5 Rahasia Harmonis untuk Pasangan Beda Usia Jauh

Kamis, 11 November 2021 | 15:17:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

5 Rahasia Harmonis Untuk Pasangan Beda Usia Jauh

Foto: Sportsseoul

Ladiestory.id - Banyak yang berpendapat beda usia jauh tidaklah jadi halangan untuk merajut cinta dan mengarungi bahterai rumah tangga. Namun pada kenyataannya pasangan yang terpaut usia jauh bisa menimbulkan banyak konflik dalam berumah tangga.

Rahasia Harmonis untuk Pasangan Beda Usia Jauh

Saat pacaran atau pada awal menikah mungkin mereka tak menyadarinya, tapi seiring berjalannya waktu banyak hal yang bisa jadi pemicu ketidakharmonisan pasangan beda usia jauh. 

Lantas bagaimana agar pernikahan beda usia jauh bisa harmonis dan langgeng? Simak rahasianya di bawah ini. Inilah beberapa rahasia untuk pasangan yang memiliki beda usia jauh.

1. Saling Menerima Perbedaan yang Ada

Foto: Thebridedept

Beda usia bukanlah satu-satunya perbedaan yang timbul dalam hubungan. Tapi bedanya generasi juga menimbulkan ketidaksamaan yang lebih kentara. Karena itulah harus bisa saling menerima adanya perbedaan generasi tersebut.

Caranya dengan bisa memberikan keseimbangan dengan apa yang dibutuhkan satu sama lain. Karena itu harus ada penerimaan di antara keduanya tentang perbedaan yang ada.

2. Diskusikan Masalah Seks

Pasangan yang beda usia jauh biasanya memiliki kesukaan atau selera yang berbeda dalam hal bercinta atau berhubungan intim. Tak jarang wanita yang jauh lebih muda justru mengalami penurunan libido pada pasangannya yang jauh lebih tua.

Karena itu perlu adanya diskusi antara pasangan ini, mengenai selera dan gaya dalam bercinta agar keduanya bisa saling menikmati.

3. Mencari Ketertarikan yang Sama

Foto: Ladiestory.id

Dari banyaknya pasangan yang beda usia jauh, mereka biasanya mengeluhkan adanya ketertarikan yang berbeda. Seperti dalam hal hobi, musik, film game atau kesukaan lainnya. Pasangan yang lebih muda cenderung menyukai hal-hal yang berbau modern.

Sedangkan pasangan yang lebih tuanya menyukai hal-hal yang sederhana dan cenderung klasik. Karena itu, cobalah untuk mencari dan menemukan ketertarikan yang sama, sehingga hubungan usia jauh bisa harmonis dan langgeng. 

4. Harus Bisa Berkompromi

Pasangan dengan jarak usia yang jauh harus bisa lebih sering berkompromi dibandingkan dengan pasangan yang seumuran. Hal ini  tentu saja karena ada banyak perbedaan yang muncul dari perbedaan usia tersebut.

Keduanya perlu belajar merangkul dan saling menghargai perbedaan tersebut agar bisa menikmati waktu bersama pasangan.

5. Menyelaraskan Masalah Pola Asuh Anak

Foto: Kompas.lifestyle

Pasangan yang lebih muda biasanya akan menerapkan pola asuh anak yang modern, namun tidak halnya dengan pasangannya yang jauh lebih tua. Sehingga masalah pola asuh anak pun kerap kali jadi pemicu konflik pasangan beda usia jauh. 

Karena itu perlu adanya diskusi untuk menyelaraskan pola asuh seperti apa yang dibutuhkan sesuai dengan zamannya.

Itulah 5 rahasia harmonis untuk pasangan beda usia jauh. Jadi, berusaha menemukan kesamaan, keseimbangan dan keselarasan merupakan kunci keharmonisan dan kelanggengan pasangan beda generasi tersebut.