Resep Acar Bawang Putih, Makanan Korea yang Viral di TikTok

Jumat, 27 Agustus 2021 | 18:30:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Resep Acar Bawang Putih, Makanan Korea yang Viral di TikTok

Foto: Ladiestory.id

Beberapa hari lalu, warganet sempat diguncangkan dengan salah satu makanan yang unik dan menarik. Salah satu pembuat konten di TikTok membuat dan memakan acar bawang putih pedas. Video tersebut pun sempat viral di kalangan warganet. Tak ayal banyak orang yang tertarik untuk mencoba resep acar bawang putih.

Jika di Indonesia, bawang putih merupakan salah satu bahan dapur yang memang selalu dipakai dalam setiap masakan. Sebab bawang putih dikenal dapat menambah rasa di setiap makanan. Memang bagi beberapa orang suka memakan bawang putih secara mentah atau hanya dibakar sebentar sebagai penetral rasa.

Siapa sangka, rupanya rmakanan viral ini merupakan salah satu makanan Korea. Acar bawang putih ini biasa dijadikan makanan pendamping untuk aneka menu.  Acar bawang putih memang sudah terkenal sebagai makanan fermentasi di Korea.

Manfaat Bawang putih

Foto: Ladiestory.id

 

Ngiler ya pengen icip rasa dari acar bawang putih? Tenang, sebab Anda tak perlu jauh-jauh ke Korea untuk mendapatkan makanan Korea yang satu ini. Namun Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan resep acar bawang putih. Tapi sebelum itu, yuk intip manfaat dari bawang putih itu sendiri.

1. Mengontrol Kolestrol

Manfaat bawang putih yang pertama yakni dapat menurunkan kolesterol total dan LDL. Bahkan seorang ilmuan Amerika menemukan bahwa suplemen ekstrak dari bawang putih tua dapat mengontrol hingga menurunkan kolestrol LDL sebesar 99%

2. Mengontrol Tekanan Darah

Sebenarnya bawang putih matang memiliki kandungan senyawa belerang bioaktif, S-allylcysteine. Hal inilah yang menjadi manfaat mengonsumsi bawang putih sebab secara efektif dapat menurunkan tekanan darah.

3. Melindungi Jantung

Foto: Ladiestory.id

Jika kondisi kolestrol dan tekanan darah dalam keadaan normal, maka ini akan memberikan efek pada jantung. Jadi mengonsumsi bawang putih juga dapat menjaga kesehatan jantung.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Adanya peningkatan hormon estrogen, maka dapat meminimalkan pengeroposan tulang. Hal ini pun disebutkan dalam sebuah penelitian pada hewan pengerat.

Nah dalam sebuah studi juga menyebutkan para wanita menopouse harus mengonsumsi bawang putih mentah setidaknya 2 gram dalam sehari. Sebab bawang putih ini dapat secara signifikan menurunkan penanda defisiensi estrogen.

5. Detoks Tubuh dari Logam Berat

Rupanya senyawa belerang dalam bawang putih telah terbukti melindungi terhadap kerusakan organ dari toksisitas logam berat. Hal ini jika dikonsumsi dalam dosis yang tinggi.

Bahkan terdapat sebuah studi, dimana empat minggu pada karyawan pabrik aki mobil terpapar timbal yang berlebihan. Lalu mereka menemukan bahwa bawang putih dapat mengurangi kadar timbal dalam darah sebesar 19%. Ini juga mengurangi banyak tanda-tanda klinis toksisitas, termasuk sakit kepala dan tekanan darah.

6. Mengatasi Pilek

Foto: Ladiestory.id

Sakit pilek disebabkan oleh suatu adanya virus. Dan bawang putih tunggal dapat mengatasi sakit pilek sebab memiliki kandungan enzim alliinasi dan alliin. Kedua enzmn inilah yang dapat menangkal virus.

Oleh sebab itu, bawang putih dipercaya dapat memperkuat daya tahan tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Bahkan bawang putih dapat membantu mencegah Anda dari pilek dan flu.

Resep Acar Bawang Putih

Foto: Ladiestory.id

Jika sudah mengetahui manfaat acar bawang putih, selanjutnya mari simak resep acar bawang putih yang kerap dijadikan pendamping makanan Korea.

Bahan-bahan yang diperlukan :

200 grm bawang putih tunggal

1-2 sdt garam

1-2 sdt gula pasir

3 sdm cuka makan

200 ml air

Langkah-Langkah Membuat Acar bawang putih :

  1. Kupas bawang putih cuci bersih, masukkan kedalam wadah atau toples tambahkan garam aduk rata lalu tutup rapat. Hal ini dilakukan agar meresap ke bawang.
  2. Rebus air dan gula pasir sampai gula larut matikan api tambahkan cuka, aduk rata dan cicipi terlebih dahulu rasanya. Lalu biarkan dingin. Campurkan dengan bawang putih.tutup rapat. Diamkan 5-7 hari supaya bawang meresap dengan sempurna boleh disimpan dikulkas.

Inilah manfaat dan resep acar bawang putih yang bisa Anda coba dirumah. Selamat mencoba!