Lama Nganggur? Ini 5 Tips untuk Cepat dapat Kerja

Kamis, 27 April 2023 | 20:19:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Lama Nganggur? Ini 5 Tips Untuk Cepat Dapat Kerja

Ilustrasi perempuan sedih atau galau. (Special)

Ladiestory.id - Ladies, persaingan dunia kerja memang begitu sengit, apalagi bagi kamu yang susah untuk mendapat kerja alias suka pilih-pilih kerjaan, padahal kamu memilki potensi dan kemampuan yang tidak kalah dari orang lain.

Namun nyatanya tak hanya potensi dan kemampuan diri saja yang bisa menjadi acuan, bahkan dibeberapa perusahaan pun memiliki kriteria tersendiri pada calon kandidatnya, oleh sebab itu kamu dituntut untuk serba siap dan memiliki mental yang kuat untuk tidak menyerah saat sedang berburu kerja.

Tapi kalau kamu suka pilih-pilih pekerjaan itu enggak baik, lho. Alhasil kamu akan semakin lama menganggur dan tidak bisa mendapatkan pengalaman apalagi penghasilan. Jangan putus asa dan patah semangat, coba lakukan lima  tips ini agar kamu cepat segera mendapatkan pekerjaan.

Perbaharui CV Terbaikmu

Ilustrasi CV. (Special)

 

Ladies, bagi kamu yang sudah puluhan atau ratusan kali mengirim berkas lamaran kerja namun tak kunjung mendapat panggilan kerja, coba lihat kembali kenapa kamu lama sekali dipanggil untuk interview kerja. Bukan karena belum rezekinya saja, namun coba perhatikan susunan CV-mu, apakah ada data pribadi yang kurang lengkap atau CV-mu kurang terlihat menarik. 

Nah, sebelum adanya panggilan untuk kerja kamu masih bisa memperbaharui CV dan memperbaiki susunan, meng-update pengalaman-pengalaman dan keahlian yang kamu miliki untuk dicantukman dengan baik dan lebih menarik di CV-mu.

Ingat, diluar sana akan ada ribuan pelamar kerja yang juga akan bersaing denganmu, jangan hanya karena CV-mu terlihat monoton bahkan lupa mencantumkan data pribadi yang terlihat sepele, kesempatanmu jadi terbuang sia-sia, lho. Maka dari itu, perhatikan CV-mu dan buatlah semenarik mungkin ya, Ladies?

Jangan Asal Lamar Kerja

Ilustrasi melamar kerja. (Special)

 

Yup, tak hanya sekedar melamar kerja, kamu juga bisa mencari tahu terlebih dahulu tentang perusahaan yang ingin kamu tuju. Perhatikan pula posisi yang ingin kamu ambil, apakah sesuai dengan keahlianmu atau tidak. Hal ini pun akan mempengaruhi kinerjamu nantinya.

Selain itu, perhatikan pula lokasi di tempat yang ingin kamu ambil. Jika kamu berniat untuk mengambil pekerjaan jauh dari domisilimu maka kamu juga harus siap secara fisik dan mental untuk berjauhan dari keluargamu, untuk itu jangan asal melamar pekerjaan. Biasanya, lokasi kerja menjadi salah satu  yang diperhatikan oleh seorang jobseeker.

Jika kamu mendapat panggilan interview kerja di tempat yang jauh jangan sampai ujung-ujungnya kamu tolak dan menyesal kemudian hanya karena alasannya jauh. Maka dari itu, cermati dahulu sebelum kamu berani untuk memutuskannya, Ladies.

Latihan Tes Soal dan Interview Kerja

Ilustrasi interview kerja. (Special)

 

Baru pertama kali ingin bekerja tentu perasaanmu akan campur aduk, tidak percaya diri, takut tidak menguasai informasi bahkan merasa takut tidak sesuai kriteria yang dicari oleh perusahaan.

Nah, daripada waktu luangmu terbuang sia-sia begitu saja dan belum adanya panggilan dari tempat kerja yang kamu lamar satupun menghubungimu, coba kamu mempelajari tentang tips dan trik tentang interview kerja ataupun soal-soal tes baik itu psikotest dan lainnya.

Dengan begitu kamu bisa mendapatkan gambaran ketika berpapasan langsung dengan HRD maupun tes-tes yang menentukan apakah dirimu layak atau tidak menjadi calon kandidat karyawan perusahaan seperti yang mereka cari. Kamu bisa mendapatkan pengetahuan ini melalui buku-buku maupun informasi di kanal YouTube maupun tips-tips jitu yang bertebaran di sosial media.

Pelajari Hal-hal Baru

Ilustrasi belajar hal baru. (Special)

 

Ritme dalam dunia kerja begitu pesat dan cepat, maka dari itu kamu tidak boleh kalah dan tertinggal dari pesaingmu yang lain. Kamu harus memiliki inisiatif yang tinggi serta giat untuk mempelajari berbagai hal baru sebagai bekal mu sebelum masuk di dunia kerja salah satunya adalah keterampilan.

Tentunya keterampilan bisa berbagai macam misalnya keterampilan dalam berkomunikasi hingga keterampilan dalam keahlian unik yang kamu miliki. Oleh sebab itu kamu harus memiliki keunggulan yang mampu kamu pancarkan dalam dirimu.

Move on Ketika Kamu Gagal Diterima Kerja

Ilustrasi mencari kerja. (Special)

 

Yup, salah satu syarat kandidat calon pekerja diantaranya dapat sukses melewati tahapan interview, psikotest   maupun test medical check-up. Tidak menutup kemungkinan ada hal-hal lain yang menjadi pertimbangan sebuah perusahaan untuk merekrut dirimu, lho.

Jika kamu gagal karena kurang menguasai pemahaman tentang perusahaan yang kamu lamar, maka jangan putus asa begitu saja, tentunya hal ini bisa menjadi pengalaman bagimu untuk diinterview kerja berikutnya.

Move on dan jangan hanya fokus disatu lowongan pekerjaan saja, bisa saja kamu gagal di perusahaan tersebut namun berjaya di perusahaan yang lebih baik nantinya. Tetap semangat, berdoa dan terus berusaha, Ladies.

Semoga bermanfaat.