah konferensi pers. Proteo mendapatkan gelar pahlawan atas misi penyelamatannya. Gugurnya Proteo memberi kisah haru dan membuat sedih para dog lovers di seluruh dunia. Bahkan, kisah heroiknya ini akan selalu dikenang, khsusnya bagi anggota militer dan Tim SAR Meksiko.