Terbukti Ampuh, Simak 5 Tips Memutihkan Gigi secara Alami

Rabu, 27 Juli 2022 | 19:00:00

Kevin Putranto

Penulis : Kevin Putranto

Terbukti Ampuh, Simak 5 Tips Memutihkan Gigi Secara Alami

Ilustrasi memiliki gigi dan gusi yang sehat. (Special)

Ladiestory.id - Tidak sedikit orang yang ingin mengetahui cara memutihkan gigi secara alami agar senyum terlihat lebih indah dan menarik. Ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari menjaga kebersihan mulut hingga berhenti merokok. Gigi menguning memiliki banyak penyebab, namun usia juga berpengaruh pada kesehatan gigi.

Hal ini karena lapisan enamel gigi yang berwarna putih semakin menipis seiring bertambahnya usia, sehingga lapisan yang berwarna kuning atau biasa disebut lapisan dentin lebih mudah terlihat. Selain itu, sering makan makanan dan minuman tertentu, merokok, dan tidak merawat gigi dapat membantu menipiskan lapisan enamel gigi.

Tanda dan gejala gigi kuning sangat mudah ditemukan. Perubahan warna dapat terjadi hanya pada satu gigi dan dapat terjadi pada beberapa gigi sekaligus atau pada keseluruhan deret gigi di atas maupun bawah. Warna kuningnya juga dapat berbeda di tiap gigi orang. Gigi anda mungkin dapat berwarna putih kekuningan, kuning pekat, hingga cokelat kehitaman.

Biasanya, warna gigi yang menguning juga sering disertai dengan gangguan mulut lain, seperti bau mulut atau gigi berlubang. Sebenarnya, warna gigi manusia bukanlah putih bersih seperti susu atau porselein. Warna alami gigi adalah putih kekuningan dan sedikit tembus pandang. Warna putih kekuningan ini berasal dari lapisan luar gigi yang keras dan kuat, yaitu lapisan enamel gigi.

Lapisan enamel ini sangat mudah terkikis dan rontok ketika anda menyikat gigi terlalu keras, sering makan makanan asam dan berbagai penyebab lainnya. Saat lapisan enamel terkikis, maka lapisan bagian yang disebut dengan lapisan dentin akan terekspos keluar. Dentin sendiri merupakan lapisan tengah setelah enamel yang berwarna kuning. Dentin yang terekspos inilah yang akan membuat gigi anda terlihat berwarna kuning.

Untuk mencegah terkelupasnya lapisan enamel tersebut, berikut beberapa tips untuk memutihkan gigi secara  alami dan pastinya tidak memiliki efek samping bagi kesehatan gigi anda. Simak tipsnya berikut ini!

1. Menggosok Gigi dengan Baking Soda

Ilustrasi Baking soda (Ladiestory.id)

Sudah menjadi rahasia umum bahwa menyikat gigi menggunakan baking soda memiliki efek memutihkan gigi secara alami. Lantas, sejumlah besar produk pasta gigi menggunakan baking soda sebagai salah satu bahan utamanya. Selain dapat menggunakan pasta gigi yang memakai bahan dasar baking soda, anda juga dapat membuatnya sendiri dirumah dengan cara mencampurkan satu sendok baking soda dengan dua sendok teh air.

2. Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Ilustrasi gosok gigi. (Special)

Langkah utama yang dapat anda lakukan untuk menghindari gigi menguning adalah menjaga kebersihan gigi dan mulut. Menyikat gigi minimal dua kali sehari secara rutin akan mencegah dan mengurangi penumpukan kotoran yang menyebabkan gigi tampak kuning. Setelah menyikat gigi, disarankan pula menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi. Gunakan pula obat kumur jika diperlukan untuk hasil yang maksimal.

3. Berkumur dengan Minyak Nabati

Ilustrasi Minyak Nabati. (Pinterest.com)

Apabila anda tertarik untuk melakukannya, anda dapat berkumur dengan satu  sendok makan minyak kelapa selama 15-20 menit setiap hari. Anda harus tetap berhati-hati agar minyak kelapa tidak tertelan. Setelah selesai berkumur, buang minyak kelapa ke tempat sampah dan anda dapat membersihkan gigi dengan menyikat gigi seperti biasa.

4. Konsumsi Buah yang Mengandung Asam Malat

Buah semangka. (Special)

Asam malat adalah zat alami yang terdapat pada buah-buahan dan dikatakan memiliki kemampuan untuk memutihkan gigi dan mengurangi noda pada gigi. Untuk mendapatkan manfaat asam malat ini, anda bisa mengonsumsi berbagai jenis buah seperti stroberi, semangka dan apel.

5. Berhenti Merokok

Ilustrasi hentikan kebiasaan merokok. (Special)

Tembakau dalam rokok adalah salah satu alasan mengapa sulit untuk membersihkan gigi anda. Dalam jangka panjang, merokok dapat menyebabkan masalah kesehatan mulut seperti radang gusi dan kanker mulut. Selain dapat memutihkan gigi secara alami, berhenti merokok juga dapat membantu tubuh anda menjadi lebih sehat dan terhindar dari risiko penyakit lainnya, seperti penyakit jantung, kanker paru-paru dan stroke.

Itulah beberapa tips untuk memutihkan gigi secara alami. Selain dapat memutihkan gigi, mengikuti tips di atas  juga dapat terhindar dari penyakit lainnya seperti pembengkakan gusi dan kanker mulut.

s