Rayakan Satu Dekade K-Pop ON!, Spotify Hadirkan "Spotify Singles"

Rabu, 7 Februari 2024 | 20:53:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Rayakan Satu Dekade K-Pop On!, Spotify Hadirkan "Spotify Singles"

K-Pop ON! (온) First Crush. (Dok. Spotify)

Ladiestory.id - Spotify mengumumkan anniversary K-Pop ON! (온), playlist global utama K-Pop yang berdedikasi untuk memberikan pendengar sebuah tempat untuk menemukan dan mendengarkan yang terbaik dari genre tersebut pada Selasa (6/2/2024).

Untuk merayakan pencapaian ini, layanan audio streaming berlangganan yang paling populer di dunia akan meluncurkan beberapa series Spotify Singles dari beberapa artis yaitu  ENHYPEN, SHOWNU X HYUNGWON (of MONSTA X), dan STAYC

Apresiasi pada semangat bersama untuk K-Pop, dan semua artis yang memulainya

Berfokus pada tema “My First K-Pop Crush”, beberapa Spotify K-Pop ON! (온) Singles akan menghadirkan beberapa cover lagu dari sunbaes (artis senior) yang pertama kali menginspirasi mereka dalam bermusik pada genre K-Pop. Bukan hanya untuk mengenang masa awal setiap penggemar K-Pop saat mendengarkan artis favorit, dimana karisma dan pesona yang mengikat hati mereka, tetapi juga untuk mengajak penggemar K-Pop untuk merayakan semangat bersama lewat genre.

K-Pop ON! (온) First Crush. (Dok. Spotify)

 

Spotify Singles untuk kampanye K-Pop ON! (온) First Crush akan rilis secara eksklusif di Spotify setiap dua minggu sekali, dimulai dengan rilis ENHYPEN pada tanggal 16 Februari. Spotify K-Pop ON! (온) Single oleh SHOWNU X HYUNGWON akan selanjutnya rilis pada tanggal 29 Februari, diikuti dengan rilis STAYC pada tanggal 15 Maret.

Dengan setiap rilis, pendengar juga bisa menantikan beberapa konten bonus eksklusif di Spotify K-Pop ON!  (온) Video Podcast dan channel YouTube. Seperti video pertunjukan sampai konten di balik layar dan masih banyak lagi, Spotify akan mengajak penggemar K-Pop untuk melihat kisah para artis First K-Pop Crushes, arti di balik pilihan lagu mereka, dan bagaimana artis asli dari lagu-lagu tersebut menginspirasi cerita mereka pada K-Pop.

“Selain memperingati komitmen kami untuk membantu K-Pop berkembang di seluruh dunia dan menghubungkan artis Korea dengan fans dan audiens baru,  kampanye K-Pop ON! (온) First Crush juga merupakan ekspresi bagaimana K-Pop menyentuh hidup kita, membawa kebaikan, dan menyatukan pendengar terlepas dari lokasi mereka atau bahasa yang mereka gunakan,” ujar Jungjoo Park, Head of Music Korea, Spotify.

“Kami sangat senang dapat bekerja dengan ENHYPEN, SHOWNU X HYUNGWON, dan STAYC untuk membawakan Spotify K-Pop ON! (온) Single pertama pada dunia, dan untuk memulai sebuah gerakan untuk merayakan cinta kita bersama pada genre ini," sambungnya.

Merayakan satu dekade membagikan K-Pop pada dunia 

Sebagai bagian dari usahanya untuk mendorong penemuan dan membagikan K-Pop pada audiens global, Spotify meluncurkan playlist utama untuk genre ini pada tahun 2014 silam. Sejak itu, K-Pop ON! (온) sudah di “simpan” oleh 5.3 juta pengguna Spotify secara global dan mendapatkan miliaran pendengar untuk artis Korea - membantu mendorong genre ini diluar batas regional, bahasa dan kultur.

Sejak 2015, jumlah pendengar tahunan dari playlist tersebut mendapatkan peningkatan sebesar 5647%, dan pasar terbaiknya merupakan refleksi dari permintaan global untuk genre ini dengan Amerika Serikat, Indonesia, Filipina, Brazil, Meksiko, India, Malaysia, Thailand, Jepang dan Jerman dalam peringkat 10 terbesar.

Selain digunakan sebagai destinasi utama untuk para penggemar untuk bersatu pada semangat yang sama pada genre ini, K-Pop ON! (온) juga telah menjadi tempat yang penting untuk artis agar musik mereka dapat ditemukan dan mencapai pendengar global.

Pada tahun 2023, Spotify memperluas K-Pop ON! (온) dengan meluncurkan K-Pop ON! (온) Video Podcast dan channel Youtube. Mulai dari konten game-show, wawancara, liputan di balik layar eksklusif dan lebih banyak lagi, channel ini dapat membawa penggemar lebih dekat dengan idola favorit mereka dan juga rilis musik terbaru dalam K-Pop.

Kekuatan dari platform Spotify, dengan pola pikir yang secara sengaja mendorong penemuan musik, mendorong jumlah besar  K-Pop streams. Sejak 2018,  K-Pop streams di Spotify meningkat sebesar 182% di Amerika Serikat, 423% di Asia Tenggara, dan 362% secara global. Berawal dari genre yang hanya dinikmati secara regional, pasar ekspor terbesar K-Pop di Spotify sekarang terdiri dari Amerika Serikat, Indonesia, Filipina, Jepang, Meksiko, Thailand, India, Brazil, Malaysia dan Kanada.