Rekomendasi 5 Gunung Favorit Pendaki untuk Rayakan Hari Kemerdekaan

Selasa, 16 Agustus 2022 | 13:30:00

Rekomendasi 5 Gunung Favorit Pendaki Untuk Rayakan Hari Kemerdekaan

Ilustrasi merayakan Hari Kemerdekaan dengan mendaki gunung. (dok. Voltras Agent)

Ladiestory.id - Tidak terasa Hari Kemerdekaan Republik Indonesia sudah di depan mata. Jatuh pada hari Rabu, Indonesia akan merayakan ulang tahun kemerdekaannya yang ke-77 tahun. Momen ini juga menjadi flashback ke masa 77 tahun lalu ketika para pahlawan dan leluhur berjuang untuk bisa menikmati indahnya sebuah arti kemerdekaan. 

Banyak sekali event yang sering diadakan untuk menyemarakkan Hari Kemerdekaan Indonesia ini. Mulai dari lomba-lomba yang khas, merias kampung atau sudut kota dengan segala macam pernak-pernik khas kemerdekaan, serta melakukan aktivitas yang memberi arti bahwa semua merasakan indahnya kemerdekaan Indonesia.

Tidak terkecuali bagi para pecinta alam yang memang sering sekali naik gunung. Tentu akan terasa nikmatnya jika melakukan pendakian saat saat Hari Kemerdekaan Indonesia tiba. Di mana kamu bisa mengibarkan bendera merah putih di atas gunung dan bisa merasakan momen luar biasa perjuangannya saat di puncak.

Lalu tahukan kamu di mana saja gunung favorit para pendaki untuk mengibarkan bendera merah putih dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia? Berikut ini rekomendasinya.

Gunung Rinjani

Pemandangan Gunung Rinjani saat momen 17 Agustus. (wiranurmansyah.com)

Tempat pertama tentunnya pada gunung yang memang menjadi favorit bagi para pendaki di Indonesia, yaitu Gunung Rinjani. Saat menjelang Hari Kemederdakaan, gunung yang satu ini juga menjadi tempat favorit para pendaki untuk mengibarkan bendera merah putih saat tiba di puncak.

Gunung Rinjani berada di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Selain bisa mengibarkan bendera merah putih di puncaknya, kamu juga bisa melihat cantiknya pemandangan alam di gunung ini. Diketahui untuk mendaki gunung ini memerlukan waktu dua hari dengan berjalan kaki. 

Gunung Prau

Pemandangan Gunung Prau saat momen 17 Agustus. (Instagram.com/mt.prau)

Gunung yang kedua yang menjadi favorit para pendaki adalah gunung Prau. Gunung Prau berada di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah.

Gunung Prau sudah lama menjadi favorit para pendaki untuk bisa merayakan Hari Kemerdekaan. Karena ketika tiba di atas puncaknya, selain bisa mengibarkan bendera merah putih, juga akan disambut dengan indahnya pemandangan serta beberapa gunung yang berada di dekat Gunung Prau.

Gunung Merapi

Suasana perayaan 17 Agustus di Gunung Merapi. (Instagram.com/btngunungmerapi)

Gunung berikutnya yang selalu menjadi favorit bagi para pendaki adalah gunung yang dikenal sebagai gunung yang tidak pernah ingkar janji. Yups, Gunung Merapi adalah gunung yang selalu dipadati oleh para pendaki kala menyambut momen kemerdekaan Indonesia tiba.

Gunung Merapi berada di wilayah Jawa Tengah, tepatnya Kabupaten Klaten di sisi tenggara, Kabupaten Magelang di sisi barat, serta Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur. Itulah sebabnya, gunung ini sangat mudah dijangkau oleh para pendaki dari berbagai daerah, sebelum akhirnya bisa mendaki ke puncaknya.

Gunung Semeru dan Bromo

Perayaan 17 Agustus di puncak Gunung Semeru. (warisanbudayanusantara.com)

Gunung selanjutnya yang menjadi gunung favorit pendaki dalam mendaki saat momen Hari Kemerdekaan Indonesia adalah dua gunung yang letaknya berdekatan, yaitu Gunung Semeru dan Bromo.

Kedua gunung ini terletak di Taman Nasional Bromo Tengger, Jawa Timur. Secara administratif, Gunung Semeru dan Bromo berada di empat wilayah, tepatnya di Malang, Probolinggo, Lumajang dan Pasuruan. Banyak sekali pendaki yang datang saat menjelang momen 17 Agustus untuk merayakan Hari Kemerdekaan.

Gunung Gede Pangrango

Merayakan Hari Kemerdekaan di Gunung Gede Pangrango. (Special)

Gunung terakhir yang menjadi favorit para pendaki dan letaknya tidak jauh dari ibu kota Jakarta adalah Gunung Gede Pangrango. Gunung ini berada di Kabupaten Bogor dan Cianjur sehingga sangat mudah dijangkau oleh para pendaki.

Saat menjelang Hari Kemerdekaan, Gunung Gede Pangrango juga menjadi favorit bagi para pendaki untuk merayakan momen 17 Agustusan di puncak gunung.

Bagaimana Ladies apakah kamu juga tertarik untuk naik gunung saat momen Hari Kemerdekaan?