Ubah Jadi Putih dan Bersih, Intip Cara Sederhana Mengatasi Gigi Kuning

Senin, 7 Februari 2022 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Ubah Jadi Putih Dan Bersih, Intip Cara Sederhana Mengatasi Gigi Kuning

Ilustrasi gigi putih. (Special)

Ladiestory.id - Gigi putih bersih dambaan semua orang. Selain meningkatkan percaya diri, gigi putih juga menandakan gigi sehat dan kuat. Lalu, bagaimana jika Kamu memiliki masalah gigi kuning? Selain tidak enak dipandang, pastinya Kamu akan merasa minder, bukan?

Merawat gigi bukanlah hal yang mudah, namun juga tidak sulit. Kuncinya yaitu niat dan telaten. Masalah gigi kuning biasa dialami oleh semua orang dari waktu ke waktu. Penyebab utamanya adalah enamel atau pelapis gigi yang telah aus. Hal ini menjadikan dentin, jaringan bawah enamel yang dasarnya berwarna kuning, lebih nampak.

Berikut cara mengatasi gigi yang kuning.

1. Sikat Gigi dengan Cara yang Benar

Foto: iStockphoto/ shironosov

Mengutip Healthline, teknik menyikat haruslah benar guna membersihkan gigi kuning. Frekuensi sikat gigi yang baik yaitu dua kali sehari, terlebih jika makanan yang dikonsumsi mengandung gula.

Lama menyikat gigi yaitu minimal dua menit untuk menggosok seluruh bagian mulai dari permukaan hingga celah-celah gigi. Pasta gigi yang mempunyai efek pemutih bisa jadi pilihan untuk membantu menghilangkan kotoran pada gigi.

2. Gosok Gigi dengan Baking Soda

Foto: Ladiestory.id

Baking soda sudah umum menjadi salah satu bahan untuk membantu memutihkan gigi yang kuning. Selain terdapat kandungan pemutih, baking soda mudah dijumpai di mana saja. Para peneliti juga mengungkapkan bahwa benar adanya, baking soda dapat memutihkan gigi yang berwarna kuning.

Jika tidak ingin repot, Kamu dapat langsung membeli pasta gigi dengan baking soda di dalam komposisinya. Ampuh dalam menghilangkan noda membandel yang membuat gigi menjadi kunig, baking soda juga mempunya kelebihan membuat lingkungan alkali di dalam mulut agar bakteri tidak tumbuh.

Untuk mendapatkan gigi putih dengan bermodal baking soda, Kamu perlu melakukannya dengan sabar. Pasalnya, waktu yang diperlukan baking soda dalam memutihkan gigi tergolong lama. Sedangkan Kamu juga tidak disarankan memakai baking soda terus-menerus.

3. Kumur Dengan Minyak Kelapa

Foto: Ladiestory.id

Siapa sangka bahwa minyak kelapa memiliki segudang manfaat, salah satunya untuk memutihkan gigi. Bagaimana caranya? Hanya dengan menjadikan minyak sebagai alat kumur mulut, bakteri dalam gigi musnah. Dengan menjadikan gigi menjadi sehat, secara tidak langsung gigi juga nampak lebih putih.

4. Mengonsumsi Cuka Sari Apel

Ilustrasi cuka putih. (Special)

Memiliki fungsi sebagai pembersih dan dapat menghilangkan bakteri, cuka sari apel sudah sejak lama dijadikan pemutih gigi. Kandungan asam asetat inilah pemeran utama pembasmi bakteri dalam mulut. Kelebihan lainnya, permukaan gigi menjadi lebih halus dan lembut.

Namun, jangan terlalu berlebih dalam mengonsumsinya, sebab dapat mengikis dentin pada gigi. Cara menyiasatinya, Kamu bisa selang-seling dalam memakai cuka sari apel tersebut. Jadi, cuka ini tidak disarankan untukpemakaian harian ya. 

s