5 Cara Cegah Penyakit Kanker Mulut

Senin, 25 April 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

5 Cara Cegah Penyakit Kanker Mulut

Ilustrasi gingivitis. (Special)

Ladiestory.id - Salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh banyak orang adalah kanker. Pasalnya penyakit ini bisa menyebabkan kematian namun belum ditemukan obat penawarnya.

Biasanya orang-orang paling banyak mengetahui tentang penyakit kanker adalah kanker serviks dan kanker payudara. Namun rupanya mulut juga bisa terkena penyakit yang satu ini. Kanker mulut merupakan kanker yang terjadi pada jaringan dinding mulut, bibir, lidah, gusi, atau langit-langit. Kanker mulut juga dapat terjadi pada jaringan di tenggorokan dan kelenjar ludah.

Penyebab kanker mulut adalah tumbuhnya jaringan abnormal di dalam mulut. Biasanya kanker mulut ditandai dengan sariawan yang tidak kunjung sembuh, muncul bercak putih atau merah, serta rasa sakit di dalam mulut. Jangan khawatir, sebab ada beberapa cara agar Kamu bisa menghindari penyakit kanker mulut ini.

Menghindari Faktor Risikonya

Rokok (Special)

Poin pertama ini merupakan hal yang sederhana namun menjadi cara yang utama untuk mencegah penyakit kanker mulut. Bahkan menghindari faktor risikonya menjadi cara agar terhindar dari berbagai hal yang tidak Kamu ingingkan.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa penyebab kanker mulut dipicu oleh alkohol, tembakau dalam bentuk rokok tembakau tanpa asap, tembakau kunyah, dan penularan seksual melalui virus HPV. Selain itu diet yang buruk juga dapat memicu terjadinya penyakit kanker mulut. Nah jika tidak ingin mengalami sakit kanker mulut, sebaiknya coba berhenti dari beberapa di atas.

Mendapatkan Vaksin HPV

Foto: Media Indonesia

Kamu bisa mencegah penyakit kanker mulut yang selanjutnya dengan menghindari infeksi virus HPV dan mendapatkan vaksin HPV. Perlu diketahu fnfeksi Human papillomavirus (HPV), khususnya HPV16, memiliki kaitan erat dengan kanker yang terbentuk di bagian belakang mulut.

Infeksi virus pada mulut dan tenggorokan meningkat pada orang yang melakukan seks oral atau bergonta-ganti pasangan seks. Saat terinfeksi, gejalanya bisa saja tidak muncul. Namun mereka pasti mengalami pembengkakan di leher yang tidak kunjung menghilang. Nah untuk mencegah infeksi tentu Kamu perlu menerapkan kehidupan seks yang aman

Di antaranya memakai pengaman dan tidak bergonta-ganti pasangan. Tak hanya itu, namun Kamu juga perlu mendapatkan vaksin sebelum aktif berhubungan seksual. Pasalnya jika sudah mendapat vaksinasi, maka tubuh akan membentuk antibodi yang bisa melawan infeksi sehingga bisa sembuh lebih cepat.

Menjaga Kebersihan Mulut

Ilustrasi sikat gigi. (Special)

Salah satu pemicu kanker mulut adalah bermulanya gangguan kesehatan mulut yang tidak kunjung hilang. Nah, untuk menghindari gangguan kesehatan pada mulut, sebaiknya rajin membersihkan mulut dan gigi. Sesuai yang diajarkan sejak kecil, setidaknya Kamu harus rajin menggosok gigi. Minimal sebanyak 2 kali dalam sehari untuk mencegah kanker mulut.

Tak hanya gigi, namun lidah juga perlu dibersihkan. Sehingga jangan malas untuk membersihkan lidah ya agar kesehatan mulut tetap terjaga dengan baik.

Makan Makanan Anti Kanker

Sayuran hijau (Special)

Ya, terdapat banyak bahan makanan yang rupanya dapat membantu Kamu mencegah penyakit kanker. Dilansir berbagai sumber, rata-rata makanan anti kanker berasal dari sayuran dan tumbuhan.

Makanan tersebut di antaranya kacang-kacangan, buah, sayuran berdaun hijau gelap, biji rami, bawang putih, anggur, teh hijau, kedelai dan tomat. Selain itu diet dan pemenuhian nutrisi juga kerap dilakukan sebagai satu metode mencegah penyakit kanker.

Setelah mengetahui makanan apa saja yang dapat mencegah penyakit kanker, yuk mulai sering untuk mengonsumsi. Dibanding Kamu mengonsumsi junk food yang tidak menyehatkan bagi kesehatan tubuh.

Lindungi Mulut dari Paparan Sinar UV

Ilustrasi perempuan terpapar sinar matahari. (Special)

Di tengah pemanasan global, sinar dan radiasi matahari semakin berbahaya. Tak hanya menyebabkan kulit menjadi gosong atau hitam. Namun paparan sinar matahari dapat menjadi pemicu kanker mulut.

Oleh karena itu, orang yang sering bekerja di lapangan akan lebih rentan terkena kanker mulut. Jika Kamu salah satu orangnya yang bekerja di lapangan, sebaiknya lindungi kulit dan bibir dari paparan sinar matahari.

Sebaiknya Kamu menghindari paparan sinar matahari mulai pukul 10 pagi hingga 2 siang. Gunakan lip balm dengan SPF saat kamu sedang berada di luar. Atau, bisa menggunakan topi untuk menutupi wajahmu dari sinar matahari.

s