Punya Segudang Khasiat, 10 Manfaat Kunyit bagi Kesehatan dan Kecantikan

Senin, 4 Oktober 2021 | 09:58:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Punya Segudang Khasiat, 10 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Keberadaan kunyit memang tak asing lagi bagi para wanita terlebih bagi ibu rumah tangga yang kerap menggunakannya sebagai bumbu masak. Selain sebagai bumbu masak, manfaat kunyit juga dapat Anda rasakan untuk kesehatan dan kecantikan. Apa saja manfaatnya? Ikuti ulasannya di bawah ini.

Manfaat Kunyit bagi Kesehatan

Kunyit memiliki manfaat yang tak terduga bagi kesehatan diantaranya adalah:

1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Foto: kompashealth

Manfaat kunyit bagi kesehatan jantung pasti belum diketahui banyak orang. Penyakit jantung terjadi karena ketidakmampuan endotelium dalam mengontrol tekanan darah dan proses pembekuan darah.

Kandungan curcumin dalam kunyit dapat meningkatkan fungsi lapisan pembuluh darah yang disebut endotelium.

2. Mengobati Radang

Curcumin berperan sebagai antioksidan sekaligus berfungsi sebagai antiradang poten. Serta meningkatkan kortisol dalam adrenalin tubuh.

3. Mengurangi Mual dan Kembung

Zat curcumin dalam kunyit dapat mengurangi tekanan pada perut dan menyerap dalam aliran darah. Dengan konsumsi curcumin secara rutin perut akan terasa ringan dan lega. Sehingga rasa mual pun akan berkurang.

Selain itu, curcumin juga dapat mengurangi tekanan gas dalam perut dengan cara membantu otot pencernaan agar bergerak aktif. Serta membantu menghentikan produksi asam lambung yang berlebihan.

4. Mengurangi Nyeri Haid

Foto: fitco

Bagi Anda kaum wanita mungkin sudah terbiasa mengalami nyeri haid. Untuk meredakannya Anda bisa konsumsi kunyit asam selama haid. 

Kandungan curcumin pada kunyit dapat melemaskan kontraksi rahim penyebab timbulnya perut kram.

Selain itu, curcumin juga dapat mengurangi aliran ion kalsium dalam sel epitel rahim, dan mengurangi produksi prostaglandin yang merupakan hormon pemicu rasa sakit.

5. Mengobati Sakit Maag

Manfaat lainnya dari kunyit  yaitu dapat mengobati sakit maag. Hal ini karena curcumin dalam kunyit dapat mengontrol empedu dan produksi asam lambung yang berlebihan.

Manfaat Kunyit bagi Kecantikan

Selain bermanfaat bagi kesehatan, kunyit  juga memiliki manfaat bagi kecantikan. Untuk dapat merasakan manfaat kunyit buat kecantikan, Anda perlu membuatnya menjadi masker lalu mengoleskannya pada wajah, adapun manfaatnya adalah:

1. Mengurangi Minyak Berlebih Pada Wajah

Salah satu manfaat yang dapat Anda rasakan dari kunyit ini yaitu dapat mengurangi produksi minyak pada wajah dan juga sebum pada pori-pori wajah.

2. Mengatasi Jerawat

Foto: Ladiestory.id

Manfaat lainnya yang akan Anda dapatkan dari kunyit adalah menghilangkan jerawat pada wajah dan menghaluskan kulit, sehingga kulit wajah Anda tampak cantik, halus tanpa jerawat.

3. Mencegah Penuaan Dini

Adanya nutrisi dalam kunyit mampu mengatasi kerutan dan mencegah proses penuaan dini yang terjadi akibat dari kebiasaan buruk seperti konsumsi alkohol, rokok dan sebagainya.

4. Mencerahkan Wajah

Manfaat lainnya yang dapat Anda rasakan dari kunyit  untuk kecantikan yaitu kunyit dapat mencerahkan wajah Anda. Adanya kandungan vitamin, nutrisi dan pati pada kunyit dapat membuat kulit cerah.

5. Menghilangkan Pigmentasi pada Kulit Wajah

Foto: dermeva

Bagi Anda yang mengalami pigmentasi wajah dimana wajah mengalami bercak-bercak hitam, coklat atau putih yang disebabkan karena paparan sinar ultraviolet, Anda bisa mengatasinya kunyit  yang diolah menjadi masker.

Hal ini karena dalam kunyit kuning mengandung zat antiseptik dan antiinflamasi yang mampu memudarkan warna pigmentasi kulit tersebut. Sehingga menjadikan kulit wajah kembali cantik dan cerah.

Itulah manfaat kunyit bagi kesehatan dan kecantikan. Jadi, untuk mendapatkan manfaat kunyit bagi kesehatan Anda perlu mengkonsumsi kunyit secara teratur dengan mengolahnya menjadi minuman. Sedangkan untuk mendapatkan manfaatnya bagi kecantikan Anda perlu menjadikannya masker.