Rekomendasi Jenis Tanaman Air untuk Aquarium dan Kolam Ikan

Selasa, 12 Oktober 2021 | 08:00:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Rekomendasi Jenis Tanaman Air untuk Aquarium dan Kolam Ikan

Foto: amazon

Ladiestory.id - Untuk kamu yang memelihara ikan, pasti ingin menciptakan ekosistem yang baik bagi ikan supaya bisa bertahan hidup lebih lama. Oleh sebab itu, kamu dapat menambahkan beragam jenis tanaman air hias di habitat hidup ikan.

Bagi kamu yang ingin memperindah penampilan akuarium di rumah maupun kolam ikan di halaman, menambah jenis tanaman air yang yang dapat untuk hiasan bisa menjadi solusinya. Meletakkan tanaman hias memberikan pasokan oksigen segar, dan sejumlah tanaman pun memberikan makanan untuk ikan di akuarium dan kolam, lho.

Terdapat banyak jenis tanaman air hias yang dapat ditanam di aquarium ataupun kolam ikan supaya semakin menambah nilai estetika. Yuk, simak ulasan berikut ini.

Jenis Tanaman Air untuk Akuarium

Berikut adalah rekomendasi jenis tanaman air untuk mengisi akuarium kamu.

1. Water Wisteria

tanaman air
Foto: orami

Tanaman water wisteria mempunyai bentuk daun renda yang tinggi layaknya daun hijau, sehingga memberikan aksen hijau cerah yang indah bagi akuarium kamu. Di samping itu, water wisteria bisa ditanam di dasar akuarium menjadi karpet bila kamu menginginkannya.

Tanaman hias akuarium ini mudah tumbuh serta memerlukan perawatan minimal. Kamu dapat menanam tumbuhan ini di area dengan cahaya sedang, serta tumbuh baik pada suhu 23-27 derajat celsius.

2. Java Moss

tanaman air
Foto: orami

Java moss merupakan tanaman populer bagi akuarium yang juga termasuk tanaman yang tidak memerlukan banyak perawatan.

Tanaman hias akuarium ini cenderung tumbuh di kayu apung dan batu. Tanaman ini tumbuh di bagian bawah akuarium, dan bisa memberikan perlindungan untuk bayi ikan.

Java moss dapat tumbuh di tempat dengan ragam jenis cahaya (tinggi/sedang/rendah), dan pada suhu antara 21-32 derajat celsius.

3. Amazon Sword

tanaman air
Foto: orami

Tanaman hias akuarium ini mempunyai bentuk tinggi yang mirip pedang, karena ini dibilang sebagai "pedang Amazon".

Tanaman ini sangat baik dalam memberikan latar belakang maupun sebagai tempat persembunyian untuk ikan hias dalam akuarium rumah.

Tinggi tanaman ini dapat mencapai 50 cm, dan kerap ditanam di area belakang akuarium dengan berkelompok. Tumbuhan ini tumbuh dengan baik di suhu 22-27 derajat celsius.

Jenis Tanaman Air untuk Kolam Ikan

Jika tadi sudah mengetahui tentang jenis tanaman air yang cocok untuk akuarium, berikut ini beberapa rekomendasi tanaman air untuk kolam ikan.

1. Amazon Frogbit

tanaman air
Foto: orami

Amazon frogbit merupakan tanaman air terapung yang populer bagi kolam ikan, bahkan akuarium. Akarnya terletak di bawah air sedangkan daunnya muncul di permukaan dengan bentuk bulat yang pipih. Munculnya jenis tanaman air ini akan menyediakan pasokan oksigen bagi ikan di kolam.

Tapi kamu mesti rajn-rajin membuang daunnya yang sudah tua. Ini sebab Amazon Frogbit cepat sekali berkembang dan dapat menutupi seluruh permukaan kolam.

2. Azolla

tanaman air
Foto: orami

Azolla merupakan tanaman yang sangat produktif dan bisa menutupi seluruh permukaan kolam dengan daunnya yang kecil serta anti air dalam hitungan hari.

Nama umumnya Mosquito Fern sebab salah satu manfaatnya bisa mengusir nyamuk bertelur. Sehingga menghindari munculnya jenting-jentik nyamuk di kolam. Tidak itu saja, Azolla pun dapat dipakai sebagai sumber pakan ikan lho, Ladies.

3. Rough Horse Tail

tanaman air
Foto: orami

Jenis tanaman air hias ini sangat bagus dalam menambahkan tampilan vertikal pada kolam luar ruangan. Rough horse tail dapat tumbuh setinggi tiga kaki, sementara varietas kecil dapat tumbuh sampai delapan inci.

Sebab mereka tumbuh dengan cepat di air, kamu dapat menanamnya di dalam wadah sebelum merendamnya di kolam guna membantu mengendalikan pertumbuhannya.

Di antara tanaman air di atas, kamu tertarik dengan yang mana, Ladies?

Berita Terkait