?>
LADIESTORY.ID » HEALTH » PONSELMU LEBIH KOTOR DARI TOILET; BERIKUT CARA AMAN MEMBERSIHKANNYA

Ponselmu Lebih Kotor dari Toilet; Berikut Cara Aman Membersihkannya

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 21 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Ponselmu Lebih Kotor dari Toilet; Berikut Cara Aman Membersihkannya

Bukannya menakut-nakuti, tapi penelitian memperlihatkan ponsel membawa lebih banyak bakteri dibandingkan dudukan toilet. Meski memang tidak semua organisme yang ditemukan di dalam ponsel berbahaya, tetapi ada beberapa jenis bakteri dan virus yang mesti dihindari. Kondisi handphone tersebut semakin mengerikan jika kamu membawa ponsel tersebut ke kamar mandi dan meninggalkan toilet tanpa mencuci tangan. Yikes. Jadi, apa yang bisa dilakukan untuk memastikan ponsel bersih? Pertama-tama, tidak membawanya ke kamar mandi. Setelah itu, lakukan beberapa cara membersihkan handphone di bawah ini. 

Langkah 1: Tanggalkan Sarung Ponsel

Kemungkinan besar sarung ponselmu sama kotornya—atau bahkan lebih—dibandingkan ponsel. Jadi, langkah pertama untuk membersihkan handphone adalah melepaskan sarung ponselnya. Jadi sarungnya bukan model yang slip-on, cari tahu bagaimana menanggalkannya dengan aman. Jangan sampai hanya karena ingin membersihkan, ponselmu rusak dan tidak bisa dipakai lagi. 

Jika ponsel dipasang screen protector, ada baiknya dilepaskan juga. Celah antara kaca dan layar ponselmu adalah tempat favorit para kuman bersembunyi.

Baca juga: Intip Trik Sederhana, Memilih Bahan Hijab Sesuai Bentuk Wajah

Langkah 2: Seka Ponsel dengan Kain Microfiber

Sebelum menggunakan disinfektan, gunakan lap microfiber untuk menyeka permukaan ponselmu. Jangan gunakan tisu biasa karena terlalu kasar dan lagian tisu sangat mahal sekarang ini dan kamu membutuhkannya untuk hal lain. Saat mengusapnya, pastikan ponsel tidak terhubung dengan listik. 

Pastikan microfiber dalam keadaan kering. Bahkan jika ponselmu tahan air, cairan akan membuat kotoran yang berada di permukaan semakin terbenam di dalam charging port atau speaker screen. Alhasi, semakin banyak kuman bersarang di ponselmu. 

Langkah 3: Usap dengan Pembersih

Sekarang saatnya membersihkan ponsel dengan pembersih (hindari pembersih berbahan aerosol, pemutih, dan bahan keras lainnya). Bahkan jika pembersih lantaimu berhasil mengkinclongkan lantai rumah, jenis ini tidak cocok untuk ponsel. Alih-alih membuatnya mengkilap, layar ponsel akan rusak dan silakan mengucapkan selamat tinggal pada gawai yang sudah kamu beli dengan darah dan keringat tersebut. 

Coba gunakan wipes dengan kandungan 70% isopropyl alcohol atau Clorox Disinfecting Wipes untuk membersihkan layar dan sarung ponselmu (hanya jika terbuat dari plastik keras). Usahakan juga untuk tidak membuat ponselmu terlalu basah. 

Langkah 4: Ganti Sarung Ponsel

Oke, ini mungkin akan sulit apalagi jika sarung ponsel tersebut kamu beli dari luar negeri atau sebuah barang langka. Akan tetapi jika umurnya sudah berbulan-bulan, kemungkinan besar sarung ponsel sudah menghasilkan retakan atau mulai terlihat aus. Dan inilah tempat kuman dan virus menyembunyikan diri dari lap disinfektan. 

Baca juga: Trik Fashion! Untuk Cewek dengan Tinggi Minimal, Gaya Maksimal


Jika sarung ponsel terbuat dari kulit atau kain, jangan gunakan lap beralkohol karena akan merusak permukaannya. Coba pakai air bersih dan kain lembut untuk membersihkan permukaan sarung, lalu keringkan dengan lap microfiber.

Langkah 5: Lakukan Sesering Mungkin

Sama seperti mencuci tangan saat tiba di rumah, bersihkan juga ponselmu sesering mungkin. Jadi, pastikan selalu ada pembersih ponsel yang tepat di rumah agar meski dibersihkan secara regular, ponsel tidak rusak. 

Itu dia cara membersihkan handphone tanpa membuatnya rusak. Selamat membersihkan gawai favoritmu, dan jangan lupa mencuci tangan setelah melakukannya, ya. 

Sumber foto utama: Shutterstock.com

Baca juga: Trik Membuat Wajah Tirus dengan Makeup

membersihkan ponsel kebersihan ponsel trik membersihkan ponsel kesehatan dan kebersihan pribadi membersihkan dengan disinfektan cegah coronavirus pencegahan coronavirus

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH