Dear Job Seeker, Ini 5 Aplikasi Pencari Kerja yang Bisa Kamu Coba

Kamis, 23 Desember 2021 | 15:30:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Dear Job Seeker, Ini 5 Aplikasi Pencari Kerja Yang Bisa Kamu Coba

Ilustrasi mencari kerja. (Special)

Ladiestory.id - Seiring dengan perkembangan kecanggihan teknologi, saat ini Kamu melamar kerja secara online. Walau tidak mudah, akan tetapi saat ini banyak aplikasi lowongan kerja yang bisa membantu dalam mencari kerja. 

Rekomendasi Aplikasi Pencari Pekerjaan

Nah, untuk Kamu yang sedang mencari pekerjaan, Ladiestory.id merangkum beberapa rekomendasi aplikasi pencari kerja yang bisa Kamu coba.

1. JobStreet

Ilustrasi aplikasi JobStreet. (Special)

JobStreet adalah salah satu aplikasi pencari kerja populer di Indonesia. Aplikasi ini menyediakan lebih dari 230 Ribu pekerjaan yang dapat Kamu lamar. Bagi Kamu yang tertarik kerja di luar negeri, JobStreet juga menawarkan lowongan dari berbagai negara lainnya, seperti Singapura, Malaysia, Vietnam, dan Filipina.

Fitur yang terdapat dalam aplikasi lowongan kerja JobStreet ini juga memudahkan para job seeker dengan adanya mobile notification. Setiap harinya, LiNa JobStreet akan memberikan notifikasi pekerjaan terbaru melalui email. Kamu pun bisa langsung melamar pekerjaan hanya lewat ponsel Android.

2. LinkedIn

Ilustrasi aplikasi LinkedIn. (Special)

Tidak hanya sebagai aplikasi media sosial saja, LinkedIn pun berperan menjadi aplikasi lowongan kerj,a lho. Ribuan bahkan jutaan para profesional mempunyai akun LinkedIn. Bahkan, tak jarang pula perusahaan maupun tempat kerja lainnya mencari pekerja lewat LinkedIn.

LinkedIn menyediakan fitur notifikasi pekerjaan yang sesuai dengan Kamu, setelah mengisi data diri terkait skill-mu. Pengguna LinkedIn juga bisa menulis artikel yang selanjutnya akan dibagikan dan juga dibaca oleh para pengguna LinkedIn lainnya, bahkan mungkin dibaca oleh perusahaan yang memerlukan skill Kamu.

Melalui aplikasi jobsDB Job Search, ada lebih dari 120 Ribu pekerjaan baru yang bisa Kamu lamar. Tak hanya berasal dari Indonesia, tapi ada juga lowongan kerja dari  negara tetangga, seperti HongKong, Singapura, dan Thailand. 

Tak berhenti sampai di situ, aplikasi ini pun menyediakan fitur semacam pencarian kerja menurut lokasi dan minat yang disesuaikan dengan skill Kamu. Kamu pun perlu membuat sebuah ID dan resume yang mesti diunggah ke akun jobsDB Job Search.

Ilustrasi aplikasi Indeed. (Special)

Masih seputar aplikasi lowongan kerja yang memberikan pekerjaan baru di beragam negara, Indeed Job Search menyediakan lowongan kerja dari 60 negara dan 28 bahasa berbeda. Terdapat beraneka macam fitur yang memudahkan para pencari kerja dengan lebih dari 200 juta pekerjaan baru. 

Jika Kamu tidak ingin memperoleh pekerjaan yang terlalu jauh, Kamu bisa memakai fitur GPS yang terdapat pada smartphone untuk mencari pekerjaan di daerah dekat rumah. Selain menawarkan pekerjaan tetap, aplikasi ini pun membuka pekerjaan bagi mahasiswa magang.

5. JOB TODAY – jobs in 24hrs

JOB TODAY merupakan aplikasi pencari kerja, yang menganggap jika para penggunanya akan mudah memperoleh pekerjaan dengan kurun waktu 24 jam. Tak hanya itu, aplikasi lowongan kerja ini pun mengklaim dapat memudahkan Kamu ketika mencari dan memperoleh pekerjaan dengan hanya satu kali tekan saat melamar pekerjaan.

Fitur lain yang disediakan dalam JOB TODAY yaitu chat khusus bagi pelamar dan penerima kerja. Fitur chat ini akan memudahkan para pelamar dan calon tempat kerja dalam menentukan jadwal interview dan tes kerja.

Rekomendasi aplikasi pencari kerja di atas juga bisa dicoba para fresh graduate, lho. Semoga sukses!