?>
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | HARUS DITERAPKAN NIH, 5 KIAT MENJADI SUKSES YANG LEBIH EFEKTIF!

Harus Diterapkan Nih, 5 Kiat Menjadi Sukses yang Lebih Efektif!

LS Lifestyle
Durasi baca: 3 menit, 27 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Harus Diterapkan Nih, 5 Kiat Menjadi Sukses yang Lebih Efektif!

Terus-terusan menyalahkan diri sendiri karena tidak sesukses teman-teman hanya akan membuang-buang waktumu, Ladies. Tanpa kamu sadari, kamu telah menghabiskan puluhan menit setiap harinya, yang terus kamu ulang di hari-hari berikutnya dengan tujuan yang sama, yaitu mencari kesalahan, menyalahkan diri sendiri, dan berfokus pada hal-hal negatif yang sudah kamu lakukan. Ah, daripada kamu hanya membuang waktumu untuk sesuatu yang tidak berguna, lebih baik kamu gunakan untuk mengidentifikasi segala kekuatan dan kelemahanmu saja. Sehingga, kamu bisa menemukan pekerjaan yang cocok dengan kepribadianmu dan meninggalkan hal-hal yang hanya akan merugikan dan membuang waktumu.

Barangkali, kamu memerlukan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) untuk membantumu mengetahui apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman untukmu, Ladies. Kamu bisa menuliskan terlebih dahulu dalam sebuah jurnal pengembangan diri pribadimu tentang analasis SWOT yang kamu analisis pada dirimu sendiri. Cari tahu apa saja pekerjaan yang kamu suka dan yang sering kali orang lain butuhkan darimu. Lalu, cari tahu juga apa saja pekerjaan yang sangat tidak ingin kamu kerjakan dan yang membuatmu malas mengerjakannya. Kemudian, temukan peluang apa saja dan dari mana saja yang sebenarnya bisa kamu dapatkan. Setelah itu, cari tahu apa saja hal yang membuatmu tidak aman, membuatmu cemas, dan yang dapat merusak kesehatan fisik dan mentalmu. Nah, setelah kamu mengetahui dan mencatat itu semua di dalam jurnal pribadimu, kamu bisa meneruskan langkah berikutnya, yaitu menerapkan 5 kiat menjadi sukses yang lebih efektif seperti berikut ini!

1. Identifikasi hal-hal yang ingin kamu raih

Identifikasi hal-hal yang ingin kamu raih
sumber: freepik.com

Setelah kamu melakukan analisis SWOT pada dirimu sendiri, kamu akan menemukan pekerjaan apa saja yang membuatmu bersemangat ketika melakukannya. Kamu juga akan menemukan keahlian apa saja yang kamu punya dan dibutuhkan oleh orang lain dari dirimu. Misalnya saja, banyak teman-temanmu yang kerap memintamu untuk menuliskan kata-kata Mutiara untuk desain undangan acaranya, untuk program bisnisnya, atau sekadar membantu mereka menuliskan caption pada unggahan foto di akun Instagram mereka. Kamu pun ternyata juga menikmati pekerjaan menulis yang persuasif. Maka, kamu bisa menemukan kesimpulan bahwa kamu tak hanya ahli, tetapi juga suka menjalani pekerjaan sebagai penulis dan copywriter. Pekerjaan itulah yang semestinya kamu prioritaskan untuk mengembangkan karirmu.

Baca juga: Bagaimana Cara Memulai Gaya Hidup Yang Minimalis Saat Pandemi

2. Cari tahu bagaimana kekuatanmu dapat membantumu mencapai tujuan

Cari tahu bagaimana kekuatanmu dapat membantumu mencapai tujuan
sumber: freepik.com

Selama ini, kamu tak hanya senang dan pandai menulis. Akan tetapi, banyak juga orang-orang yang meminta bantuanmu untuk menuliskan pesan promosi atau tulisan persuasif untuk menarik pelanggan pada bisnis mereka. Nah, hal itu bisa kamu jadikan peluang, Ladies! Kamu bisa membuka jasa membuat konten tulisan di media sosial dengan syarat mencantumkan namamu sebagai pencipta kata-kata. Tentu, namamu akan semakin dikenal dari jari ke jari melalui media sosial. Bisa jadi, hal itu justru menjadi peluang untukmu mencapai tujuan kesuksesanmu. Jika berhasil, tetaplah fokus untuk menulis dan mengembangkan kemampuan menulismu.

3. Tetap fokus pada keahlianmu untuk mengembangkannya

Tetap fokus pada keahlianmu untuk mengembangkannya
sumber: freepik.com

Tentu, kamu boleh-boleh saja mempelajari keahlian lain yang membuatmu penasaran dan ingin menaklukannya. Namun, apabila kamu sudah berupaya sekuat tenaga dan tetap tidak bisa menguasainya, jangan buang waktumu. Kembalilah untuk fokus mengembangkan keahlianmu saja, Ladies. Meskipun begitu, setidaknya kamu sudah pernah mencoba untuk mempelajari hal baru, bukan? Mempelajari bukan berarti harus menguasai setiap hal. Daripada kamu membuang waktu hanya untuk hal yang tidak pasti, lebih baik gunakan waktu dan tenagamu untuk mengembangkan kekuatanmu saja.

4. Segera hadapi dan tangani apa yang menjadi penghambat keberhasilanmu

Segera hadapi dan tangani apa yang menjadi penghambat keberhasilanmu
sumber: freepik.com

Setiap manusia pasti akan mendapati rintangan di setiap prosesnya berkembang. Tak terkecuali kamu, kamu pun pasti juga akan menemukan penghambat keberhasilanmu. Nah, daripada kamu membiarkan penghambatmu itu semakin membesar dan menumpuk, ada baiknya jika kamu segera menanganinya ketika kamu mulai merasakan adanya kehadiran hal-hal yang membuatmu tidak aman, Ladies. Jangan pernah kabur dari masalah, ya. Sebab, jika kamu menghindari segala penghambat itu, sama saja dengan kamu menimbun berbagai masalah hingga menumpuk setinggi gunung!

5. Tetap fokus dan konsisten

Tetap fokus dan konsisten
sumber: freepik.com

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan di samping berdoa, adalah dengan tetap fokus dan konsisten mengembangkan keahlianmu. Tak usah pedulikan omongan orang lain yang tidak membangun. Fokus saja menghabiskan waktumu untuk berusaha, berdoa, menjaga kesehatan, dan berbagi kasih kepada orang-orang dan makhluk hidup di sekitar. Jangan lupa, lakukan semua hal itu dengan konsisten dan ambil liburan sesekali untuk menyegarkan pikiran.

Ternyata, berupaya menjadi sukses itu tak sesulit yang kita bayangkan kan, Ladies? Yuk, jangan malas berusaha!

Baca juga: Gaya Berpakain Untuk Kamu Yang Berbadan Kurus


lifestyle gaya hidup kesuksesan karir sukses cara sukses lebih cepat cara sukses lebih mudah pengembangan diri career

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle