Ladiestory.id » Health » Bahan-bahan Alami Dapur Ini Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh

Bahan-bahan Alami Dapur Ini Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh

LS Health
Penulis: LS Health
Jum'at, 27 Maret 2020 | 11:03:51
Durasi baca: 2 menit, 33 detik
Dibaca: 64 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Bahan-bahan Alami Dapur Ini Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh

Selain rajin cuci tangan, salah satu cara mencegah virus corona adalah dengan menjaga kekebalan tubuh dan mengonsumsi makananan yang menggunakan bahan-bahan alami untuk meningkatkan imun tubuh. Beberapa di antaranya adalah bahan masakan yang kemungkinan besar sudah ada di dapur ini. 

Lemon

Lemon, dan buah-buahan lain yang mengandung vitamin C tinggi, adalah buah sangat baik dalam meningkatkan sistem imun kita. Dagingnya yang kaya akan vitamin C membuat tubuh kita kuat dalam melawan penyakit yang menyerang, khususnya bakteri dan virus pilek dan flu.

Tidak mengherankan jika banyak produk (biasanya minuman) mengandung vitamin C tinggi yang beredar di pasaran. Namun buah-buahan yang alami tentu lebih baik untuk kamu.

Baca juga: 5 Bahan Alami yang Membantu Mengatasi Masalah Kulit Tubuh yang Kering

Jahe

Jahe sering dikonsumsi oleh orang yang terkena pilek dan flu. Pasalnya, seperti halnya vitamin C, jahe sangat baik dalam mencegah pilek dan flu sebelum penyakit tersebut menyerang. Jahe memiliki bahan antimikroba yang ampuh. Jahe juga kaya akan antioksidan dan mineral. Minuman jahe sangat nikmat dikonsumsi di musim hujan karena dapat menghangatkan tubuh, serta membantu mencegah berbagai serangan penyakit. 

Temulawak

Dikutip dari Medical News Today, antioksidan adalah zat yang dapat mencegah atau memperlambat kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, molekul tidak stabil yang diproduksi tubuh sebagai reaksi terhadap tekanan lingkungan dan lainnya. Nah, temulawak adalahh bahan masakan yang penuh dengan antioksidan. Jadi, dengan rajin konsumsi temulawak kamu bisa meningkatkan stamina tubuh. 

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang sering digunakan di dalam masakan Indonesia. Ciri khasnya yang berwarna kuning berasal dari dari bahan aktif curcumin. Komposisi ini membuat kunyit sebagai salah satu rempah anti-inflamasi paling ampuh untuk melawan radikal bebas dan menghambat perkembangan sel tumor. Dalam pengobatan Ayurveda, metode pengobatan tertua di dunia yang berasal dari India ini, kunyit digunakan sebagai obat andalan mereka sampai zaman ini, untuk mengatasi gangguan saluran pencernaan sampai masalah kulit.

Gingseng

Ginseng telah populer selama berabad-abad sebagai obat herbal yang ampuh mengatasi berbagai masalah kesehatan. Ginseng terbagi menjadi dua jenis yaitu ginseng Asia atau Korea (Panax ginseng) dan ginseng Amerika (Panax quinquefolius). Beberapa penelitian menemukan bukti bahwa ginseng dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk membuktikan khasiat ginseng pada sistem kekebalan tubuh, sebuah penelitian dilakukan pada 36 orang yang menderita kanker perut dan telah menjalani operasi. Peneliti memberikan 5.400mg ginseng setiap hari selama dua tahun. Hasilnya, para pasien ini mengalami peningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengalami kekambuhan gejala yang lebih rendah dari sebelumnya.

Baca juga: Zodiak Mingguan 21-27 Oktober, Ini 3 Zodiak yang Alami Cinta Terburuk


Teh hijau

Teh hijau kaya dengan senyawa kimia tumbuhan yang disebut flavonoid. Senyawa flavonoid ini dapat menjaga kesehatan, karena memiliki sifat antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Selain flavonoid, teh hijau juga mengandung senyawa epigallocatechin gallate (EGCG), yang juga bertindak sebagai molekul antioksidan, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Nutrisi teh hijau tidak sampai di situ saja. Kamu juga bisa mendapatkan asam amino L-theanine, yang dilaporkan meningkatkan produksi senyawa penangkal kuman di dalam sel T (kelompok sel darah putih yang juga berperan dalam imunitas).

Menerapkan pola hidup sehat merupakan salah satu langkah terbaik dalam menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Tetap jaga kesehatan kamu dan orang-orang di sekitarmu ya, Ladies. Kita pasti bisa melewati saat sulit ini bersama-sama jika setiap orang melakukan bagiannya. 

Sumber foto utama: Freepik.com

Baca juga: Patut Dicoba! 15 Tips Pemakaian Concealer untuk Wajah dan Tubuh

bahan-bahan alami meningkatkan imun bahan alami untuk imunitas bahan alami untuk mencegah corona bahan alami untuk daya tahan tubuh

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH