Dijamin Seru, Ini 5 Rekomendasi Film India Terbaik Bertema Pendidikan

Sabtu, 11 Desember 2021 | 00:01:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Dijamin Seru, Ini 5 Rekomendasi Film India Terbaik Bertema Pendidikan

Ilustrasi mengajar. (Spesial)

Ladiestory.id - Mungkin kebanyakan orang mengira jika film India biasanya identik dengan tema percintaan. Namun jangan salah loh, ada juga kok beberapa film india terbaik yang mengambil tema pendidikan.

Bahkan jalan ceritanya sangat seru dan bisa dijadikan tontonan yang bagus untuk anak-anak karena sarat akan pesan moral dan ilmu di dalamnya.

Rekomendasi Film India Terbaik Bertema Pendidikan

Film India terkenal dengan ciri khasnya yang selalu ada lagu dan tarian. Namun selain memfokuskan pada lagu dan tarian, film India juga menawarkan cerita seru dengan mengangkat isu tertentu yang menarik.

Jika kamu sedang mencari film India terbaik yang bagus sebagai tontonan untuk semua usia dan bertema pendidikan, maka berikut ini rekomendasinya.

1. Chalk n Duster (2016)

Ilustrasi chalk n duster. (Spesial)

Untuk rekomendasi pertama, kamu bisa menonton film India berjudul Chalk n Duster. Film ini dibintangi oleh aktris Juhi Cawla dan Shabana Azmi. Chalk n Duster bercerita mengenai dua orang guru yang bernama Jyoti dan Vidya.

Keduanya memiliki hubungan emosional yang erat dengan murid-muridnya. Karena baik itu Jyoti maupun Vidya memiliki cara mengajar yang asyik. Namun suatu hari datang kepala sekolah baru yang bernama Kamini Gupta.

Kepala sekolah baru mengubah sistem dan peraturan sekolah, sehingga para siswa dan guru menderita. Jyoti dan Vidya berusaha keras untuk mengembalikan keadaan menjadi seperti semula.

2. Three Idiots (2009)

Ilustrasi three idiots. (Spesial)

Film yang disutradarai Vidhu Vinod Chopra ini memiliki cerita yang kuat dan sangat inspiratif. Film berfokus pada kisah 3 orang mahasiswa di jurusan Teknik Mesin, yaitu Ranccho Shamaldas Chancad (Aamir Khan), Raju Rastogi (Sharman Joshi), dan Farhan Qureshi (Madhavan).

Ketiganya menjalani suka duka bersama saat berkuliah di kampus Imperial College of Engineering (ICE). Kehidupan belajar yang keras mewarnai kisah anak perkuliahan tersebut.

Namun tidak demikian dengan Rancho yang selalu memiliki cara unik untuk belajar dibandingkan mahasiswa lain. Banyak konflik yang dihadirkan dalam film ini.

Mulai dari keinginan orang tua dan anak yang tidak sejalan, termasuk dalam memilih program studi. Hingga kisah persahabatan dan percintaan yang mengharukan. Kamu akan tercengang juga di akhir film karena ada plot twist yang cukup mengagetkan.

3. Taare Zameen Par (2007)

Ilustrasi taara zameen par. (Spesial)

Film yang disutradarai dan dibintangi oleh Aamir Khan ini menjadi salah satu yang sangat recommended untuk ditonton. Terutama bagi orang tua karena film ini mengangkat isu betapa pentingnya melihat anak dari berbagai sudut pandang yang berbeda.

Film Taare Zameen Par bercerita tentang seorang anak bernama Ishaan (Darsheel Safary) yang belum bisa membaca dan menulis untuk anak seusianya. Hal ini cukup membuat jengkel guru dan orang tuanya.

Akhirnya Ishaan dimasukkan ke sekolah berasrama. Namun di sekolah barunya inipun Ishaan sering dimarahi gurunya karena sering melamun dan tidak pernah mencatat tugas yang diberikan.

Hingga suatu hari ada guru baru yang bernama Ram Shankar (Aamir Khan) yang bertugas mengajar kesenian. Oleh Ram inilah, Ishaan diketahui menderita disleksia. Ram pun tidak tinggal diam. Dirinya kemudian membantu Ishaan belajar membaca, berhitung, dan menulis dengan caranya sendiri.

4. I Am Kalam (2010)

Ilustrasi i am kalam. (Spesial)

Film bertema pendidikan yang satu ini sangat layak ditonton karena isi ceritanya yang berfokus pada perjuangan dan kerja keras dalam belajar. I Am Kalam bercerita mengenai seorang anak bernama Chotu yang merupakan anak cerdas, namun berasal dari keluarga miskin.

Chotu dikirim oleh ibunya untuk bekerja di pinggir jalan Dhaba Bhati agar bisa memiliki penghasilan untuk dirinya dan keluarga. Dengan kondisi serba kekurangan tersebut, Chotu berjuang untuk terus belajar. Dirinya terinspirasi untuk menjadi sukses seperti kehidupan luar biasa Presiden Kalam.

5. Hickhi (2018)

Ilustrasi hickhi. (Spesial)

Film yang satu ini dijamin seru untuk ditonton dari awal hingga akhir. Film yang disutradarai  oleh Sidhart Malhotra ini bercerita mengenai seorang guru yang bernama Naina Mathur (Rani Mukerji).

Naina diketahui memiliki sindrom Tourette yang membuatnya sulit diterima sebagai pengajar di berbagai sekolah. Suatu hari dirinya mendapatkan panggilan untuk mengajar di kelas khusus.

Kelas ini berisikan anak-anak jalanan yang sebelumnya bersekolah di tempat yang kemudian digusur. Tidak banyak guru yang bisa bertahan untuk mengajar kelas khusus ini. Namun tidak dengan Naina, dirinya justru tetap bertahan dan berusaha membuat anak-anak agar mau belajar lebih giat lagi.