Bisa Dicoba! Ini Hal yang Harus Dilakukan Untuk Berhenti Merokok

Jumat, 5 Januari 2024 | 14:56:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Bisa Dicoba! Ini Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Berhenti Merokok

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Mencoba berhenti merokok tentu bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, hal ini menjadi mudah apabila digantikan oleh aktivitas lain untuk mengisi waktu yang biasa dihabiskan untuk merokok.

Menurut National Institutes of Health, cara efektif untuk menghentikan kebiasaan merokok adalah dengan menggantinya dengan aktivitas lain yang lebih sehat. Penelitian menunjukkan bahwa kunci untuk mengubah kebiasaan seseorang terletak pada pemilihan lingkungan dengan bijak.

Melansir healthline, berikut daftar aktivitas yang bisa dilakukan daripada merokok.

Ubah Lingkungan

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Wendy Wood, seorang profesor psikologi Duke University, lingkungan sangat berperan besar atas perilaku seseorang. Penelitian menunjukkan bahwa ketika seseorang mempunyai kebiasaan yang dikaitkan dengan suatu tempat tertentu, mereka mempunyai kecenderungan untuk mengulangi tindakannya meskipun mereka tidak menginginkannya.

Temukan Kebiasaan Baru

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Untuk mengubah kebiasaan merokok, seseorang mungkin perlu mengubah kebiasaan itu dengan memahami apa yang memicu kebiasaan tersebut. Banyak orang yang mencampur waktu bersosialisasi dengan merokok, maka sangat perlu bagi seseorang mencari cara baru untuk bersosialisasi dan bersantai.

Jika seseorang berniat untuk berhenti merokok, maka ia bisa membuat rencana kegiatan lain yang bisa dilakukan untuk mengganti aktivitas merokok.

Temukan Aktivitas Baru

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Merokok biasanya dihubungkan dengan aktivitas dan rutinitas lain dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menghentikan kebiasaan merokok, ada baiknya untuk melakukan beberapa rutinitas baru yang tidak secara otomatis dikaitkan dengan merokok.

Kebanyakan orang merokok sebelum atau sesudah makan. Hal itu bisa diubah dengan melakukan hal lain seperti memakan permen, buah, atau camilan lain.

Komitmen Pada Diri Sendiri

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Hal yang paling penting di antara lainnya adalah komitmen pada diri sendiri. Meskipun seseorang telah mengubah lingkungan dan rutinitasnya, seseorang harus tetap memiliki komitmen pada dirinya sendiri untuk tak lagi merokok.

Kebiasaan baru yang lebih sehat akan membantu seseorang untuk bertahan dan berpegang teguh pada keputusan untuk berhenti merokok.