Dapat Mengasah Otak, 6 Rekomendasi Genre Buku Bacaan untuk Mengisi Waktu

Kamis, 21 Oktober 2021 | 16:15:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Dapat Mengasah Otak, 6 Rekomendasi Genre Buku Bacaan Untuk Mengisi Waktu

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Aktif bergerak setiap harinya merupakan kunci menjaga kesehatan fisik serta mental. Walau begitu, apa yang dikerjakan di kala bersantai pun ikut berpengaruh pada kesehatan otak. Misalnya dengan menenggelamkan diri pada buku bacaan yang bagus untuk dirimu.

Membaca buku merupakan aktivitas yang baik untuk kesehatan otak. Akan tetapi terdapat jenis buku yang baik dalam hal tersebut. Beberapa di antaranya yaitu buku biografi, sejarah, literatur klasik, sampai buku agama serta budaya.

Saat membaca, otak memperoleh tantangan guna menyelami huruf demi huruf yang dicerna. Pada waktu jangka panjang, ini sangatlah bagus dalam mengasah otak.

Rekomendasi Buku Bacaan

Ini dia rekomendasi genre buku bacaan yang dapat mengasah otak.

1. Biografi

buku bacaan
Foto: penerbitbukudeepublish

Tidak hanya memberikan perspektif baru mengenai kejadian atau profil seseorang, biografi pun memberi gambaran mengenai pola pikir seseorang. Sering kali, hal tersebut menjadi bias sebab paparan informasi mengenai sosok inspiratif yang dikemas media atau buku sejarah.

Saat memilih buku biografi, pastikan sosok yang menarik bagi kamu. Baca sisi lain dari kehidupan mereka. Dapat pula, ini akan menjadi titik balik cara memandang sosok tersebut dengan sudut pandang yang berbeda sepenuhnya.

2. Buku Sejarah

Sejarah merupakan hal yang menarik. Bila ingin tenggelam pada buku seperti ini, pilih era yang menurut kmu menarik guna diselami lebih jauh. Dengan cara ini, otak akan “berolahraga” dengan mengingat kejadian, orang, serta era tertentu. Otak mulai membangun koneksi demi koneksi.

Sejumlah jenis buku sejarah pun kadang kadang mengangkat ide atau tren tertentu. Ini pun tak kalah menarik guna dikenal lebih jauh.

3. Buku dari Penulis Asing

buku bacaan
Foto: Ladiestory.id

Membaca buku dari penulis asing bisa memberikan sudut pandang luar biasa mengenai budaya suatu tempat maupun wilayah. Terdapat banyak detail semacam kebiasaan yang sangat berbeda dibandingkan dengan di negara kanu. Saat sebuah buku ditulis dengan bahasa yang berbeda, dapat jadi ini akan mengetuk pintu pikiran kamu untuk menjadi lebih terbuka.

4. Sajak

Buku berisi sajak maupun puisi sebetulnya begitu menakjubkan. Beragam simbol dan analogi yang terdapat pada puisi bisa menggelitik otak lebih dalam lagi. Kamu akan tenggelam pada membedah makna yang masih abstrak.

Guna melakukannya, coba pilih buku kumpulan syair serta pilih satu setiap harinya. Alokasikan waktu guna memahami puisi tersebut, membacanya keras-keras, dan biarkan otak memahami makna dari setiap kata. Resapi dan imajinasikan.

5. Literatur Klasik

buku bacaan
Foto: Ladiestory.id

Dapat jadi, tulisan terhebat di dunia ada pada literatur klasik. Kadang kadang, buku klasik pun memberikan bonus dengan mengajak memahami sejarah suatu negara.

Mungkin pada mulanya literatur klasik rasanya kurang menarik. Akan tetapi tunggu sampai kamu membalik beberapa halaman, otak mulai beradaptasi terhadap cara penulisan dan menarik kamu ke era dan cara berbicara yang jauh berbeda. Kian berbeda bahasa, kian panjang kalimat, akan menantang otak lebih dalam lagi.

6. Sains

Begitu hebatnya buku sains sebab memuat beragam konsep dan ide mengenai hal-hal yang mungkin belum pernah kamu pikirkan sebelumnya. Terdapat berbagai fenomena di dalamnya.

Pilihlah topik yang menjadikan kamu penasaran, apapun itu. Baik dari astronomi sampai reaksi kimiawi, apapun dapat menjadi media pembelajaran bagi otak. Setidaknya, dengan membaca buku bacaan yang bagus seperti ini kamu akan mengantongi ilmu yang tak sedikit.

Siapa tahu setelah kamu membaca rekomendasi buku bacaan di atas, otak kamu dapat menjadi lebih terasah lagi kedepannya. Bagaimana? Tertarik untuk membacanya?